Implementasi Virtual Tour Menggunakan Panorama Sebagai Media Promosi Smk Barunawati Surabaya

Authors

  • Arrasyid Barokallah Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Sugiono Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30736/informatika.v9i2.1293

Keywords:

Virtual Tour, 3DVista, Panorama, SMK Barunawati Surabaya, System Development Life Cycle SDLC

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengimplementasikan aplikasi tur virtual menggunakan panorama sebagai media promosi untuk SMK Barunawati Surabaya. Tujuan utamanya adalah meningkatkan pemahaman dan daya tarik calon siswa serta masyarakat terhadap fasilitas dan lingkungan sekolah. Tujuan dari aplikasi ini adalah untuk meningkatkan daya tarik visual dan interaktivitas dengan memanfaatkan perangkat lunak  3DVista.  

Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini mengikuti System Development Life Cycle (SDLC), yang meliputi fase-fase seperti perencanaan, analisis, desain, dan implementasi.   Pengujian dilakukan pada tahap Alfa dengan metode blackbox untuk menguji fungsionalitas aplikasi, dan pada tahap Beta dengan kuesioner yang dianalisis menggunakan skala Likert untuk mengevaluasi kegunaan aplikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi Virtual Tour SMK Barunawati Surabaya berfungsi sesuai dengan tujuannya dan dapat dimanfaatkan sebagai alat promosi untuk memperkenalkan lingkungan SMK Barunawati Surabaya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

“4 Erin Ariandis Baura-110216064,” vol. 13, no. 3, 2018.

Y. Anggara and G. M. Zamroni, “Virtual Reality Tour Menggunakan Metode Gambar Panorama 360° Sebagai Media Informasi dan Pengenalan Gedung Perkuliahan Kampus 4 Universitas Ahmad Dahlan,” JSTIE (Jurnal Sarj. Tek. Inform., vol. 9, no. 1, Mar. 2021, doi: 10.12928/jstie.v1i1.19045.

A. Z. Z. Falani, H. H. A. S. Ramadan, and E. S. Setiawan, “Implementasi Sistem Virtual Tour Berbasis E-Panorama Untuk Pengenalan Kampus Universitas Narotama Surabaya,” Insand Comtech: Information Science and Computer Technology Journal, vol. 1, no. 1, 2016, Accessed: Jan. 08, 2024. [Online]. Available: http://ejournal.unira.ac.id/index.php/insand_comtech/article/view/101

A. Fauzan, Z. Maisat Eka, Z. Fairozal Akbar, and K. Fathoni, “Pengembangan Aplikasi Virtual Tour sebagai Media Pengenalan Lingkungan Kampus PENS berbasis Website,” j. teknologi terpadu, vol. 7, no. 1, pp. 23–30, Jul. 2021, doi: 10.54914/jtt.v7i1.341.

M. Syani and F. Rahman, “VIRTUAL TOUR INTERAKTIF PANORAMA 360° BERBASIS WEB DI POLITEKNIK TEDC BANDUNG STUDI KASUS PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA,” vol. 11, no. 1, 2017.

F. R. Daud, V. Tulenan, and X. B. Najoan, “Virtual Tour Panorama 360 Derajat Kampus Universitas Sam Ratulangi Manado,” Jurnal Teknik Informatika, vol. 8, no. 1, 2016, Accessed: Jan. 08, 2024. [Online]. Available: https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/informatika/article/view/13173

Y. Firmansyah and J. Jamilah, “Implementasi Sdlc Waterfall Dalam Pembuatan Game Edukasi Perjuangan Indonesia” Hisotira” Menggunakan Rpg Maker Mv Berbasis Android,” Jurnal Khatulistiwa Informatika, vol. 6, no. 2, 2018, Accessed: Jul. 03, 2024. [Online]. Available: https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/khatulistiwa/article/viewFile/5735/3254

M. R. Setiawan, M. A. Gustalika, and M. L. L. Usman, “IMPLEMENTATION OF VIRTUAL TOUR USING IMAGE STITCHING AS AN INTRODUCTION MEDIA OF SMPN 1 KARANGKOBAR TO NEW STUDENTS,” Jurnal Teknik Informatika (Jutif), vol. 4, no. 5, pp. 1089–1098, 2023.

S. Wulandari, “Rancang Bangun Sistem Informasi Budgeting Ormawa (Organisasi Mahasiswa) Universitas Muhammadiyah Semarang Berbasis Web,” Media Elektrika, vol. 13, no. 1, pp. 43–53, 2020.

S. Masripah and L. Ramayanti, “PENERAPAN PENGUJIAN ALPHA DAN BETA PADA APLIKASI PENERIMAAN SISWA BARU,” SWABUMI, vol. 8, no. 1, pp. 100–105, Mar. 2020, doi: 10.31294/swabumi.v8i1.7448.

D. Satrio and A. Muhardono, “Pengembangan Pemasaran Pariwisata ‘Visit Batang Heaven Of Asia’ Melalui Virtual Tour,” RISTEK: Jurnal Riset, Inovasi dan Teknologi Kabupaten Batang, vol. 4, no. 1, pp. 18–27, 2019.

S. Kasma, R. Rusmala, and S. Siaulhak, “Pengembangan Aplikasi Virtual Tour 360 derajad sebagai Media Informasi Destinasi Wisata Toraja Utara,” BANDWIDTH: Journal of Informatics and Computer Engineering, vol. 1, no. 2, pp. 90–98, 2023.

Y. E. Testiono, “Pembuatan Aplikasi Creative Advertisement Pesantren Ibnunafis menggunakan Virtual Reality Berbasis Android,” Universitas Gunadarma. Depok, 2018, Accessed: Jul. 03, 2024. [Online]. Available: https://www.academia.edu/download/37383267/Jurnal.pdf

A. Choiron, “Aplikasi Virtual Tour Dinamis Pada Universitas Dr. Soetomo Surabaya Berbasis Web,” An International Journal on Information and Communication Technology, vol. 2, no. 1, 2017, Accessed: Jan. 08, 2024. [Online]. Available: https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/inform/article/view/406

A. Wantoro and A. Nurmansyah, “Penerapan augmented reality (AR) dengan kombinasi teknik marker untuk visualisasi model rumah pada perum pramuka garden residence,” Jurnal Teknoinfo, vol. 14, no. 2, pp. 95–98, 2020.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2024-09-05

How to Cite

Barokallah, A., & Sugiono. (2024). Implementasi Virtual Tour Menggunakan Panorama Sebagai Media Promosi Smk Barunawati Surabaya. Joutica, 9(2), 162–174. https://doi.org/10.30736/informatika.v9i2.1293

Issue

Section

editorial