Analisis Pengaruh Konflik Merek Dagang Terhadap Perhatian Publik pada Perlindungan HKI

Authors

  • Andi Putrama Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Nono Heryana

DOI:

https://doi.org/10.30736/informatika.v9i1.1166

Keywords:

Analisis korelasi, Perhatian public

Abstract

Merek merupakan media pemasaran dan ciri unik bagi pelaku usaha untuk menarik pelanggan. Di Indonesia, perlindungan hukum atas merek diproses oleh Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual (DJHKI). Perlindungan hukum ini memberikan hak eksklusif penggunaan merek dan melindungi merek tersebut dari tindakan plagiarisme. Penelitian terdahulu dengan pendekatan kualitatif menyatakan sengketa antara “MS Glow” dan “PS Glow” menandakan kesadaran publik yang rendah pada perlindungan kekayaan intelektual. Pada penelitian ini, digunakan pendekatan campuran berdasarkan data yang diperoleh melalui Google Trends dan berita media massa untuk menganalisis perubahan perhatian publik pada isu kekayaan intelektual. Sengketa antara “MS Glow” dan “PS Glow” digunakan sebagai acuan untuk mengidentifikasi perubahan tren intensitas pencarian pada kata kunci “HaKI”, “Paten”, dan “HKI”. Penelitian menemukan tidak adanya korelasi yang signifikan antara intensitas pencarian web pada kata kunci “MS Glow” atau “PS Glow” terhadap “HaKI”, “Paten”, dan “HKI”. Sementara pada intensitas pencarian YouTube, ditemukan  korelasi signifikan bernilai positif antara kata kunci “MS Glow” terhadap “HaKI” dan bernilai negatif terhadap “HKI”. Temuan ini mengindikasikan rendahnya perhatian publik terhadap perlindungan kekayaan intelektual melalui pencarian web. Di saat yang sama, terdapat peningkatan perhatian terhadap kata kunci kekayaan intelektual melalui pencarian YouTube.

Downloads

Download data is not yet available.

References

E. Hermawan, “Pengaruh Perubahan Merek Dan Kepuasaan Konsumen Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Fifgroup,” J. Perspekt., vol. 17, no. 1, pp. 39–45, 2019, doi: 10.31294/jp.v17i1.5206.

E. Yunaida, “Pengaruh Brand Image (Citra Merek) terhadap Loyalitas Konsumen Produk Oli Pelumas Evalube di Kota Langsa,” J. Manaj. dan Keuang., vol. 6, no. 2, pp. 798–807, 2018, doi: 10.33059/jmk.v6i2.685.

S. Dharma, “Perlindungan Merek Terdaftar Dari Kejahatan Dunia Maya Melalui Pembatasan Pendaftaran Nama Domain,” J. Cita Huk., vol. 2, no. 2, pp. 193–206, 2014, doi: 10.15408/jch.v1i2.1463.

N. K. L. M. T. Dewi and N. A. Martana, “PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP PENDAFTARAN MEREK NAMA DOMAIN DALAM TINDAKAN CYBERSQUATTING DI INDONESIA,” Kertha Wicara J. Ilmu Huk., vol. 6, no. 12, pp. 1–15, 2019, [Online]. Available: https://ojs.unud.ac.id/index.php/kerthawicara/article/view/50657

Y. Yvonny and W. Afdal, “Perlindungan Hak Kekayaan Intelektual Atas Merek D ’ cute Melalui Pendampingan Pendaftaran Hak Merek Dagang Di Kota Batam,” Natl. Conf. Community Serv. Proj., vol. 4, no. 1, pp. 1576–1583, 2022, doi: 10.37253/nacospro.v4i1.7168.

D. L. Putri, “Kronologi Sengketa Merek Dagang MS Glow Vs PS Glow,” Kompas.com, 2022. https://www.kompas.com/tren/read/2022/07/15/083000365/kronologi-sengketa-merek-dagang-ms-glow-vs-ps-glow?page=all (accessed Nov. 03, 2022).

