IDENTIFIKASI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL/ MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI FAKTORISASI SUKU ALJABAR DI KELAS VIII SMP

Authors

  • Nur Qomariyah Nawafilah Universitas Islam Lamongan

DOI:

https://doi.org/10.30736/teknika.v9i2.189

Keywords:

Berpikir Kritis, Matematika, Penyelesaian Masalah

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi menuntut kemampuan manusia untuk dapat menyaring  informasi  yang diterima. Oleh sebab itu manusia harus dapat berpikir kritis. Dalam dunia pendidikan, berpikir kritis dapat diajarkan melalui matematika, karena matematika merupakan sarana berpikir  yang  dapat  menumbuhkembangkan  daya  nalar  dan  cara  berpikir  logis.  Banyak  cara  untuk melatih  siswa  berpikir  kritis,  salah  satunya  adalah  dengan  menyelesaikan  soal  matematika  yang membutuhkan  berpikir  kritis.  Dengan  cara  tersebut  diharapkan  siswa  akan  terlatih  untuk  dapat menyelesaikan  masalah  dengan  logis  dan  sistematis.  Tujuan  penelitian  ini  adalah  untuk mendeskripsikan level kemampuan berpikir  kritis siswa. Subjek penelitian  adalah siswa kelas VIII-C SMP  Negeri  1  Kediri  yang  terdiri  dari  25  siswa.  Siswa  diberikan  tes  berpikir  kritis  kemudian dikategorikan ke dalam level 4 (kritis), level 3 (cukup kritis), level 2 (kurang kritis), level 1 (tidak kritis). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa pada level 4 sebanyak 4 anak (16%), level 3 sebanyak 8 anak (32%), level 2 sebanyak 6 anak (24%), dan level 1 sebanayk 7 anak (28%).

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Nur Qomariyah Nawafilah, Universitas Islam Lamongan

Dosen Fakultas Teknik Program Studi Teknik Informatika

References

Achmad, Arif. 2007. Memahami berpikir kritis.Tersedia di http://research-engines.com/1007arief3html.

Budi, Endah dkk. 2008. Contetual Teaching And Learning Matematika SMP kelas VIII. Jakarta : Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Filsaime, Dennis K. 2008. Menguak Rahasia Berpikir Kritis dan Kreatif. Jakarta: Presasi Pustakaraya.

Holili, M. 2008. Identifikasi Cara Berpikir Kritis dalam Menyelesaikan Soal/ Masalah Matematika pada Materi Fungsi Komposisi di SMA.

Ministry Of National Directorate General Of Management Of Primary And Secondary Education Directorate Of Junior High

PlumX Metrics

Published

2018-03-19

How to Cite

Nawafilah, N. Q. (2018). IDENTIFIKASI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL/ MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI FAKTORISASI SUKU ALJABAR DI KELAS VIII SMP. Jurnal Teknika, 9(2), 6. https://doi.org/10.30736/teknika.v9i2.189

Issue

Section

Jurnal Teknika

Most read articles by the same author(s)