OPTIMALISASI KECEPATAN INTERNET MENGGUNAKAN PROXY SQUID DI PT. UTAC MANUFACTURING SERVICES INDONESIA

Authors

  • Syafrianto Syafrianto STMIK Nusa Mandiri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.30736/jti.v5i1.401

Keywords:

proxy server, squid, squid stable, squid common, squid lang-pack.

Abstract

Kemajuan dunia informasi teknologi dan perkembangan jumlah pengguna internet karenakan adanya perkembangan teknologi yang semakin meningkat. Pengguna layanan internet saat ini telah dimanfaatkan oleh siapa saja dan bidang mana saja. Salah satunya bidang manufacturing atau di pabrik, pemanfaatan teknologi internet telah dirasakan langsung oleh pihak perusahaan atau pabrik yang dapat meningkatkan proses dan hasil kerja menjadi lebih optimal. Terbatasnya kecepatan internet dan banyaknya pengguna dapat mempengaruhi kecepatan akses dan tidak dibarengi dengan penambahan suatu teknologi yang dapat mengatasi masalah internet dengan biaya yang dapat minimal. Berdasarkan kendala akses internet, penelitian ini mengusulkan perlunya instalasi proxy server dengan menggunakan squid pada sistem operasi Centos. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang dan mengimplementasikan proxy server dengan menggunakan squid sehingga dapat mempercepat akses internet. Dengan akses internet yang lebih cepat maka dapat meningkatkan kinerja perusahaan PT. UTAC Manufcaturing Sevrices Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Irsyadi FYA. 2012. Implementasi Squid Server Pada Proxy Cache Video. Jurnal Emitor. 12(1): 16 – 25.

Khasanah NF. 2014. Perancangan dan Simulasi Jaringan Komputer Menggunakan Graphical Network Simulator3 (GNS3). Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Madcoms. 2009. Membangun Sistem Jaringan Komputer. Yogyakarta: Andi

Pratama Y. 2010. Optimasi Squid Untuk Akses Ke Youtube. Yogyakarta

Sanjaya R. 2005. Trik Mengelola Kuota Internet Bersama Squid. Jakarta: Elex Media Komputindo

Siregar E. 2010. Mengelola Jaringan Lebih Efektif dan Efisien. Yogyakarta: Andi

Sulistyo P. 2008. Membangun Infrasturktur IT Menggunakan Squid Sebagai Proxy Server (Stdui Kasus Universitas Sahid Surakarta)

PlumX Metrics

Published

2020-03-31

How to Cite

Syafrianto, S. (2020). OPTIMALISASI KECEPATAN INTERNET MENGGUNAKAN PROXY SQUID DI PT. UTAC MANUFACTURING SERVICES INDONESIA. Joutica, 5(1), 346–349. https://doi.org/10.30736/jti.v5i1.401

Issue

Section

Jouticla Jurnal Teknik Informatika