MEDIA PEMBELAJARAN RAWAT TANAMAN HIDROPONIK BERBASIS MOBILE ANDROID

Authors

  • taufik - kurnialensya STEKOM

DOI:

https://doi.org/10.30736/jti.v4i2.278

Abstract

Perkembangan teknologi berbasis mobile android sangat berpengaruh didalam kehidupan manusia. Teknologi mobile android sudah banyak digunakan manfaatnya dalam berbagai bidang, salah satunya pemanfaatannya didalam bidang pertanian yaitu sebagai media pembelajaran rawat tanaman hidroponik. Didalam media pembelajaran rawat tanaman hidroponik berbasis mobile android memiliki banyak manfaatnya, salah satunya menjadikan pemakai menjadi mandiri dalam rawat tanaman hidroponik. Media pembelajaran rawat tanaman hidroponik didalamnya terdapat paparan-paparan materi tentang rawat tanaman hidroponik, pengenalan terhadap jenis tanaman, penanganan penyakit dan hama, dan kuis yang berisikan tentang materi-materi berkaitan dengan rawat tanaman hidroponik. Dari hasil penelitian ini adalah menghasilkan aplikasi media pembelajaran rawat tanaman hidroponik berbasis mobile android yang lebih friendly untuk pemula dalam belajar bertanam tanaman hidroponik. Dari hasil kuisioner yang telah dilakukan mendapat nilai aspek rekayasa perangkat lunak sebesar 82%, berkaitan dengan aspek desain pembelajaran sebesar 80%, berkaitan aspek komunikasi visual sebesar 82%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Wibowo, H. Supriyadi, Dedih. 2017. Jurnal Ilmu Komputer dan teknologi Informasi Vol 2 No.1 : E-Learning Bercocok Tanam Hidroponik Dengan Metode Asynchronous Learning dan dynamic Intellectual Learning Berbasis Web. (online), (http://journal.ubpkarawang.ac.id/index.php/TeknikInformatikaSistemInfor/article/view/215, diakses 5 Januari 2018)

Suhardiyanto, H. 2002. Teknologi Hidroponik. Modul Pelatihan Aplikasi Teknologi Hidroponik untuk Pengembangan Agribisnis Perkotaan. Bogor: CREATA-IPB dan Depdiknas.

Susilana, R., & Riyana, C. (2008). Media Pembelajaran. Bandung: CV.Wacana Prima.

Alwi, H. (2003). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Daryanto. (1993). Media Visual Untuk Pengajaran Teknik. Bandung: Tarsito.

Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

PlumX Metrics

Published

2019-09-30

How to Cite

kurnialensya, taufik .-. (2019). MEDIA PEMBELAJARAN RAWAT TANAMAN HIDROPONIK BERBASIS MOBILE ANDROID. Joutica, 4(2), 272–280. https://doi.org/10.30736/jti.v4i2.278

Issue

Section

Jouticla Jurnal Teknik Informatika