J u r n a l T e k n i k A V o l 8 N o 1 M a r e t 2 0 1 6 ISSN No. 2085 - 0859 771 DAMPAK PEMANFAATAN E - COMMERCE TERHADAP PENINGKATAN PENJUALAN DI UMKM (Studi Kasus Ninda Bros Lamongan)

Authors

  • Miftahus Sholihin Fakultas Teknik Program Studi Teknik Informatika
  • Siti Mujilahwati Fakultas Teknik Program Studi Teknik Informatika

DOI:

https://doi.org/10.30736/teknika.v8i1.18

Keywords:

UMKM, e-commerce, pemasaran, teknologi informasi

Abstract

emberdayaan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) diarahkan untuk membangun kemandirian dan daya saing melalui penciptaan iklim usaha yang kondusif, penerapan iptek, dan penguatan skala ekonomi. UMKM memiliki peranan yang sangat penting dalam memajukan perekonomian Indonesia. Dampak yang ditimbulkan oleh adanya UMKM tersebut adalah meningkatkan pendapatan masyarakat dan juga membantu dalam penyerapan tenaga kerja sehingga bisa mengurangi pengangguran. Salah satu kunci keberhasilan usaha mikro, kecil dan menengah adalah tersedianya pasar yang jelas bagi produk UMKM, disamping itu pelaku UMKM juga dituntut untuk semakin kreatif dalam memasarkan produknya. Namun demikian dalam mengembangkan UMKM terdapat masalah klasik yang dihadapi UMKM. Permasalahan klasik yang dihadapi oleh UMKM adalah pemasaran. Oleh sebab itu pelaku UMKM diharapkan bisa memperluas akses pasar dengan cara memanfaatkan fasilitas teknologi informasi yang bisa digunakan sebagai media komunikasi bisnis secara global. Dengan adanya sistem e-commerce ini penjualan mengalami peningkatan dari 1.060 bros/bulan menjadi 1.325 bros/bulan. Dengan memanfaatkan e-commerce pemasaran produk UMKM akan meningkat, sehingga kesejahteraan pelaku UMKM bisa meningkat.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Miftahus Sholihin, Fakultas Teknik Program Studi Teknik Informatika

Dosen Fakultas Teknik Program Studi Teknik Informatika

Siti Mujilahwati, Fakultas Teknik Program Studi Teknik Informatika

Dosen Fakultas Teknik Program Studi Teknik Informatika

References

Anonimus, 2015. Tim Kementerian Koperasi dan UMKM

, RENCANA STRATEGIS KEMENTERIAN KOPERASI DAN USAHA KECIL DAN MENENGAH REPUBLIK INDONESIA

TAHUN 2015 -2019, KEMENTERIAN KOPERASI DAN UKM,Jakarta. Brata, Aloysius Gunadi. 2003. Distribusi

Spasial UMKM di Masa Krisis Ekonomi. Jurnal Ekonomi Rakyat, Th.II No.8 Nopember. Fatmariani. 2011. Pengaruh Adopsi Teknologi Informasi Open Source E-commerce Terhadap Kinerja UKM dengan Faktor-Faktor Technology Acceptance Model (TAM) Sebagai Moderating Variabel.

Jurnal Teknomatika Vol.1 No.1 Palembang STMIK PalCo

mTech. Hendriani, Maria. 2012. Peran UMKM dalam Perekonomian Indonesia.http://mariahendriani.blogspot.co

m/2012_12_01_archive.html>Sholekan. 2009. E-commerce. Telkom PDC. Bandung.

Purbo,O.W dan Wahyudi, A.A. 2001, “Mengenal e-Commerceâ€, PT. Elex Media Komputindo, Jakarta.

Suyanto, M. 2005. Aplikasi IT untuk UKM Menghadapi

Persaingan Global. Yogyakarta: Kedaulatan Rakyat.

Karagozoglu, N, and M. Lindell, 2004, Electronic Commerce Strategy, Operations, and Performance inSmall and Medium Sized Enterprises, Journal of Small

Business and Enterprise Development. Sevtian, F. I. 2011. Pengaruh E-commerce Terhadap Tingkat Volume Penjualan Sandal Kelom Geulis Di CV Kelomgeulis Tasikmalaya.Skripsi. Jakarta: FPEB Universitas Pendidikan Indonesia

PlumX Metrics

Published

2017-08-28

How to Cite

Sholihin, M., & Mujilahwati, S. (2017). J u r n a l T e k n i k A V o l 8 N o 1 M a r e t 2 0 1 6 ISSN No. 2085 - 0859 771 DAMPAK PEMANFAATAN E - COMMERCE TERHADAP PENINGKATAN PENJUALAN DI UMKM (Studi Kasus Ninda Bros Lamongan). Jurnal Teknika, 8(1), 5 Halaman. https://doi.org/10.30736/teknika.v8i1.18

Issue

Section

Jurnal Teknika

Most read articles by the same author(s)