APLIKASI PENDETEKSI KUALITAS AIR MENGGUNAKAN TURBIDITY SENSOR DAN ARDUINO BERBASIS WEB MOBILE

Authors

  • Agustian Noor Politeknik Negeri Tanah Laut

DOI:

https://doi.org/10.30736/jti.v5i1.329

Keywords:

Air, Turbidity Sensor, Arduino, Web Mobile

Abstract

Air merupakan salah satu unsur penting yang menjadi kebutuhan utama bagi makhluk hidup, terutama air yang hegienis dan memiliki kualitas yang baik. Kabupaten Tanah Laut, sumber air bersih dipasok dari Perusahan Daearah Air Minum (PDAM). Air diambil dari sungai atau menggunakan air permukaan yang tingkat kebersihan airnya tergantung pada keadaan air sungai. Berdasarkan survei yang telah dilakukan, operator PDAM mendeteksi kekeruhan dan keasaman pada instalasi pengolahan air dengan menggunakan PH meter dan turbidity meter, dimana pencatatan nilai perubahan kekeruhan dan tingkat keasaman air dilakukan secara manual, yaitu dengan mengambil dan menguji sampel secara berulang setiap 2 jam sekali. Dalam hal ini, pendeteksian air dapat digantikan dengan menggunakan aplikasi pendeteksi kualitas air menggunakan turbidity sensor dan arduino berbasis web mobile. Aplikasi ini dapat mengambil data PH dan NTU melalui arduino kemudian dikirimkan ke sistem yang dapat diakses melalui komputer maupun smartphone. Apabila PH air terdeteksi normal dan jernih, maka secara otomatis saklar akan mengalirkan air ke bak instalasi pengolahan air (IPA), namun jika PH air terdeteksi tidak normal dan sangat keruh, maka secara otomatis saklar akan mengalirkan air ke bak pembuangan dan saklar PH air normal dan jernih akan tertutup.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Agustian Noor, Politeknik Negeri Tanah Laut

Teknik Informatika Sebagai Dosen Asisten Ahli

References

Rakhman, Z. and Ashari, M.I., 2012. Perancangan dan Pembuatan Sistem Proteksi Kebocoran Air Pada Pelanggan PDAM Dengan Menggunakan Selenoid Valve dan Water Pressure Switch Berbasis ATMEGA 8535. Jurnal Elektro ELTEK, 3.

Abdurahman, H. and Riswaya, A.R., 2014. Aplikasi Pinjaman Pembayaran Secara Kredit Pada Bank Yudha Bhakti. Jurnal Computech & Bisnis, 8, pp.61-69.

Surahman, S., 2017. Pembangunan Aplikasi Mobile Driver Online Berbasis Android (Studi Kasus PT. Tunas Jaya Persada).

Wadu, R.A., Ada, Y.S.B. and Panggalo, I.U., 2017. Rancang Bangun Sistem Sirkulasi Air Pada Akuarium/Bak Ikan Air Tawar Berdasarkan Kekeruhan Air Secara Otomatis. Jurnal Ilmiah Flash, 31, pp.1-10.

Kadir, A., 2016, Simulasi Arduino. Jakarta: ELEX MEDIA KOMPUTINDO.

Adriansyah, A. and Hidyatama, O., Rancang Bangun Prototipe Elevator Menggunakan Microcontroller Arduino Atmega 328p. Jurnal Teknologi Elektro, 3.

PlumX Metrics

Published

2020-03-31

How to Cite

Noor, A. (2020). APLIKASI PENDETEKSI KUALITAS AIR MENGGUNAKAN TURBIDITY SENSOR DAN ARDUINO BERBASIS WEB MOBILE. Joutica, 5(1), 316–320. https://doi.org/10.30736/jti.v5i1.329

Issue

Section

Jouticla Jurnal Teknik Informatika

Most read articles by the same author(s)