SISTEM PAKAR DIAGNOSA VIRUS INFLUENZA MENGGUNAKAN METODE CERTAINTY FACTOR BERBASIS WEB

Muhammad Ghofar Rohman

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk membuat suatu sistem pakar supaya pengguna mendapatkan informasi yang akurat tentang diagnosa gejala dan jenis virus influenza. Pada penelitian ini menggunakan metode certainty factor, certainty factor ini digunakan membuktikan yang tidak pasti menjadi pasti dan menjawab pertanyaan pengguna yang masih ragu dengan kondisi kesehatanya. Variabel input pada penelitian ini adalah gejala-gejala pada jenis influenza, yaitu: Flu Australia, Flu Spanyol, Flu Singapura, Flu Hongkong. Outputnya adalah berupa nilai presentasi pada jenis virus nfluenza, kesimpulan jenis virus influenza yang menginfeksi dan saran untuk mengetahui diagnosa dan informasi yang akurat tentang diagnosa gejala penyakit. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa dari hasil akhir konsultasi bahwa nilai lebih dominan dari perhitungan metode certainty factor adalah nilai CF penyakit flu Australia maka tingkat keyakinan diagnosa lebih besar dibanding penyakit yang lainnya dengan nilai akurasi 98%.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ekananta, R. (2016). Sistem Pakar Diagnosis Penyakit Yang Disebabkan Oleh Virus Influenza Menggunakan Metode Forward Chaining Dan Certainty Factor. Artikel Skripsi Universitas Nusantara PGRI Kediri, 1-4..

Fadlil, A., & Octaviani, Y. (2014). Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Penyakit Pada Saluran Pernafasan Dan Paru Menggunakan Metode Certainty Factor. Jurnal Sarjana Teknik Informatika, 1123-1132.

Hansun, S., & Halim, S. (2015). Penerapan Metode Certainty Factor dalam Sistem Pakar Pendeteksi Resiko Osteoporosis dan Osteoarthritis. ULTIMA Computing,59-71.

Ritonga, N. A. (2013). Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Lambung Menggunakan Metode Certainty Factor. Pelita Informatika Budi Darma, 157-163..

Sari , N. A. (2017). Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Demam Berdarah Menggunakan Metode Certainty Factor. Pelita Informatika Budi Darma, 100-103

Sihotang, H. T. (2014). Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Kolestrol Pada Remaja Dengan Metode Certainty Factor (CF) Berbasis Web. Jurnal Mantik Penusa, 16-23.

Susyanto, T., & Ramadhan, A. G. (2019). Sistem Diagnosa Penyakit Flu Burung Pada Bebek Menggunakan Metode Certainty Factor. Jurnal TIKomSiN, 29-34.




DOI: https://doi.org/10.30736/jti.v5i2.449