Aplikasi Simulasi Peletakan Papan Reklame Berbasis Visualisasi Augmented Reality Menggunakan Android

Authors

  • Abdul Rokhim STIMIK Yadikal Bangil
  • Dwi Agung Satya Pambudi STMIK Yadika Bangil

DOI:

https://doi.org/10.30736/jt.v13i1.585

Keywords:

Augmented Reality, Unity, Markerless, real environment, Reklame

Abstract

Kota tumbuh bersamaan dengan tumbuhnya perkembangan ekonomi dan teknologi, maraknya reklame luar ruang menunjukan tingginya minat pelaku bisnis reklame yang terjun dalam bentuk industri. Melihat maraknya pemasangan papan reklame luar ruang sehingga menyebabkan kita harus benar-benar memasang papan reklame di tempat yang sempurna dan tidak terhalang oleh apapun agar pesan di papan reklame itu terlihat jelas. Penelitian ini mengambil dari permasalahan tersebut supaya masyarakat yang ingin memasang papan reklame lebih mudah menentukan tempat yang sempurna sehingga bisa menghemat biaya dan waktu dengan cara memperkenalkan media teknologi Augmented Reality pada android yang nanti nya akan memvisualisasikan 3D papan reklame. Penelitian ini merancang sebuah aplikasi simulasi peletakan papan reklame luar ruang dengan teknologi Augmented Reality perangkat android. Perancangan aplikasi ini dilakukan dengan membuat objek 3D dari 3DMax atau SketchUp yang kemudian akan di proses ke software Unity 3D dengan database Vuforia SDK sebagai perancangan Augmented Reality. Hasil akhir dari aplikasi ini adalah Augmented Reality yang mampu memvisualisasikan objek reklame 3D dengan beberapa jenis reklame.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Wartina, I. (2015) Kajian Terhadap Penempatan Papan Reklame Untuk Menjaga

Kualitas Visual Kawasan Komersial dan Kawasan Konservasi (Jalan Hamka, Jalan By Pass Indarung, Jalan Pondok dan Jalan Niaga-Padang)

Shirvani, Hamid. (1985) The Urban Design Process. Van Nostrand Reinhold, New York

Wiradarma, I Gusti Gede R. (2017). Pengembangan Aplikasi Markerless Augmented Reality Balinese Story “I Gede Basurâ€. e-ISSN : 2548-4265.

Mulyana, Deddy, dkk. (2014). Ilmu Komunikasi: Sekarang dan Tantangan Masa Depan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Toyib, R. (2017). Penerapan Teknologi Augmented Reality pada Katalog Rumah Berbasis Android (Studi Kasus PT.Jashando Han Saputra). SSN : 2355-5920

Tumangkeng, Richy F. (2017) Kajian Kualitas Visual Terhadap Eksistensi Street Furniture di Koridor Piere Tendean Boulevard Manado

Qodriyanto, M. (2018) Rancang Bangun Aplikasi Visualisasi 3D FurnitureInterior Rumah Menggunakan Augmented Reality Dengan Metode

Markerless Berbasis Android

Fernando, M. (2013) Membuat Aplikasi Android Augmented Reality Menggunakan Vuforia SDK dan Unity. Solo. Buku AR Online

Rokhim, Abdul, and Lukman Zaman. "Analisa Letak Papan Reklame Iklan Produk Berdasarkan Salient Region Detection." Seminar Nasional “Inovasi dalam Desain dan Teknologiâ€, IDeaTech, Surabaya, hlm. 2015.

Rokhim, Abdul, and Sri Ayu Lestari. "IMPLEMENTASI MEDIA VISUALISASI 360 PADA PLATFORM ANDROID UNTUK PROMOSI PENJUALAN KENDARAAN BEKAS." Jurnal Teknika 11.2 (2019): 1127-1130.

PlumX Metrics

Published

2021-03-31

How to Cite

Rokhim, A., & Pambudi, D. A. S. (2021). Aplikasi Simulasi Peletakan Papan Reklame Berbasis Visualisasi Augmented Reality Menggunakan Android. Jurnal Teknika, 13(1), 9–15. https://doi.org/10.30736/jt.v13i1.585

Issue

Section

Jurnal Teknika