N. Yanti and D. S. H. Marpaung, “Penyelesaian Sengketa Merek PS Glow Melawan MS Glow Berdasarkan Undang-Undang No. 30 Tahun 1999 Tentang Arbitrase Dan Alternatif Penyelesaian Sengketa,” J. Ilm. Wahana Pendidik., vol. 8, no. 7, pp. 540–550, 2022, doi: 10.5281/zenodo.7212660.

H. Sutra Disemadi and C. Kang, “Tantangan Penegakan Hukum Hak Kekayaan Intelektual dalam Pengembangan Ekonomi Kreatif di Era Revolusi Industri 4.0,” J. Komun. Huk., vol. 7, no. 1, p. 54, 2021, doi: 10.23887/jkh.v7i1.31457.

E. Mike, “Perlindungan Hukum Hak Kekayaan Intelektual Terhadap Tindakan Pelanggaran Pembajakan Buku Elektronik Melalui Media Online,” Al Imarah J. Pemerintah. Dan Polit. Islam, vol. 2, no. 2, pp. 135–144, 2019, doi: 10.29300/imr.v2i2.1449.

I. Ayuningtyas and I. Wirawati, “Nowcasting Tingkat Penghunian Kamar Hotel Menggunakan Google Trends,” in Seminar Nasional Official Statistics 2019: Pengembangan Official Statistics dalam mendukung Implementasi SDG’s, 2021, pp. 338–343. doi: 10.34123/semnasoffstat.v2020i1.636.

CNN Indonesia, “Putra Siregar Ajak MS Glow Damai dari Balik Jeruji,” CNN Indonesia, 2022. https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20220721125132-92-824323/putra-siregar-ajak-ms-glow-damai-dari-balik-jeruji (accessed Nov. 03, 2022).

N. M. Maghfur, F. Muhammad, and A. Voutama, “Analysis of the Relationship between Public Sentiment on Social Media and Indonesian Covid-19 Dynamics,” SYSTEMATICS, vol. 3, no. 3, pp. 336–345, 2021, doi: 10.35706/sys.v3i3.6075.

M. Miftahuddin, A. Pratama, and I. Setiawan, “Hubungan Antara Kelembaban Relatif Dengan Beberapa Variabel Iklim Dengan Pendekatan Korelasi Pearson di Samudera Hindia,” J. Siger Mat., vol. 2, no. 1, pp. 25–33, 2021, doi: 10.23960/jsm.v2i1.2753.

Kompas, “Berita Harian Ms-glow-vs-ps glow,” Kompas.com, 2022. https://www.kompas.com/tag/ms-glow-vs-ps-glow (accessed Nov. 03, 2022).

CNN Indonesia, “Berita Harian Ms Glow,” CNN Indonesia, 2022. https://www.cnnindonesia.com/tag/ms-glow?date=2022/03/22 (accessed Nov. 03, 2022).

Liputan6, “Ramai Gugatan Sengketa Merek, MS Glow: Kita Sudah Terdaftar Sejak 2016,” Liputan6.com, 2022. https://surabaya.liputan6.com/read/5013574/ramai-gugatan-sengketa-merek-ms-glow-kita-sudah-terdaftar-sejak-2016 (accessed Nov. 03, 2022).

CNN Indonesia, “MS Glow Kalah Gugatan Kasus Sengketa Merek, Diminta Ganti Rugi Rp37 M,” CNN Indonesia, 2022. https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20220714073951-92-821300/ms-glow-kalah-gugatan-kasus-sengketa-merek-diminta-ganti-rugi-rp37-m (accessed Nov. 03, 2022).

M. Idris, “Perjalanan Lengkap Kasus Rebutan Merek MS Glow Vs PS Glow,” Kompas.com2, 2022. https://money.kompas.com/read/2022/07/19/081355626/perjalanan-lengkap-kasus-rebutan-merek-ms-glow-vs-ps-glow?page=all (accessed Nov. 03, 2022).

Downloads

PlumX Metrics

Published

2024-03-09

How to Cite

Putrama, A., & Heryana, N. (2024). Analisis Pengaruh Konflik Merek Dagang Terhadap Perhatian Publik pada Perlindungan HKI. Joutica, 9(1), 27–33. https://doi.org/10.30736/informatika.v9i1.1166

Issue

Section

editorial