IMPLEMENTASI SISTEM PENJADWALAN WISATA DI KABUPATEN TRENGGALEK BERBASIS ANDROID UNTUK MENUNJANG SMART CITY

Authors

  • Julian Sahertian Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Made Ayu Dusea Widyadara Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Frans Rega Agista Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.30736/jti.v5i1.336

Keywords:

Sistem Penjadwalan, Wisata, Trenggalek, Android, Smart City

Abstract

Kabupaten Trenggalek merupakan kota kecil di Jawa Timur yang memiliki potensi wisata yang sangat bagus. Berdasarkan pengamatan dan pengalaman peneliti serta hasil wawancara dengan wisatawan pada tempat wisata di Kabupaten Trenggalek didapatkan bahwa belum adanya suatu sistem penjadwalan wisata di Kabupaten Trenggalek. Akibatnya para wisatawan mengalami kesulitan dalam melakukan penjadwalan wisata yang ingin di kunjungi di wisata Kabupaten Trenggalek. Permasalahan penelitian ini adalah belum adanya rancangan sistem penjadwalan wisata di Kabupaten Trenggalek yang mampu memberikan jadwal wisata yang meliputi estimasi waktu, urutan rute dan informasi lokasi wisata sehingga mempermudah wisatawan dalam berwisata di Kabupaten Trenggalek. Hasil pengujian sistem dilakukan secara Black Box Testing. Pengujian ini dilakukan oleh 3 orang responden dari 3 Kecamatan, yaitu Kecamatan Watulimo, Kecamatan Munjungan dan Kecamatan Panggul. Dari hasil pengujian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa sistem sudah berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Secara fungsional sistem sudah dapat menghasilkan keluaran yang diharapkan.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Julian Sahertian, Universitas Nusantara PGRI Kediri

Dosen Tetap Asisten Ahli Prodi Teknik Informatika

Made Ayu Dusea Widyadara, Universitas Nusantara PGRI Kediri

Dosen Tetap Asisten Ahli Prodi Teknik Informatika

Frans Rega Agista, Universitas Nusantara PGRI Kediri

Mahasiswa Prodi Teknik Informatika

References

Bedworth, David D, 1987. Integrated Production Control System, Management, Analysis, Design. New York: John Wiley & Sons.

Habib, Mochammad. 2014. Model Penjadwalan Mata Kuliah Secara Otomatis Berbasis Algoritma Depth First Search (DFS). Skripsi. Malang. Fakultas Sains dan Teknologi. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Herwanto, Arif & Purnama, B.E., 2013. Penerapan Metode Depth First Search Pada Pencarian Rute Bus Kota Berbasis Web Mobile di Solo. Jurnal Ilmiah Go Infotech, Juni 2013, Vol. 19 No.1.

Kamil.M.I., 2015 Rancang Bangun Aplikasi Pencarian Rute Terpendek Lokasi Wisata Kuliner Kota Pontianak Berbasis Mobile. Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi, Vol. 3 No.3.

Pinedo, M. L. 2012. Scheduling: Theory, Algorithms, and Systems. New York: Springer.

Sjukani, Moh., 2007. Struktur Data (Algoritma & Struktur Data 2), Jakarta: Mitra Wacana Media.

PlumX Metrics

Published

2020-03-31

How to Cite

Sahertian, J., Widyadara, M. A. D., & Agista, F. R. (2020). IMPLEMENTASI SISTEM PENJADWALAN WISATA DI KABUPATEN TRENGGALEK BERBASIS ANDROID UNTUK MENUNJANG SMART CITY. Joutica, 5(1), 326–330. https://doi.org/10.30736/jti.v5i1.336

Issue

Section

Jouticla Jurnal Teknik Informatika

Most read articles by the same author(s)