PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI PENJADWALAN KONSULTASI DOSEN FAKULTAS ILMU KOMPUTER UNIVERSITAS BRAWIJAYA

Authors

  • Yusi Tyroni Mursityo Jurusan Sistem Informasi, FAKULTAS ILMU KOMPUTER, UNIVERSITAS BRAWIJAYA

DOI:

https://doi.org/10.30736/jti.v5i2.464

Abstract

Urgensi dari mahasiswa dengan dosen sangat beragam, seperti mereka yang ingin menemui dosen untuk melakukan bimbingan skripsi, untuk melakukan validasi krs, untuk mempresentasikan project akhir dan lain sebagainya yang diharuskan untuk melakukan konfirmasi dengan dosen sebelum bertemu. Keterbatasan mahasiswa yang tidak mengetahui antara jadwal luang dengan kesibukan setiap dosennya membuat mahasiswa merasa kebingungan dan cenderung kelelahan karena tidak adanya kepastian waktu dari dosen yang mereka ingin temui. Beberapa kasus pun terjadi pada dosen yang harus menghadiri aktivitas yang mendadak dan harus dilakukan penjadwalan ulang dengan mahasiswanya. Seorang dosen tidak mungkin memberi pesan broadcast ke mahasiswa atau mengirim pesan ke setiap mahasiswa. Diusulkan sebuah solusi aplikasi yang dapat membantu untuk menangani permasalahan pada sistem reservasi antara mahasiswa dan dosen ialah dengan cara mengembangkan sistem informasi penjadwalan tatap muka dan konsultasi mahasiswa dengan dosen ini untuk mengoptimalkan dan mempermudah proses janjian antara dosen dan mahasiswa melalui media desktop ataupun mobile berbasis website. Aplikasi ini diharapkan bisa meningkatkan efektifitas dan efisiensi proses komunikasi dosen dan mahasiswa terutama dalam pengerjaan tugas akhir mahasiswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Yusi Tyroni Mursityo, Jurusan Sistem Informasi, FAKULTAS ILMU KOMPUTER, UNIVERSITAS BRAWIJAYA

Jurusan Sistem Informasi FILKOM UB, Lektor

References

Booch, Grady, James Rumbaugh, dan Ivar Jacobson. 1998. The Unified Modeling Language User Guide. Massachusetts: Addison Wesley.

Kruchten, Philippe. 2000. The Rational Unified Process -- An Introduction,. 2nd ed. Vancouver: Addison-Wesley-Longman.

Naik, Kshirasagar, dan Priyadarshi Tripathy. 2008. Software Testing and Quality Assurance : Theory and Practice. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc., Hoboken.

Pressman, Roger S. 2009. Software Engineering: A Practitioner's Approach, 7th International edition. New York: McGraw-Hill.

PSIK FILKOM UB. 2017. Academic Calendar. http://filkom.ub.ac.id/.

Rampton, John. 2020. The Ultimate Guide To Google Calendar. Agustus. https://www.calendar.com/google-calendar-guide/.

Weske, Mathias. 2012. Business Process Management: Concepts, Languages, Architectures 2nd. Springer Berlin Heidelberg.

Whitten, Jeffrey L., dan Lonnie D. Bentley. 2007. System Analysis and Design Methods. New York: McGraw-Hill/Irwin.

PlumX Metrics

Published

2020-09-30

How to Cite

Mursityo, Y. T. (2020). PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI PENJADWALAN KONSULTASI DOSEN FAKULTAS ILMU KOMPUTER UNIVERSITAS BRAWIJAYA. Joutica, 5(2), 376–380. https://doi.org/10.30736/jti.v5i2.464

Issue

Section

Jouticla Jurnal Teknik Informatika

Most read articles by the same author(s)