IMAGE ENHACEMENT PADA CITRA GESTUR TANGAN MENGGUNAKAN CONTRAST LIMITED ADAPTIVE HISTOGRAM EQUALIZATION

Authors

  • Natanael Putra Yustiantara

DOI:

https://doi.org/10.30736/jti.v6i2.612

Keywords:

Image Enhacement, Citra Gestur Tangan, HE, AHE, CLAHE

Abstract

Image Enhacement merupakan proses perbaikan kualitas citra yang dilakukan dengan menggunakan beberapa metode. Citra yang paling sering dilakukan perbaikan kualitas adalah citra digital. Citra digital sering digunakan pada pengolahan citra biometrik, pengenalan wajah, pengenalan tanda tangan, bahkan permasalahan pada Closed Circuit Television (CCTV). Penelitian ini bertujuan untuk memberikan perbedaan hasil proses image enhacement pada gambar yang telah tertangkap oleh CCTV. Penelitian ini menggunakan 3 buah metode yaitu, Histogram Equalization (HE), Adaptive Histogram Equalization (AHE), dan Contrast Limited Adaptive Histogram Equalization (CLAHE) untuk melakukan perbaikan citra, sedangkan objek yang akan digunakan pada penelitian ini adalah citra gesture tangan. Dari hasil penelitian ini dapat dilihat bahwa Nilai MSE (Mean Squared Error) yang mendekati angka 0 adalah gambar yang menggunakan metode CLAHE (Contrast Limited Adaptive Histogram Equalization) dengan nilai sebesar 653.5. Untuk nilai PSNR (Peak Signal to Noise Ratio) sendiri nilai yang paling besar yaitu 29.9783476895 dengan menggunakan metode CLAHE.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahda, A. 2018. Analisa Perbandingan Kinerja CCTV DVR dengan

CCTV Portable Menggunakan Smartphone Android Secara Online. Jurnal Perencanaan, Sains, Teknologi, dan Komputer. Vol 1, No. 2.

Astra, O.A., Mardiana, Y. 2018. Rancang Bangun dan Analisa Pengendali CCTV Berbasis Arduino Menggunakan Smartphone Android. Jurnal Media Infotama. Vol 14, No. 1.

Ginting, V.S., Kusrini., Luthfi, E.T. 2020. Penerapan Algoritma C4.5 Dalam Memprediksi Keterlambatan Pembayaran uang Sekolah Menggunakan Python. Jurnal Teknologi Informasi. Vol 4, No. 1.

Hidayat, J., Usman., Faisal, A., Syafriwel. 2019. Perbandingan Metode Perbaikan Kualitas Citra Berbasis Histogram Equalization Pada Citra Satelit. Journal Of Electrical Technology. Vol 4, No. 3.

Kusuma, I.W.A.W., Kusumadewi, A. 2020. Penerapan Metode Contrast Streching, Histogram Equalization dan Adaptive Histogram Equalization Untuk Meningkatkan Kualitas Citra Medis MRI. Jurnal SIMETRIS. Vol 11, No.1.

Munantri, N.Z., Sofyan, H., Yanu, M. 2019. Aplikasi Pengolahan Citra Digital Untuk Identifikasi Umur Pohon. TELEMATIKA. Vol 16, No. 2.

Piñata, N.N.P., Sukarsa, I.M., Rusjayanthi, N.K.D. 2020. Prediksi Kecelakaan Lalu Lintas Di Bali Dengan XGBoost Pada Python. Jurnal Ilmiah Merpati. Vol 8, No. 3.

Sidik., Firmansyah., Anwar, S. 2019. Perbaikan Citra Malam (Tidak Infrared) Dengan Metode Histogram Equalization Dan Contrast Stretching. Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Komputer. Vol 4, No. 2.

Sugiarti. 2018. Peningkatan Kualitas Citra Dengan Metode Fuzzy Possibility Distribution. ILKOM Jurnal Ilmiah. Vol 10, No. 1.

Tantoni, A., Zaen, M.T.A. 2020. Sistem Keamanan Pemantauan CCTV Online Berbasis Android Pada Rumah Cantik Syifa Masbagik. Jurnal Informatika & Rekayasa Elektronika. Vol 2, No. 1.

Tinaliah., Elizabeth, T. 2020. Peningkatan Kualitas Citra X-Ray Paru-Paru Pasien Covid-19 Menggunakan Metode Contrast Limited Adaptive Histogram Equalization. Jurnal Teknologi Informasi. Vol 4, No. 2.

Zakaria, A.I., Ernawati., Vatresia, A., Oktoeberza, W.KZ. 2019. Perbandingan Metode High-Frequency Emphasis (HFE) dan Contrast Limited Adaptive Histogram Equalization (CLAHE) Dalam Perbaikan Kualitas Citra Penginderaan Jauh (Remote Sensing). Jurnal Pseudocode. Vol VI, No. 2.

PlumX Metrics

Published

2021-09-13

How to Cite

Yustiantara, N. P. (2021). IMAGE ENHACEMENT PADA CITRA GESTUR TANGAN MENGGUNAKAN CONTRAST LIMITED ADAPTIVE HISTOGRAM EQUALIZATION. Joutica, 6(2), 454–460. https://doi.org/10.30736/jti.v6i2.612

Issue

Section

Jouticla Jurnal Teknik Informatika