IMPLEMENTASI SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK MEMPREDIKSI HASIL PRODUKSI TANAMAN JAGUNG MENGGUNAKAN TEOREMA BAYES

Authors

  • Sisilia Daeng Bakka Mau Universitas Katolik Widya Mandira
  • Frengky Tedy Universitas Katolik Widya Mandira
  • Patrisius Batarius Universitas Katolik Widya Mandira
  • Emerensiana Ngaga Universitas Katolik Widya Mandira

DOI:

https://doi.org/10.30736/jti.v5i1.332

Keywords:

sistem pendukung keputusan, prediksi hasil produksi jagung, teorema bayes

Abstract

Tanaman jagung (Zea mays L.) di Indonesia terutama di Provinsi Nusa Tenggara Timur merupakan salah satu komoditi utama dari hasil pertanian dan menjadi makanan pokok utama yang dikonsumsi setiap hari oleh masyarakat Timor. Biji jagung sebagai salah satu sumber karbohidrat dan protein dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan. Bertambahnya jumlah konsumsi masyarakat NTT terhadap pangan jagung menyebabkan terjadinya peningkatan permintaan akan tanaman pangan jagung. Dengan demikian maka perlu dilakukan peningkatan produktivitas tanaman jagung sehingga dapat memenuhi permintaan masyarakat akan tanaman jagung seperti penggunaan varietas unggul, pemupukan dan pengaturan jarak tanam. Selain cara tersebut, juga dapat dilakukan melalui sistem tanam secara tumpangsari, karena dapat memelihara kelembaban dan kadar air tanah serta mengurangi erosi dan meningkatkan kesuburan tanah. Tujuan penelitian ini adalah menerapkan berbagai faktor yang digunakan dalam proses sistem tanam tumpangsari yaitu curah hujan, suhu, kelembapan, jarak tanam, dan tata letak tanam untuk meningkatkan produtivitas tanaman jagung. Metode yang digunakan untuk mengukur tingkat akurasi prediksi hasil produksi tanaman jagung menggunakan teorema bayes. Hasil penelitian ini berupa sebuah aplikasi sistem pendukung keputusan yang dapat membantu dan mempermudah petani untuk meningkatkan hasil produksi tanaman jagung. Kata Kunci : sistem pendukung keputusan, prediksi hasil produksi jagung, teorema bayes

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abi, D. 2013. Pengaruh Frekuensi Pupuk Organik Cair Pada Tumpangsari Jagung (zea mays,L) Dengan Beberapa Varietas Kacang Hijau (vigna radiata,L), Skripsi tidak diterbitkan. Universitas Timor Kefamenanu.

Adikara, R. M .A. ,et al. 2018. Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Varietas Unggul Jagung Hibrida Menggunakan Metode AHP-SMART. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, Vol.2.No.8.

Badan Pusat Statistik Kabupaten Timor Tengah Selatan, 2019, (http://timortengahselatankab.bps.go.id diakses 14 Mei 2019)

Kusumadewi, S. 2003. Atificial Intelligence (Teknik dan Aplikasinya), Yogyakarta : Graha.

Rahayu,N.P., et al. 2018. Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Tanaman Pangan Berdasarkan Kondisi Tanah Menggunakan Metode Electre dan Topsis. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, Vol.2.No.10.

Supriana, I. W. 2016. Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Dalam Penentuan Penggunaan Pupuk Kimia Pada Tanaman Jagung Menggunakan Metode AHP. Jurnal Teknologi Informasi dan Komputer, Vol.2, No.1.

Supriono, B. 2017. Implementasi Metode Bayes Dalam Penentuan Varietas Jagung Berbasis Web. Jurnal Simki_Techsain, Vol.01,No.06.

Yahdin, S., et al. 2008. Aplikasi Pengambilan Keputusan Pada Perencanaan Produk Berdasarkan Teorema Bayes, Media Informatika, Vol.6, No.1.

PlumX Metrics

Published

2020-03-31

How to Cite

Mau, S. D. B., Tedy, F., Batarius, P., & Ngaga, E. (2020). IMPLEMENTASI SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK MEMPREDIKSI HASIL PRODUKSI TANAMAN JAGUNG MENGGUNAKAN TEOREMA BAYES. Joutica, 5(1), 321–325. https://doi.org/10.30736/jti.v5i1.332

Issue

Section

Jouticla Jurnal Teknik Informatika