Implementasi Algoritma Dijkstra pada Aplikasi Sistem Informasi Geografis Pencarian Rute Terpendek Wisata Dikabupaten Lamongan Berbasis Web

Prisma Nanda, M. Ghofar Rohman, Miftahus Sholihin

Abstract


Pariwisata merupakan salah satu aspek yang penting bagi perekonomian dan kesejahteraan masyarakat di suatu daerah. Kabupaten Lamongan memiliki potensi  pariwisata yang sangat baik. Terdapat banyak objek wisata di Lamongan, diantaranya objek wisata religi, wisata alam, wisata buatan, dan oleh-oleh khas. Dalam penelitian ini dibuatlah aplikasi yang berjudul Implementasi Algoritma Dijkstra pada Aplikasi pencarian rute terpendek wisata di Kabupaten Lamongan berbasis Web. Dengan menggunakan algoritma Dijkstra untuk menentukan rute terpendek dari lokasi objek wisata satu menuju objek wisata lainnya. Perhitungan algoritma Dijkstra diawalai dengan menetukan node–node yang akan dibentuk menjadi sebuah graf. Node merupakan objek wisata yang ada di Kabupaten Lamongan. Algoritma Dijkstra menetukan bobot terkecil dari node awal menuju node akhir dan pada setiap perhitungan dari node awal menuju node selanjutnya akan diperbarui jika menemukan jarak terpendek. Dari segi pemanfaatannya sistem algoritma Dijkstra dalam menentukan rute terpedek lokasi objek wisata di Kabupaten Lamongan ini dapat menjadi media untuk promosi dan sebagai informasi rute perjalanan wisatawan menuju objek wisata di Kabupaten Lamongan. Pada penelitian ini ada 21 Data wisata diKabupaten Lamongan yang meliputi wisata alam wisata buatan dan wisata religi. Hasil akurasi yang diperoleh dalam sistem Algoritma Dijkstra pencarian Rute terpendek wisata diKabupaten Lamongan adalah 95% dengan jumlah data wisata sebanyak 21wisata.


References


Anam, K. (Maret 2019). Aplikasi Pemandu Pencarian Wisata Terdekat Berbasis Gis Android Dengan Algoritma Dijkstra. Volume 3 Nomor 1 , 99.

Gusmão, A. (Desember 2013). Sistem Informasi Geografis Pariwisata Berbasis Web Dan Pencarian Jalur Terpendek Dengan Algoritma Dijkstra. Sistem Informasi Geografis Pariwisata Berbasis Web Dan Pencarian Jalur Terpendek Dengan Algoritma Dijkstra, Eeccis Vol. 7, No. 2,.

Ismuhadi Heru Wijayanto, A. S. (2011). Pengembangan Potensi Pariwisata Dalam Perspektif Reinventing Government (Studi Di Dinas Kebudayan Dan Pariwisata Kabupaten Lamongan). 1168-1173 .

Juniawan, F. (2020). Penentuan Rute Terpendek Tujuan Wisata Di Kota Toboali Menggunakan Algoritme Djikstra Web. Vol 7, No 1, 218.

Mi Raharjo, S. (2019). Aplikasi Pencarian Rute Terdekat Wisata Kota Yogyakarta Menggunakan Algoritma Dijkstra.

Mulyono, A. S. (N.D.). Implementasi Algoritma Dikstra Dalam Pencarian Rute Terpendek Tempat Wisata Di Kabupaten Gunungkidul Dengan Program Visual Basic. Vol 6 No 2 (2017).

Nanin Trianawati Sugito, S. M. (11 Maret 2009). Urgensi Sistem Informasi Geografis (Sig) Untuk Mendukung Data Geospasial. 11.

Sudibyo, N. A. (2020, 28 April). Implementasi Algoritma Dijkstra Dalam Pencarian Rute Terpendek Tempat Wisata Di Kabupaten Klaten.

Z Pratama, D. H. (2020). Penerapan Metode Dijkstra Untuk Menentukan Jalur Lintasan Terpendek Kota Kisaran Menuju Objek Wisata Simalungun. Vol. 1 No. 2 (2020): Resolusi Nopember 2020.




DOI: https://doi.org/10.30736/jti.v7i1.802



Indexed By :

    

 

Editorial Office :

Joutica : Journal of Informatic Unisla

Program Studi Teknik Informatika - Fakultas Teknik - Universitas Islam Lamongan

Jl. Veteran 53 A Lamongan 

Purnomo Hadi Susilo, S.Pd.,M.Pd (jti@unisla.ac.id)