PENERAPAN METODE K-MEANS CLUSTERING DALAM PEMETAAN DOSEN TEKNIK KELISTRIKAN KAPAL PPNS

Authors

  • Farizi Rachman Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya
  • Deni Oktavina Radiant Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya
  • Ika Erawati Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya
  • Afif Zuhri Arfianto Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30736/jti.v5i1.412

Keywords:

EPD, Pembelajaran, K-Means

Abstract

Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya (PPNS) merupakan Perguruan Tinggi pendidikan vokasi yang bergerak di bidang perkapalan dan teknologi. Salah satu faktor pendukung tercapainya Visi PPNS untuk menjadi Politeknik Unggul Bereputasi Global di bidang Maritim dan penunjangnya adalah reputasi dan kualitas proses pembelajaran yang baik. Hal ini mendorong PPNS untuk membangun mekanisme pengelolaan pembelajaran dalam pola pikir sistem. Untuk mendukung program pendidikan yang ada di PPNS, Kompetensi dosen sangat diperlukan dalam proses pendidikan. Oleh karena itu, diperlukan data pendukung salah satunya yaitu melalui kepuasan mahasiswa terhadap kinerja dosen, khususnya dalam proses pendidikan dan pengajaran. Pengolahan data tersebut dapat dilakukan dengan metode algorima K-Means. Berdasarkan hasil cluster Dengan K-Means didapatkan empat kelompok. Cluster pertama, adalah kelompok dosen dengan nilai Pedagogik, profesional, kepribadian, dan sosial paling rendah dengan rata-rata EPD 2,38, cluster kedua memiliki EPD dengan rata-rata 3,04, cluster ketiga memiliki EPD dengan rata-rata 3,31, dan cluster keempat memiliki rata-rata EPD tertinggi mencapai 3,55.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Afif Zuhri Arfianto, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya

ID Scopus : 57202970331

References

Tim Borang Pengelola PPNS. (2017). Borang Pengelola Akreditasi. Surabaya: PPNS.

Tim Renstra. (2015). Rencana Strategis PPNS 2015-2019. Surabaya: PPNS.

Tim Monev Pembelajaran PPNS. (2017). Pedoman Monev Pembelajaraan PPNS 2017. Surabaya: PPNS.

Sugiharti, E., & Muslim, M. A., (2016), On-line Clustering of Lecturers Performance of Computer Science Department of Semarang State University Using K-Means Algorithm, Journal of Theoretical and Applied Information Technology, 83(1).

Nurzahputra, A., Muslim, M. A., Khusniati, M., (2017), Application of K-Means Algorithm for Clustering Lecturer Based On Assessment of Student Satisfaction Index, Journal of Theoretical and Applied Information Technology, Vol.16., No.1.

Purwanto.M.H. (2010). Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., Anderson, R. E. (2010). “Multivariate Data Analysisâ€. Seventh Edition.

Johnson, R.A. dan Wichern, D.W. (2007). Applied Multivariate Statistical Analysis,6thed. Prentice Hall International Inc.

Agusta, Y. (2007). “K-Means Penerapan, Permasalahan dan Metode Terkait. Jurnal Sistem dan Informatikaâ€. Vol.3: 47-60.

PlumX Metrics

Published

2020-03-31

How to Cite

Rachman, F., Radiant, D. O., Erawati, I., & Arfianto, A. Z. (2020). PENERAPAN METODE K-MEANS CLUSTERING DALAM PEMETAAN DOSEN TEKNIK KELISTRIKAN KAPAL PPNS. Joutica, 5(1), 310–315. https://doi.org/10.30736/jti.v5i1.412

Issue

Section

Jouticla Jurnal Teknik Informatika

Most read articles by the same author(s)