Implementasi Metode Convex Hull pada Gesture Tangan

Resty Wulanningrum, Dadi Setyawan, Patmi Kasih

Abstract


Pada beberapa tahun ini, perkembangan teknologi sangat pesat. Banyak macam pembaharuan teknologi yang diterapkan dalam keseharian manusia agar dapat mempermudah suatu pekerjaan. Namun ada juga beberapa teknologi yang belum banyak mendapatkan pembaharuan. Salah satunya adalah teknologi untuk peringatan kebakaran. Pada umumnya, setiap bangunan besar maupun kecil pasti memiliki potensi untuk mengalami kebakaran. Kebakaran sendiri bisa berakibat fatal terutama pada gedung dengan banyak lantai contohnya seperti rumah sakit. Meskipun saat ini sudah ada alat untuk mendeteksi asap dari kebakaran, namun bisa dibilang alat tersebut kurang optimal. Penelitian ini mengimplementasikan metode Convex Hull pada citra gesture tangan. Jika pola tangan terbaca oleh webcam yang ada di setiap sudut ruangan maka alarm akan berbunyi sehingga proses evakuasi bisa lebih maksimal dan meminimalisir akan terjadinya korban kebakaran. Dari hasil penelitian ini menghasilkan sebuah program yang mengidentifikasi gerakan atau kode suatu tangan yang dimana bisa digunakan oleh siapa saja, apabila terjadinya sebuah peringatan bahaya kebakaran di suatu gedung rumah sakit.

Keywords


Citra Gesture Tangan, Convex Hull, Kebakaran

References


Yunita, H., & Setyati, E. (2019). Hand Gesture Recognition Sebagai Pengganti Mouse Komputer Menggunakan Kamera. Jurnal ELTIKOM: Jurnal Teknik Elektro, Teknologi Informasi dan Komputer, 3(2), 64-76.

Hamunanto, A. R., Setyawan, G. C., & Yuda, S. E. (2018, September). Pengenalan Citra Digital Gestur Tangan dengan Pendekatan Statistik Berbasis LBP. In Seminar Nasional Pendidikan Teknik Informatika (SENAPATI) (Vol. 9, pp. 251-255).

Labbay, H. (2021).AplikasiPerbaikan Kualtias Citra Digital Dengan Metode Perataan Histogram Dan Metode Fuzzy Filtering. Kumpulan Karya Ilmiah Mahasiswa Fakultas Sains Dan Teknologi,2 (2), 44-44.

Umami, R. (2017). Penerapan Hand Motion Tracking Pengendali Pointer Pada Virtual Mouse Dengan Metode Optical Flow (Doctoral dissertation, Politeknik Negeri Sriwijaya).

Fauzan, M. N., & Pane, S. F. (2020). Tutorial Pembuatan Prototype Pendeteksi Kebakaran (Fido) Berbasis IoT Dengan Metode Naive Bayes. Kreatif.

Ghulam, S. (2014). Rancang bangun aplikasi keamanan monitoring ruangan dengan pendeteksi gerak berbasis kamera menggunakan metode background subtraction secara real time (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Piñata, N.N.P., Sukarsa, I.M., Rusjayanthi, N.K.D. 2020. Prediksi Kecelakaan Lalu Lintas Di Bali Dengan XGBoost Pada Python. Jurnal Ilmiah Merpati. Vol 8, No. 3

Pazriyah, D. (2017). Penggunaan Raspberry Pi Dalam Mendeteksi Warna Melalui Webcam (Doctoral dissertation, Politeknik NegeriSriwijaya).

Tjais, R. R. (2014). TA: Robot Pelacak Manusia Menggunakan Webcam Sebagai Sensor Visual (Doctoral dissertation, Sekolah Tinggi Manajemen Informatika & Teknik Komputer).

Sholahuddin, M. B. (2017). Analisa Perubahan Warna HSV pada Pengolahan Citra Terhadap Intensitas Cahaya Sebagai Dasar Penerapan Masukan Kontrol Automatic Stacking Crane (Doctoral dissertation, Institut Teknologi Sepuluh Nopember).

Nayana, P. B., & Kubakaddi, S. (2014). Implentation of hand gesture recognition technique for HCI using open CV. International Journal of Recent Development in Engineering and Technology, 2(5), 17-21




DOI: https://doi.org/10.30736/jti.v7i1.740



Indexed By :

    

 

Editorial Office :

Joutica : Journal of Informatic Unisla

Program Studi Teknik Informatika - Fakultas Teknik - Universitas Islam Lamongan

Jl. Veteran 53 A Lamongan 

Purnomo Hadi Susilo, S.Pd.,M.Pd (jti@unisla.ac.id)