Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Tanaman Padi Menggunakan Metode Forward Chaining

Authors

  • Fajar Ghulam Darussalam Universitas Stikubank Semarang
  • Heribertus Yulianton Universitas Stikubank Semarang

DOI:

https://doi.org/10.30736/informatika.v8i2.1096

Keywords:

Padi, Pakar, Pertanian, Forward Chaining

Abstract

Sebagai negara agraris Indonesia merupakan negara dengan sektor pertanian yang sangat mumpuni salah satunya padi, padi sendiri marupakan makanan pokok tidak hanya di Indonesia bahkan di kawasan asia tenggara namun disisi lain sektor pertanian kita pada tanaman padi khususnya sering kali terhambat dikarenakan penyakit yang menyerang tanaman padi hal tersebut diperparah dengan minimnya pengetahuan masyarakat mengenai penyakit yang sering kali menyerang tanaman padi. Oleh karena itu pada penelitian ini penulis menawarkan solusi untuk membuat Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Tanaman Padi Menggunakan Metode Forward Chaining yang mana pada sistem tersebut akan mengadopsi data basis pengetahuan dari pakar langsung mengenai penyakit tanaman padi yang dipadukan dengan pendekatan forward chaining, sistem yang dibangun juga memberikan informasi mengenai gejala dan solusi dari penyakit tanaman padi. Untuk menguji akurasi pada Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Tanaman Padi Menggunakan Metode Forward Chaining penulis menggunakan confusion matrix dan dapat diambil kesimpulan metode forward chaining dapat digunakan untuk Sistem pakar diagnosa penyakit tanaman padi dengan nilai akurasi cukup baik yaitu sebesar 84% dengan nilai presisi 84% dan recall sebesar 100%.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Fajar Ghulam Darussalam, Universitas Stikubank Semarang

Fakultas Teknologi Informasi dan Industri Universitas Stikubank Semarang

References

Kurniawan W. (2019). Aplikasi Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Gigi Metode Forward Chaining Di Uptd Kesehatan Puskesmas Bangil. JOUTICA Volume 4 No.1 2019.

Alam, S. (2020). Aplikasi Sistem Pakar Pengidentifikasi Penyakit Dan Hama Pada Tanaman Padi Berbasis Android. 5(2), 19–27.

S. (2021). Kecerdasan Buatan Berbasis Pengetahuan. UGM PRESS. Yogyakarta.

Tobing, D. M., Pawan, E., Neno, F. E., & Kusrini, K. (2019). Sistem Pakar Mendeteksi Penyakit Pada Tanaman Padi Menggunakan Metode Forward Chaining. Sisfotenika, 9(2), 126.

Matheus, J. L. A. (2020). Aplikasi Sistem Pakar Identifikasi Penyakit Tanaman Padi Dengan Metode Forward Chaining Berbasis Android. Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Lampung, 81.

Putra, F. R. ., Fadlil, A., & Umar, R. (2021). Analisis Metode Forward Chaining Pada Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Hewan Sapi Berbasis Android. Sains Komputer & Informatika (JSAKTI), 5(2), 1034–1044.

Ridwansyah, R., Purnama, J. J., Hermanto, H., Suhardjono, S., & Hamid, A. (2020). Aplikasi Mobile Sistem Pakar Dalam Mengidentifiaksi Diagnosis Penyakit Kucing. INFORMATICS FOR EDUCATORS AND PROFESSIONAL : Journal of Informatics, 5(1), 23.

Sahbana, A. (2020). Implementasi sistem pakar dalam mengidentifikasi penyakit tanaman padi menggunakan metode.

Saputra, R. (2021). Aplikasi Sistem Pakar Identifikasi Penyakit Tanamam Padi Dengan Metode Forwand Channing Berbasis Android (Studi Kasus Dinas Pertanian Kabupaten Kuantan Singingi). Jurnal JuPerSaTek, 4(1), 374–381.

Sarma, S., Singh, K., & Singh, A. (2019). An Expert System for diagnosis of diseases in Rice Plant. International Jo.

Hartati, S. (2021). Kecerdasan Buatan Berbasis Pengetahuan. UGM PRESS. Yogyakarta.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2023-09-18

How to Cite

Darussalam, F. G., & Yulianton, H. (2023). Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Tanaman Padi Menggunakan Metode Forward Chaining. Joutica, 8(2), 39–44. https://doi.org/10.30736/informatika.v8i2.1096