PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN SOFTWARE LECTORA UNTUK MATAKULIAH WORKSHOP DAN FINISHING KAYU

Authors

  • Mohammad Musthofa Al Ansyorie Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.30736/jti.v6i1.515

Keywords:

pengembangan, media pembelajaran, lectora, finishing kayu

Abstract

Perkembangan era revolusi industri 4.0 saat ini sangat terasa, termasuk dalam bidang pendidikan. Seperti yang diutarakan oleh Ibrahim (2018) yang menyatakan banyak aspek yang dapat mengubah cara berpikir manusia di era digital, karakteristik yang muncul di dunia digital abad 21 antara lain civitas akademika harus selalu menjelajah jejak teknologi, berbagi dalam menciptakan ide dan ilmu yang akan dibuat, berinteraksi serta berkolaborasi dalam hal sosial dengan memandang berbagai aspek yang akan diterapkan. Salah satu alat bantu dalam pengembangan media pembelajaran yang dapat memnuhi kriteria tersebut adalah Lectora. Penyelesaian masalah dalam penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan media menurut Borg dan Gall dalam Sugiyono (2010:409) dengan memodifikasi sesuai dengan keperluan penelitian ini. Modifikasi yang dimaksud dalam hal ini adalah tahapan dalam pengembangan media pembelajaran yang meliputi: (1) penelitian dan pengumpulan informasi awal; (2) perencanaan media; (3) pengembangan produk awal; (4) validasi ahli; (5) analisa dan revisi produk akhir. Berdasarkan hasil uji validasi media secara keseluruhan menunjukkan hasil sangat valid dengan nilai prosentase 88,5% dan untuk uji validasi materi yaitu terkategorikan sangat valid dengan prosentase 85,0%.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Mohammad Musthofa Al Ansyorie, Universitas Negeri Malang

Jurusan Teknik Sipil

References

Arsyad, 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Heinich, Molenda dan Rusell, 1982. Instructional Media and The New Technologies of Intruction.New York: John Wiley & Sons.

Ibrahim, Said Maulana. 2018. Tantangan Pendidikan Era Revolusi Industri 4.0. https://um.ac.id/content/page/2/2018/11/tantangan-pendidikan-erarevolusi-industri-4-0.

Ibrahim. (2014). Klasifikasi dan Karakteristik Media Pembelajaran. Diakses tanggal 6 Juni 2020.

M. Faris Islami. (2018). “Tinjauan Kelayakan Ruang, Peralatan, dan Kondisi Fasilitas Bengkel Program Keahlian Konstruksi Kayu di SMK Negeri 2 Lubuk Basungâ€. CIVED ISSN:2302-3411 (Vol. 5., No. 3).

Mas’ud Muhammad, Membuat Multimedia Pembelajaran dengan Lectora, Yogyakarta: Shonif, 2012.

Nurani. (2003). Modul Strategi Pembelajaran, Jakarta: Universitas Terbuka.

Omodara O.D. dan Adu E.I. Relevance of Educational Media and Multimedia Technology for Effective Service Delivery in Teaching and Learning Processes. IOSR Journal of Research & Method in Education (IOSR- JRME). Volume 4, Issue 2 Ver. I (Mar-Apr. 2014), PP 48-51.

Permendiknas Nomor 40 tahun 2008, Aturan Mengenai Standar Sarana dan Prasarana yang arus Dipenuhi Pada Setiap Jurusan yang Ada pada Lembaga Pendidikan SMK/MAK secara umum.

Purwanti, Puput. (2018). 10 Kriteria dalam menentukan media pembelajaran yang tepat. Artikel. www.pakarkomunikasi.com. Diakses 8 Juni 2020.

Purwono. Joni, dkk. (2014). Penggunaan Media Audio-Visual Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pacitan. Dalam Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 2, No. 2: 127

Pusat Bahasa Indonesia. (2001). Kamus Besar Bahasa Indonesia, edisi ke-3. Jakarta: Balai Pustaka.

Rosmayanti, H.P. (2010). Mengenal Ilmu Komunikasi. Bandung: Widya Padjajaran.

Sadiman dkk, 1996. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. (2010). Metode penelitian pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sumberharjo Putra, dkk. (2015). Media Pembelajaran Pengenalan Huruf dan Angka Di Taman Kanak-Kanak Tunas. Dalam Journal Speed –Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi – Volume 7 No. 3.24

Suprayekti, Anggreini Dwi. (2017). Pelaksanaan Program Workshop “Belajar Efektif†untuk orang tua. Universitas Negeri Jakarta.

Willy, Deny. 2005. Pengantar Praktik Bengkel Mebel. Institut Teknologi Bandung

Wiyono, K. (2015). Pengembangan Multimedia Interaktif Pembelajaran Teori Kinetik Gas Berbantuan Lectora Inspire untuk Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA). Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika, 2(2), 211-219.

Zuhri, M. S., & Rizaleni, E. A. (2016). Pengembangan Media Lectora Inspire dengan Pendekatan Konstektual pada Siswa SMA Kelas X. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika, 5(2), 113-119.

PlumX Metrics

Published

2021-03-31

How to Cite

Al Ansyorie, M. M. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN SOFTWARE LECTORA UNTUK MATAKULIAH WORKSHOP DAN FINISHING KAYU. Joutica, 6(1), 439–447. https://doi.org/10.30736/jti.v6i1.515

Issue

Section

Jouticla Jurnal Teknik Informatika