Pengembangan Perangkat Pembelajaran Mikrokontroler Esp32 Berbasis Internet of Things & Bluetooth di SMKN 2 Surabaya

Authors

  • Moch. Zakariyah Abdillah Universitas Negeri Surabaya
  • Farid Baskoro Universitas Negeri Surabaya
  • Muhammad Syariffudien Zuhrie Universitas Negeri Surabaya
  • Nur Kholis Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30736/je-unisla.v9i2.1234

Abstract

Riset ini bertujuan untuk menciptakan bahan pembelajaran berupa trainer Mikrokontroler NodeMCU ESP32 dengan penekanan pada IoT  dan Bluetooth untuk mata pembelajaran Pemrograman dan Aplikasi Mikrokontroler kelas 11 TAV. Pendekatan riset dan pengembangan (R&D) dengan mempergunakan uji coba Studi Kasus Satu-Sesi. Riset ini dilakukan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 2 Surabaya dengan subjeknya pada kelas 11 Teknik Audio Video 1, melibatkan 34 siswa dari total 36 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Tinjauan hasil kevalidan media menunjukkan angka keakuratannya sebesar 93%, sehingga bisa digolongkan sebagai tingkat validitas yang tinggi; (2) analisis keefektifan menunjukkan skor rata-rata sebesar 79,35 (KKM=75), atau dapat disimpulkan bahwa mean pencapaian kompetensi siswa melewati KKM; (3) analisis keefektifan juga menunjukkan skor sebesar 88,8%, yang dapat dikategorikan sebagai tingkat validitas yang sangat tinggi. Dengan data ini, dapat disimpulkan bahwa trainer dan buku panduan praktikum sangat berguna dalam keberlagsungan pembelajaran pada mata pelajaran konsentrasi keahlian dengan jenis elemen pemograman dan aplikasi mikrokontroler untuk membantu siswa melakukan praktikum pada mata pelajaran pemrograman dan aplikasi mikrokontroler.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

PlumX Metrics

Published

05-09-2024

How to Cite

Abdillah , M. Z., Farid Baskoro, Muhammad Syariffudien Zuhrie, & Nur Kholis. (2024). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Mikrokontroler Esp32 Berbasis Internet of Things & Bluetooth di SMKN 2 Surabaya. JE-Unisla, 9(2), 110–123. https://doi.org/10.30736/je-unisla.v9i2.1234

Issue

Section

editorial elektro