PENGEMBANGAN E-LEARNING MENGGUNAKAN MOODLE DI UNIVERSITAS ISLAM LAMONGAN

Authors

  • M. Ghofar Rohman Teknik Informatika - Universitas Islam Lamongan
  • Munif Munif Universitas Islam Lamongan

DOI:

https://doi.org/10.30736/jti.v5i1.414

Keywords:

e-learning, moodle, universitas islam lamongan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sistem pembelajaran berbasis website (e-learning) yang digunakan untuk pembelajaran daring di Universitas Islam Lamongan. Pada sistem pembelajaran daring ini ada 3 user; admin, dosen dan mahasiswa, admin sebagai pengendali utama aplikasi, dosen sebagai pengelola materi perkuliahan, tugas, quiz dan nilai, sedangkan mahasiswa dapat melihat materiperkuliahan untuk dipelajari, mengerjakan tugas, mengerjakan quiz, dan melihat nilai yang didapatkan. Pembelajaran daring di Universitas Islam Lamongan dilakukan dilaksanakan secara belended learning, dimana pembelajaran dilakukan dengan variasi antara pembelajaran daring dan tatap muka, untuk saling melengkapi kekurangan pada masing-masing pembelajaran. Pengembangan aplikasi pembelajaran daring di Universittas Islam Lamongan kedepanya perlu adanya pengembangan infrastruktur jaringan komputer, kemampuan dosen dalam menggunakan e-learning maupun dalam membuat isi (materi) pembelajaran daring, juga perlu adanya sesialisasi kepada mahasiswa mengenai penggunaan e-learning, dan adanya diseminasi tentang kebijakan pembelajaran daring pada sivitas akademika, sehingga dapat saling mendukung untuk peningkatan kualitas pembelajaran di Universitas Islam Lamongan.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

M. Ghofar Rohman, Teknik Informatika - Universitas Islam Lamongan

Dosen pada Teknik Informatika Universitas Islam Lamongan

References

Handoko, dan Waskito. 2018. Blended Learning Teori dan Penerapanya. Padang, Sumatera Barat. LPTIK Universitas Andalas.

Hardyanto, R. Hafid. dan Surjono, Herman Dwi .2016. Pengembangan Dan Implementasi E-Learning Menggunakan Moodle Dan Vicon Untuk Pelajaran Pemrograman Web di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi Volume 6, No 1, Februari 2016 (43-53)

Majid, Abdul. 2014. Strategi Pembelajaran. Bandung. PT Remaja Rosdakarya Offset.

Munir. 2010. Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung. CV. Alfabeta

Pradnyana, Gede Aditra dan Pradnyana, I Made Ardwi. 2015. Implementasi Responsive E-learning Berbasis MOODLE Untuk Menunjang Kegiatan Pembelajaran di STMIK STIKOM Indonesia. Jurnal S@CIES Volume 5, Nomor 2, April 2015, hlm 127-135

Rusman. 2013. Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Professionalisme Guru (Edisi kedua). Jakarta. Rajawali Pers.

Susilo, Purnomo Hadi. dan Rohman, M. Ghofar. 2019. Sistem Pembelajaran Online Berbasis Aplikasi Web Menggunakan Framework Codeigniter. JOUTICA Volume 4 No.2 2019. ISSN: 2503-071X. E-ISSN: 2621-511X.

Widodo, Sri Adi. dan Wahyudin. 2018. Selection of Learning Media Mathematics for Junior School Students. TOJET: The Turkish Online Journal of Educational Technology – January 2018, volume 17 issue 1, 154–160.

PlumX Metrics

Published

2020-03-31

How to Cite

Rohman, M. G., & Munif, M. (2020). PENGEMBANGAN E-LEARNING MENGGUNAKAN MOODLE DI UNIVERSITAS ISLAM LAMONGAN. Joutica, 5(1), 350–355. https://doi.org/10.30736/jti.v5i1.414

Issue

Section

Jouticla Jurnal Teknik Informatika