Optimisasi Steering Control Pada Mobil Listrik Auto-Pilot Menggunakan Metode Bat Algorithm

Authors

DOI:

https://doi.org/10.30736/je-unisla.v7i1.813

Keywords:

Artificial Intelligence, Bat Algorithm, Steer Kendaraan

Abstract

Optimalisasi gerakan kemudi diperlukan untuk pergerakan kemudi dengan kendaraan. Gerakan yang salah menyebabkan mobil akan menghasilkan kesalahan posisi mobil pada jalur kendaraan. Beberapa studi telah dikembangkan dalam kemudi otomatis sepenuhnya dengan sistem kabel, termasuk yang dikhususkan untuk jalur input, menggunakan teknologi dan lintasan GPS. Pada penelitian ini sistem kemudi menggunakan kontroler PID Penggunaan Artificial Intelligence (AI) sangat membantu dalam mempercepat dan mengoptimalkan proses pengendalian kendaraan. Pada penelitian ini akan dikembangkan model Fully Automatic Steer By Wire System menggunakan 10 Degree Of Freedom (DOF) yang terdiri dari Model Kendaraan 7-DOF dan Model Penanganan Kendaraan 3-DOF. Metode yang digunakan adalah PID yang disetel metode kecerdasan buatan adalah Bat Algorithm (PID-BA). Sebagai pembanding digunakan juga Ant Colony Optimization (ACO), Particle Swarm Optimization (PSO), dan Firefly Algoritm (FA). Selanjutnya, metode ini digunakan untuk merancang mobil listrik nyata. .  Pada kecepatan standar 13,8 km/jam, metode PID-BA memiliki error terkecil sebesar 0,019 m. Metode PID-BA mampu mempertahankan ketepatan lintasan pada kecepatan 75,9 km/jam memiliki error terkecil sebesar 0,234 m. Hasil ini menunjukkan bahwa kondisi kendaraan yang sangat ideal. Penelitian lebih lanjut dapat diikuti dengan kondisi kendaraan yang sebenarnya.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Machrus Ali, Universitas Darul ulum

Program Studi Teknik Elektro, Universitas Darul ulum, Jombang

References

M. Ali, Muhlasin, H. Nurohmah, A. Raikhani, H. Sopian, and N. Sutantra, “Combined ANFIS method with FA, PSO, and ICA as Steering Control Optimization on Electric Car,†in 2018 Electrical Power, Electronics, Communications, Controls and Informatics Seminar (EECCIS), Oct. 2018, pp. 299–304, doi: 10.1109/EECCIS.2018.8692885.

W. Zhao, X. Qin, and C. Wang, “Yaw and Lateral Stability Control for Four-Wheel Steer-by-Wire System,†IEEE/ASME Trans. Mechatronics, vol. 23, no. 6, pp. 2628–2637, 2018, doi: 10.1109/TMECH.2018.2812220.

M. Ali, F. Hunaini, I. Robandi, and N. Sutantra, “Optimization of active steering control on vehicle with steer by wire system using Imperialist Competitive Algorithm (ICA),†in 2015 3rd International Conference on Information and Communication Technology (ICoICT), May 2015, pp. 500–503, doi: 10.1109/ICoICT.2015.7231475.

D. H. Kusuma, M. Ali, and N. Sutantra, “The comparison of optimization for active steering control on vehicle using PID controller based on artificial intelligence techniques,†in Proceedings - 2016 International Seminar on Application of Technology for Information and Communication, ISEMANTIC 2016, Mar. 2017, pp. 18–22, doi: 10.1109/ISEMANTIC.2016.7873803.

M. Ali, H. Nurohmah, Budiman, J. Suharsono, H. Suyono, and M. A. Muslim, “Optimization on PID and ANFIS Controller on Dual Axis Tracking for Photovoltaic Based on Firefly Algorithm,†in ICEEIE 2019 - International Conference on Electrical, Electronics and Information Engineering: Emerging Innovative Technology for Sustainable Future, 2019, pp. 53–57, doi: 10.1109/ICEEIE47180.2019.8981428.

M. Ali, “DESAIN PENGATURAN GOVERNOR MENGGUNAKAN PROPORTIONAL INTEGRAL DERIVATIVE ( PID ) PADA SISTEM PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA MIKRO HIDRO ( PLTMH ) BERBASIS PARTICLE SWARM OPTIMIZATION ( PSO ),†J. Intake, vol. 5, no. 2, pp. 78–92, 2014.

