SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT MENGGUNAKAN METODE AHP DAN TOPSIS

Zulkifli Zulkifli

Sari


Pelayanan publik berkualitas menjadi salah satu wujud dari tata pemerintahan yang baik (good  governance). Kinerja pelayanan publik berpengaruh  besar terhadap kualitas kehidupan masyarakat.  Maka  dari itu,.  Tidak  mengherankan kalau  perbaikan  kualitas  pelayanan  publik  menjadi  salah satu alasan  mengapa  Pemerintah  mendesentralisasikan  kewenangan  penyelenggaraan  pelayanan  publik  kepada  daerah.  Dengan  menyerahkan  kewenangan  penyelenggaraan  pelayanan  kepada  Daerah  diharapkan  agar  pelayanan  publik  akan  menjadi  lebih  responsif  atau  tanggap  terhadap  dinamika  masyarakat di daerahnya. Dalam hal ini masyarakat mempunyai hak pelayanan yang baik dari pihak pegawai kecamatan  maupun  pihak  paten  dalam  mengurus  kartu  tanda  penduduk  di  Kecamatan  Babat.  Kepuasan  masyarakat adalah prioritas utama dalam penilaian kinerja pelayanan pegawai kecamatan. Maka  dari  masalah  itu,  setiap  organisasi  membuat  indeks  kepuasan  masyarakat  agar  mengetahui kepuasan masyarakat dengan menggunakan metode Ahp dan Topsis. Dalam penelitian ini  penulis  membuat  Sistem  yang  memudahkan  masyarakat  untuk  menilai  kinerja pelayanan  dengan  menggunakan  metode  Ahp  dan  topsis.  Pembuatan  Sistem  ini  menggunakan  XAMPP,  Boostrap,  notepad ++.

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.