Rancang Bangun Otomatisasi Intensitas Cahaya, Suhu dan Kelembaban Untuk Budidaya Jamur Tiram Berbasis Mikrokontroler di Desa Kendal, Sekaran, Lamongan

Authors

  • Suharjianto Suharjianto Teknik Elektro

DOI:

https://doi.org/10.30736/je.v2i2.84

Keywords:

Jamur, ATMega 328, sensor DHT 11, sensor LDR, mist maker

Abstract

Budidaya jamur tiram dilakukan di daerah dataran tinggi yang memiliki temperatur yang rendah sedangkan pada daerah dataran rendah dibudidayakan pada kumbung-kumbung jamur. Agar pertumbuhan jamur dalam kumbung dapat optimal maka suhu dan kelembaban dari kumbung harus dijaga sesuai dengan kondisi alaminya. Di dataran rendah, pengaturan suhu dan kelembaban kumbung jamur masih dilakukan secara manual, sehingga kontrol otomatis diperlukan untuk mengatur suhu dan kelembaban kumbung jamur agar meringankan kerja petani jamur. Untuk menjaga kondisi kumbung yang ideal yaitu ruang budidaya yang memiliki suhu dan kelembaban ±30°C dan 70% – 90% RH, diperlukan alat berupa mist maker dan blower serta sensor DHT 11 untuk men-sensing dari suhu dan kelembaban ruang. Alat ini akan mengatur suhu dan kelambaban pada miniatur kumbung jamur secara otomatis, jika sensor DHT11 mendeteksi suhu >30˚C dan kelembaban <70%, maka water mist maker dan blower akan aktif secara otomatis sehingga akan mendinginkan dan melembabkan ruang kumbung jamur. Selain itu untuk fase pertumbuhan tubuh jamur memerlukan cahaya yakni ±300 lux, diperlukan lampu LED serta sensor LDR untuk men-sensing dari intensitas cahaya pada miniatur kumbung jamur. Alat ini akan mengatur intensitas cahaya secara otomatis, jika sensor LDR mendeteksi cahaya >300 lux maka lampu LED secara otomatis akan menyala.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Suharjianto Suharjianto, Teknik Elektro

Dosen Teknik Elektro Universitas Islam Lamongan

References

Agromedia, 2006. Budi Daya Jamur Konsumsi.Agromedia Pustaka, Jakarta.

Eko Wahyu Santoso. 2016. Prototype Penyiram Tanaman Otomatis Dengan Sensor Kelembapan Tanah Berbasis Mikrokontroller ATmega 328. Tugas Akhir. Universitas Islam Lamongan.

Fandi Budiawan, Arman Jaya, ST.MT, Drs.Irianto,MT. 2015. Pengaturan Suhu dan Kelembaban Pada Miniatur Kumbung Untuk Meningkatkan Produktifitas Jamur Tiram. Tugas Akhir. Surabaya.

Heri Guston Pintoyo. 2012. Alat Pengatur Suhu Otomatis Untuk Ruangan Tanaman Jamur Tiram Berbasis ATMega16. Tugas Akhir. Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

Nurfalah, Muhammad. 2015. “Makalah Arduino dan Raspberry PI Mikrokontrolerâ€. Makalah. Teknik Elektro. Universitas Tadulako. Palu.

Haqqi Prananda. 2012. Prototype Sistem Pengendalian dan Monitoring Suhu dan Kelembaban Pada Media Tanam Jamur Tiram Berbasis Logika Fuzzy. Tugas Akhir. Universitas Jember :

Kotanimura. 2012. Habitat Jamur Tiram. Jember:

Susilawati. 2010. Petunjuk Teknis Budidaya Jamur Tiram. Jurnal Sumatra Selatan :

Theriatama Silva Kusuma. 2011. Rancang Bangun Pengendalian Suhu dan Kelembaban Pada Miniatur Kumbung Jamur Tiram. Tugas Akhir. Universitas Diponegoro Semarang:

Yuliana. 2012. Simulasi Pengendalian Temperatur dan Kelembaban Pada Ruang Budidaya Jamur Tiram Berbasis Mikrokontroler. Tugas Akhir. Universitas Pembangunan Nasional “veteran†Surabaya

PlumX Metrics

Published

01-09-2017

How to Cite

Suharjianto, S. (2017). Rancang Bangun Otomatisasi Intensitas Cahaya, Suhu dan Kelembaban Untuk Budidaya Jamur Tiram Berbasis Mikrokontroler di Desa Kendal, Sekaran, Lamongan. JE-Unisla, 2(2), 87–92. https://doi.org/10.30736/je.v2i2.84

Issue

Section

editorial elektro