M. Ali, A. A. Syaifuddin, and H. Nurohmah, “Desain Hibrid Menggunakan PID-ANFIS Controller Pada Motor DC Berbasis PSO (Particle Swarm Optimization),†JE-Unisla, vol. 6, no. 2, pp. 60–65, 2021, doi: https://doi.org/10.30736/je-unisla.v6i2.707.

A. Suhadak and M. Ali, “Optimasi Steering Control Mobil Listrik Auto-Pilot Menggunakan Metode Firfly Algorithm (FA),†Semnasinotek-2017, vol. 1, no. 1, pp. 61–68, 2017.

M. Ali, F. Hunaini, and G. Y. Hartlambang, “Optimisasi Kontrol Kemudi Mobil Listrik Menggunakan Metode Adaptive Neuro-Fuzzy Inference System (ANFIS),†J. Intake, vol. 6, no. 2, pp. 16–34, 2015, [Online]. Available: http://ejournal.undar.ac.id/index.php/intake/article/view/404.

Kadaryono, Askan, Rukslin, A. Parwanti, M. Ali, and I. Cahyono, “Comparison of LFC optimization on micro-hydro using PID, CES, and SMES based firefly algorithm,†in International Conference on Electrical Engineering, Computer Science and Informatics (EECSI), 2018, vol. 2018–Octob, pp. 204–209, doi: 10.1109/EECSI.2018.8752733.

M. Muhlasin, R. Rukslin, A. Raikhani, and M. Ali, “The FA-ANFIS Hybrid Method is used for LFC Optimization in Micro Hydro Power Generation,†in Seminar Nasional Teknik Elektro (FORTEI 2017), 2017, pp. 225–229, [Online]. Available: http://fortei.org/v2/wp-content/uploads/2017/12/43-Fullpaper_Muhlasin_Fullpaper_Muhlasin_Paper_Fortei_Muhlasin_Microhydro_FA_Anfis.pdf.

M. Ali, “Kontrol Kecepatan Motor DC Menggunakan PID Kontroler Yang Ditunning Dengan Firefly Algorithm,†J. Intake, vol. 3, no. 2, pp. 1–10, 2012, [Online]. Available: http://ejournal.undar.ac.id/index.php/intake/article/view/428.

M. Ali, I. Umami, and H. Sopian, “Particle Swarm Optimization (PSO) Sebagai Tuning PID Kontroler Untuk Kecepatan Motor DC,†J. Intake, vol. 7, no. 1, pp. 10–20, 2016, [Online]. Available: http://ejournal.undar.ac.id/index.php/intake/article/view/382.

M. Ali et al., “The comparison of dual axis photovoltaic tracking system using artificial intelligence techniques,†IAES Int. J. Artif. Intell., vol. 10, no. 4, p. 901, Dec. 2021, doi: 10.11591/ijai.v10.i4.pp901-909.

D. H. Kusuma, M. Ali, and N. Sutantra, “The comparison of optimization for active steering control on vehicle using PID controller based on artificial intelligence techniques,†in 2016 International Seminar on Application for Technology of Information and Communication (ISemantic), Aug. 2016, pp. 18–22, doi: 10.1109/ISEMANTIC.2016.7873803.

Y. G. Hartlambang, H. Nurohmah, and M. Ali, “Optimasi Kecepatan Motor DC Menggunakan Algoritma Kelelawar (Bat Algorithm),†in SEMANTIKOM 2017, Universitas Madura, 2017, pp. 1–8, [Online]. Available: http://semantikom.unira.ac.id/2017/SEMANTIKOM_2017_paper_2.pdf.

M. Dripoyono, Henrdo; Candra, Dwi, Septa; Ajiatmo, Dwi;, Budiman, Budiman; Ali, “Penggunaan ACO dan FA Dalam Mengoptimalkanasikan Kontroler PID Untuk Shading Parsial pada Photovoltaic,†SinarFe7, vol. 1, no. 1, pp. 35–39, 2018.

R. Fajardika, M. Ali, M. Muhlasin, and M. Arrohman, “Optimasi Frekuensi Kontrol pada Sistem Hybrid Wind-Diesel Menggunakan PID Kontroler Berbasis ACO dan MFA,†J. Rekayasa Mesin, vol. 9, no. 1, pp. 65–68, 2018, doi: 10.21776/ub.jrm.2018.009.01.10.

PlumX Metrics

Published

12-04-2022

How to Cite

Ali, M., Haikal, M. A., Rukslin, R., & Nurohmah, H. (2022). Optimisasi Steering Control Pada Mobil Listrik Auto-Pilot Menggunakan Metode Bat Algorithm. JE-Unisla, 7(1), 36–41. https://doi.org/10.30736/je-unisla.v7i1.813

Issue

Section

editorial elektro