STUDI LITERATUR GALIAN DALAM BASEMENT DENGAN MUKA AIR TANAH DANGKAL

Muhammad Burhanuddin Dachlan, Helmy Darjanto, Hendro Sutowijoyo

Sari


Permasalahan yang kerap muncul pada pembangunan suatu bangunan tinggi adalah saat pembuatan basement. Seperti diketahui basement adalah struktur spesifik, yang menuntut perlakuan khusus saat pembuatannya. Karenanya di perlukan suatu metode konstruksi galian basement yang dapat membuat basement tidak lagi menjadi suatu bagian yang krusial (kritis) dari keseluruhan proses pelaksanaan bangunan tinggi. Tugas akhir ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode konstruksi pembuatan basement dengan cara menguraikan tentang pelaksanaan dan perbandingan dinding penahan tanah, dengan menganalisis setiap jenis pekerjaan pada pembuataan basement, yaitu : pekerjaan diapraghm wall, Secant pile, Dan ground anchor dan dewatering. Hasil yang diperoleh setelah melakukan analisis dengan menggunakan program Plaxis 8.2 adalah dipilihnya Dinding Penahan Tanah jenis Diapragm Wall sebagai perencanaan, dengan panjang sedalam 15m dan tebal 0,4m. Dari analisis stabilitas didapatkan hasil nilai defleksi maksimum sebesar 23,31 mm dan didapatkan nilai safety factor sebesar 1.1613.

Kata Kunci


basement, diapraghm wall, dewatering, ground anchor

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Asiyanto, Kontruksi Dewatering. Jakarta, 2006.

Plaxis manual books v8, “PLAXIS Version 8 Manual,” 2000.

“Schueller , Wolfgang " Struktur bangunan bertingkat tinggi / Wolfgang Schueller ; penerjemah Januar Hakim " ( 1989 ),” no. 1989, p. 14982, 2020.

SNI -8460, Persyaratan Perancangan Geoteknik (SNI). Jakarta: BSN, 2017.

Tekno manajemen, “DIAPHRAGM WALL CONSTRUCTION.,” 2013. [Online]. Available: https://teknologikonstruksi.blogspotcom/2012/03/konstruksi-diafragma-wall.html.

V. N. . Murthy, Principles and Practices of Soil Mechanics and Foundation Engineering, vol. 1. 2002




DOI: https://doi.org/10.30736/cvl.v5i2.490

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##