APLIKASI PENGENALAN DAN PEMBELAJARAN ILMU TAJWID BERBASIS ANDROID

Imam Askuri

Sari


Dalam rangka belajar kitab suci Al-Qur’an, membaca dan memahami isi dan arti setiap ayat dari AlQur'an yang kita baca tentu saja kita perlu belajar tajwid tanda baca dalam surat-surat dari masingmasing  ayat  Al-Qur'an.  Untuk  pembacaan  adalah  sebagai  alat  untuk  membuatnya  lebih  mudah,  mengetahui panjang pendek, untuk mengetahui lafaz dan hukum membaca Al-Qur’an. Karena tajwid
yang  diterapkan  pada  usia  dini,  anak-anak  sering  mudah  lupa  dan  sulit  untuk  memahami  bacaan  materi. Tujuan dari pembuatan aplikasi pembelajaran tajwid ini untuk memfasilitasi anak-anak untuk  memahami dan menguasai pembacaan materi.
Penulis  menggunakan  metode  penelitian  pengumpulan  data,  termasuk  penggunaan  observasi,  wawancara, dan  kuesioner. Peralatan yang digunakan dalam perancangan sistem ini menggunakan  pemodelan UML Use Case Diagram, Activity Diagram, Sequence Diagram, dan perangkat lunak yang  digunakan oleh penulis adalah Basic4Android (B4A) dan tool yang digunakan adalah android SDK.

Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.