PENERAPAN SCADA BERBASIS IOT UNTUK SIMULATOR KONTROL PANEL PADA CONTOH KASUS PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA MIKROHIDRO (PLTM)

Authors

  • Amin Supriyono Program Studi Teknik Elektro, Universitas Islam Malang
  • M. Jasa Afroni Program Studi Teknik Elektro, Universitas Islam Malang
  • Oktriza Melfazen Program Studi Teknik Elektro, Universitas Islam Malang

DOI:

https://doi.org/10.30736/je-unisla.v7i2.889

Keywords:

Konvensional, SCADA, IoT, Simulator, Prototipe

Abstract

Beberapa PLTM di Indonesia belum dilengkapi dengan sistem SCADA. Ketiadaan sistem SCADA mengakibatkan pengoperasian PLTM harus dilakukan secara konvensional. Dengan sistem SCADA, pengawasan pada peralatan dapat dilakukan secara terus menerus dan terpusat sehingga pengoperasian peralatan bisa lebih optimal. Penambahan/pemasangan suatu alat (sistem SCADA) yang terkait dengan sistem operasi PLTM, tentu memerlukan ijin dari pihak pengelola PLTM. Agar dapat menggambarkan dampak adanya sistem SCADA pada sebuah PLTM tanpa harus melakukan pemasangan secara langsung pada sistem PLTM, maka diperlukan adanya simulator yang dapat digunakan sebagai interface untuk menghubungkan antara sistem SCADA dengan sebuah prototype kontrol panel PLTM yang dapat menggambarkan proses atau alur pengoperasian sebuah PLTM secara ringkas. Metode penelitian yang digunakan menggunakan metode eksperimental. Penelitian ini menghasilkan sebuah simulator kontrol panel berbasis SCADA yang menggunakan IoT sebagai kontroller serta internet sebagai perantara untuk menghubungkan manusia dengan simulator. Adapun kesimpulan dari penelitian ini yaitu Simulator dianggap membantu dalam mempelajari bagaimana mendesain sebuah sistem SCADA dengan menggunakan IoT, serta menjelaskan bagaimana alur proses PLTM dan apa saja yang dikontrol dan diawasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

M. Zaini, S. Safrudin, and M. Bachrudin, “Perancangan Sistem Monitoring Tegangan, Arus Dan Frekuensi Pada Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro Berbasis Iot,†TESLA J. Tek. Elektro, vol. 22, no. 2, p. 139, 2020, doi: 10.24912/tesla.v0i0.9081.

I. Pujotomo, “Implementasi Sistem SCADA Untuk Pengendalian Jaringan Distribusi 20 KV,†J. Kaji. Tek. Elektro, vol. 1, no. 1, pp. 51–66, 2016.

Marlina, Ena; M. yasa, “Kredensial Mikro Mahasiswa Indonesia Technopreneurship Berbasis Internet of Things (IoT) “, Malang : Unisma Press, 2022, pp 130.

PT PLN (PERSERO) Pusat Pendidikan dan Pelatihan,"Overview SCADA", 2012.

PlumX Metrics

Published

15-09-2022

How to Cite

Supriyono, A., Afroni, M. J., & Melfazen, O. (2022). PENERAPAN SCADA BERBASIS IOT UNTUK SIMULATOR KONTROL PANEL PADA CONTOH KASUS PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA MIKROHIDRO (PLTM). JE-Unisla, 7(2), 119–126. https://doi.org/10.30736/je-unisla.v7i2.889

Issue

Section

editorial elektro