Pembuatan Sistem Frequently Asked Questions pada Website Ruparupa

Authors

  • Tamara Violeta Universitas Tarumanagara
  • Desi Arisandi Universitas Tarumanagara
  • Novario Jaya Perdana Universitas Tarumanagara

DOI:

https://doi.org/10.30736/informatika.v8i2.1022

Keywords:

FAQ, E-commerce, ReactJS, Content Management System

Abstract

Teknologi membawa pengaruh besar terhadap hidup masyarakat tanpa dapat diprediksi setiap generasinya. Pengaruh yang didatangkan dari teknologi mengarahkan masyarakat untuk memulai bisnis dengan membuat toko online, sebagai bagian dari e-commerce. PT Omni Digitama Internusa (Ruparupa) merupakan salah satu e-commerce yang menjual berbagai peralatan rumah tangga, furnitur, dan gaya hidup dibawah naungan Kawan Lama Group. Sebagai e-commerce, dibutuhkan wadah informasi dengan penyediaan FAQ (Frequently Asked Questions) untuk efisiensi waktu dan peningkatan traffic website, serta lebih membangun kepercayaan dan profesionalisme. FAQ yang efektif dapat dilihat dari penyajian informasi yang ringkas, detil, dan mudah diakses. FAQ Ruparupa saat ini masih menggunakan kata statis, dimana belum dapat menampilkan pertanyaan berulang dan akses yang terhitung masih cukup sulit. Muncul ide sebagai solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut, yaitu pembuatan sistem FAQ terbaru dengan adanya pengkategorian FAQ dengan pendukung fitur-fitur tambahan. Tujuannya membantu konsumen dengan memusatkan perhatian mereka pada kasus yang lebih spesifik, sehingga meningkatkan efisiensi waktu, baik dari sisi konsumen, maupun tim Ruparupa. Sistem dibuat menggunakan metode SDLC (System Development Life Cycle) dengan model Scrum. Bahasa pemrograman yang digunakan yaitu ReactJS dengan database MongoDB. FAQ ini akan meningkatkan kualitas UI/UX Ruparupa dan memberikan kemudahan untuk mengelola FAQ dengan adanya user-friendly dashboard.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arthana, I., Dantes, G., Dewi, L., Setemen, K., & Marti, N. (2021). PENGEMBANGAN PROTOTYPE FREQUENTLY ASKED QUESTION (FAQ) UNDIKSHA DENGAN PENDEKATAN USER CENTERED DESIGN.

Cabot, J. (2018). WordPress: A Content Management System to Democratize Publishing. IEEE Software, vol. 35, no. 3, pp. 89-92, doi: 10.1109/MS.2018.2141016.

Investopedia. (2022, Juli 6). Ecommerce Defined: Types, History, and Examples. Investopedia. https://www.investopedia.com/terms/e/ecommerce.asp

KYEREMEH, K. (2019). OVERVIEW OF SYSTEM DEVELOPMENT LIFE CYCLE MODELS. Available at SSRN 3448536, Papers.Ssrn.Com.

Mulyani, Sri, Ak., CA. (2017). Metode Analisis dan Perancangan Sistem. Abdi Sistematika

Nugroho, A. (2009). Rekayasa Perangkat Lunak Menggunakan UML dan Java. Penerbit Andi.

Rheny, S. (2022, Februari 24). Kenali apa saja fungsi FAQ dan tips membuat FAQ yang efektif. https://www.ekrut.com/media/faq-adalah

Setyadhi, E. M., & Johan, M. C. (2022, Mei). View /of Aplikasi Berbasis Web untuk Fitur Frequently Asked Question Bagi Mahasiswa dan Dosen Koordinator Tugas Akhir. Aplikasi Berbasis Web untuk Fitur Frequently Asked Questions.

Srivastava, A., Bhardwaj, S., & Saraswat, S. (2017, May). SCRUM model for agile methodology. In 2017 International Conference on Computing, Communication and Automation (ICCCA) (pp. 864-869). IEEE.

Suprapto, “User Acceptance Testing (UAT) Refreshment PBX Outlet Site BNI Kanwil Padang,” J. Civronlit Unbari, vol. 6, no. 2, p. 54, 2021, doi: 10.33087/civronlit.v6i2.85.

Vibiola, Vera., Ocatriadi, B. C & Alkadri S. P. (2022). SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS PERSEBARAN PERGURUAN TINGGI DI KOTA PONTIANAK MENGGUNAKAN METODE HAVERSINE FORMULA. JOUTICA Volume 7 No 2 Tahun 2022.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2023-09-19

How to Cite

Violeta, T., Arisandi, D., & Jaya Perdana, N. (2023). Pembuatan Sistem Frequently Asked Questions pada Website Ruparupa. Joutica, 8(2), 57–63. https://doi.org/10.30736/informatika.v8i2.1022