Rancang Bangun Sistem Pemberi Pakan Ayam Serta Monitoring Suhu dan Kelembaban Kandang Berbasis Atmega328

Authors

  • Arief Budi Laksono Teknik Elektro

DOI:

https://doi.org/10.30736/je.v2i2.86

Keywords:

ATMega328, DHT11, photodioda, servo, mist maker

Abstract

Pada umumnya para peternak ayam masih menggunakan sistim konvensional untuk member makan ayam - ayam yang dipelihara. Mereka menggunakan tangan untuk menaburkan pakan pada wadah pakan dan berjalan sepanjang kandang yang mana kandang ayam yang di ternakan sangatlah luas. Kegiatan seperti itu bagi peternak ayam akan menyita waktu dan tenaga. Dari permasalahan di atas, muncul suatu pemikiran untuk membuat sebuah alat khusus untuk kandang ayam yang dapat mengendalikan suhu, kelembaban dan pakan secara otomatis berbasis ATMega328. Alat ini menggunakan sensor DHT11 yang berfungsi sebagai pendeteksi suhu dan kelembaban yang ada di dalam kandang ayam. Lampu untuk penerangan dan meningkatkan suhu dalam ruang kandang. Jika suhu melebihi 30oC, maka blower aktif untuk mengeluarkan suhu dalam kandang yang berlebihan. Sedangkan untuk meningkatkan kelembaban menggunakan mist maker yang mengeluarkan uap air dan mist maker akan off jika kelembaban di atas 65%. Pemberian pakan ayam dapat di permudah menggunakan motor servo sebagai pintu pemberi pakan ayam yang bekerja di atur oleh sensor photo dioda yang terkoneksi dengan cahaya infra merah.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Arief Budi Laksono, Teknik Elektro

Program Studi Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Islan Lamongan

References

Cahyono, B. 2004. Cara meningkatkan budidaya ayam ras , cetakan ke-1. Yayasan Pustaka Nusantara. Yogyakarta

Hazami, Syafi’i. 2016. Model Pengatur Suhu dan Kelembaban Kandang Ayam Broiler Menggunakan Mikrokontroller ATMega328 dan Sensor DHT11. Tugas Akhir. Prodi Ilmu Komputer. FMIPA. Universitas Pakuan. Bogor.

Kholidi N, Anwar. 2015. Rancang Bangun Alat Pemberi Pakan Dan Pengatur Suhu Otomatis Untuk Ayam Pedaging Berbasis Programmable Logic Controller Pada Kandang Tertutup. Jurnal. Teknik Elektro. Universitas Lampung. Lampung.

Komala Sari, Nur. 2011. Rancang Bangun Pemberi Pakan Ayam Otomatis Pada Peternakan Ayam Berbasis Mikrokontroller. Tugas Akhir. Teknik Telekomunikasi. Universitas Telkom. Bandung.

Komang Ardana, Ida Bagus. 2009. Ternak Broiler. Denpasar: Penerbit Gava Swasta.Nulus.

Mitra peternakan. 2015. http://mitrapeternakan.com/pentingnya-kontrol-suhu-dan-kelembaban-pada-pemeliharaan-ayam-broiler/

Prihandanu, Raditiya. 2015. Model Sistem Kandang Ayam Closed House Otomatis Menggunakan Omron Sysmac CPM1A 20-CDR-A-V1. Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Lampung, Bandar Lampung.

Raditya Imam Pambudi. 2012. Manajemen Penetasan Ayam Boiler Di Pt. Super Unggas Jaya, Pasuruan.Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Rasyaf, M. 2005. Beternak Ayam Petelur. Cetakan ke XX. Penebar Swadaya. Jakarta.

Ridhamuttaqin, Aji. 2013. Rancang Bangun Model Sistem Pemberi Pakan Ayam Otomatis Berbasis Fuzzy Logic Control. Fakultas Teknik Elektro, Universitas Lampung

Syafitri, Nia. 2013.Rancang Bangun Pengontrol Suhu Otomatis Pada Sistem Pemanas Day Old Chicken (Doc)Berbasis Mikrokontroler Atmega8. Universitas Tanjungpura, Pontianak.

Tim Karya Tani Mandiri. 2009. Pedoman Budidaya Beternak Ayam Broiler. Bandung. Nuansa Aulia.

Ferry. Tamalluddin. 2011. Panduan Lengkap Ayam Broiler. Bogor: Penebar Swadaya

PlumX Metrics

Published

01-09-2017

How to Cite

Laksono, A. B. (2017). Rancang Bangun Sistem Pemberi Pakan Ayam Serta Monitoring Suhu dan Kelembaban Kandang Berbasis Atmega328. JE-Unisla, 2(2), 99–103. https://doi.org/10.30736/je.v2i2.86

Issue

Section

editorial elektro