Analisis Pengaruh Kemiringan Sudut Blade Archimedes Screw Terhadap Output Yang Dihasilkan Pada Pembangkit Listrik Tenaga Pico Hydro (PLTPH)

Authors

  • Muhammad Whildan Alamsyah Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Maarif Hasyim Latif
  • Mochamad Choifin Universitas Maarif Hasyim Latif

DOI:

https://doi.org/10.30736/je-unisla.v9i2.1257

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk memahami dan mengetahui cara kerja alat Pembangkit Listrik Tenaga Pico Hydro (PLTPH) terhadap keluaran daya dengan variasi sudut sirip turbin. Di Desa Sambibulu RT 03 RW 03 Kecamatan Taman Kabupaten Sidoarjo banyak terdapat lahan persawahan yang belum terjangkau dengan energi listrik. Salah satu pemanfaatan energi yang ada pada sekitar lokasi tersebut yaitu aliran sungai yang dapat dimanfaatkan dengan menggunkan alat Pembangkit Listrik Tenaga Pico Hydro (PLTPH). Pengujian ini menggunakan pendekatan eksperimental dengan menguji variasi sudut blade 7° dan 14°. Cara kerja dari alat ini ketika aliran air yang masuk alat PLTPH yang akan memutar turbin yang tersambung generator dari putaran tersebut akan menghasilkan keluaran daya serta debit yang dihasilkan dari pemberian head pada alat PLTPH. Dalam pemberian sudut blade yang berbeda pada turbin alat PLTPH memberikan dampak pada keluaran daya dan debit air yang dihasilkan. Untuk performa terbaik terdapat pada turbin dengan sudut kemiringan 14° dengan nilai tegangan sebesar 0,39 V, arus sebesar 0,034 A, dan daya sebesar 0,4145 watt.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

PlumX Metrics

Published

05-09-2024

How to Cite

Muhammad Whildan Alamsyah, & Mochamad Choifin. (2024). Analisis Pengaruh Kemiringan Sudut Blade Archimedes Screw Terhadap Output Yang Dihasilkan Pada Pembangkit Listrik Tenaga Pico Hydro (PLTPH) . JE-Unisla, 9(2), 124–135. https://doi.org/10.30736/je-unisla.v9i2.1257

Issue

Section

editorial elektro