APLIKASI PEMBACA DONGENG ANAK INDONESIA BERBASIS ANDROID

Authors

  • Achmad Muafi Azzaid Fakultas Teknik

DOI:

https://doi.org/10.30736/.v1i1.105

Abstract

Saat ini, untuk mendapatkan informasi tentang dongeng melalui ponsel masih jarang terjadi.  Pembaca biasanya memperoleh informasi tentang dongeng hanya melalui buku, CD atau media  cetak  lainnya.  Beberapa  aplikasi  pada  ponsel  hanya  berupa  teks  dan  gambar.  Jadi  tujuan  penelitian  ini  diraih  untuk  membantu  pembaca  menikmati  dongeng  yang  ada  dalam  aplikasi  yang rumit tanpa harus membaca satu kata pun pada satu cerita. Penelitian ini menggunakan  metode Luther sebagai metode pengembangan multimedia. Ada 6 langkah yang ditempuh untuk  melengkapi  aplikasi  ini,  yaitu  tahap  konsep,  tahap  desain,  bahan  koleksi,  tahap  pembuatan,  tahap pengujian dan pendistribusian. Pada tahap pengujian digunakan dua macam pengujian,  yaitu  fungsi  pengujian  dan  pengujian  program  dengan  menggunakan  responden.  Hasilnya  menunjukkan  bahwa  "Aplikasi  Pembaca  Dongeng  Anak  Indonesia"  dapat  menampilkan  informasi termasuk judul cerita cerita anak-anak Indonesia, cerita asal negara, dan ceritanya
singkat tapi menarik. Bisa juga menjadi musik suara dan latar belakang pada setiap halaman  cerita  berdasarkan  cerita.  Dan  aplikasi  bisa  digunakan  oleh  pengguna  dengan  mudah.  Berdasarkan  hasil  kuesioner  menunjukkan  bahwa  data  yang  diproses  91,76%  respon  positif  atau termasuk dalam kategori "Bagus"

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Achmad Muafi Azzaid, Fakultas Teknik

Mahasiswa Teknik Informatika

PlumX Metrics

Published

2017-12-09

How to Cite

Azzaid, A. M. (2017). APLIKASI PEMBACA DONGENG ANAK INDONESIA BERBASIS ANDROID. Jurnal Mahasiswa Fakultas Teknik, 1(1), 8 Halaman. https://doi.org/10.30736/.v1i1.105