SISTEM PARKIR MENGGUNAKAN OCR (OPTICAL CHARACTER RECOGNITION) PLAT NOMER DAN IOT (INTERNET OF THINGS)

Julian Sahertian, Muzan Ihda Khotmuniza, Risa Helilintar

Sari


Banyaknya kendaraan pribadi yang dimiliki penduduk perkotaan besar mengakibatkan berbagai permasalahan salah satunya adalah sulitnya menemukan lahan parkir yang kosong di tempat umum. Untuk mengatasi persmasalahan tersebut pada penelitian ini dibuat sebuah sistem parkir dengan pendekatan IoT (Internet of Things) serta memanfaatkan teknologi OCR (Optical Character Recognition) pengenalan plat nomor. Sistem ini memanfaatkan sensor ultrasonik sebagai pendeteksi kendaraan masuk, dan modul kamera untuk mengambil gambar plat nomor kendaraan yang terparkir. Sistem ini dirancang untuk mempermudah pendataan lahan kosong parkir dan pengguna dapat mengakses informasi lahan parkir dimanapun dan kapanpun. Pengujian sistem dilakukan dibagi menjadi dua bagian yaitu pengujian deteksi plat nomor kendaraan menggunakan kamera dan dan pengujian pengiriman data ke server. Hasil yang didapat dari pengujian yang dilakukan cukup memuaskan yaitu sistem mampu mengenali plat nomor kendaraan dengan akurasi 85, 21%, dengan kecepatan pengiriman data maksimal saat semua slot parkir penuh adalah 17 detik.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Irwanda Kurniawan, Dr. Rendy Munadi, Nyoman Bogi Aditya Karna. 2019. Perancangan dan Implementasi Parkir Pintar Menggunakan Raspberry PI Melalui Telegram. Jurnal e-Proceeding of Engineering : Vol.6, No.2 Agustus 2019

Sumarkantini, Lili Solihin, Woro Agus Nurtiyanto. 2020. Perancangan Parkir Pintar Bertingkat Menggunakan Metode SMS Gateway. Jurnal Saintika Unoam Vol. 2, No. 2, Januari 2020.

Utami, Feri Hari. 2015. Rekayasa Perangkat Lunak. Yogyakarta. CV. BUDI UTAMA

Go, E.B., Ha, Y.J., Choi, S.R., Lee, K.H. and Park, Y.H., 2011. An implementation of an android mobile system for extracting and retrieving texts from images. Journal of Digital Contents Society, 12(1), pp.57-67.




DOI: https://doi.org/10.30736/jti.v5i2.443