PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PELAKSANAAN DAN PENGAWASAN PEKERJAAN KONSTRUKSI GEDUNG (P3KG) MOBILE LEARNING BERBASIS ANDROID PADA PESERTA DIDIK KELAS XII BISNIS KONSTRUKSI DAN PROPERTI DI SMK NEGERI 1 SINGOSARI

Authors

  • Mohammad Musthofa Al Ansyorie Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.30736/jti.v6i1.516

Keywords:

R&D, Android, Aplikasi Android, Mobile Learning, P3KG

Abstract

Bedasarkan pengalaman Penulis pada saat menempuh Kajian dan Praktik Lapangan (KPL) di SMK terdapat bahwa peserta didik kurang memahami konsep materi maupun konsep praktikum yang disampaikan oleh Mahasiswa KPL maupun Guru Pamong pada saat kegiatan belajar berlangsung. Selain itu, ketergantungan peserta didik pada smartphone sangat banyak. Namun, penggunaan pada jenjang tersebut lebih cenderung digunakan untuk Hiburan yang dapat menghambat proses pembelajaran peserta didik pada saat sekolah maupun pada saat diluar sekolah. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan Produk Media Pembelajaran Pelaksanaan dan Pengawasan Pekerjaan Konstruksi Gedung (P3KG) Berbasis Mobile Learning untuk Platform Android di SMK Negeri 1 Singosari. Penelitian ini mengunakan metode R & D yang sudah dimodifikasi oleh penulis. Langkah-lahngah penelitian dan pengembangan ini meliputi, analisis kebutuhan dan pengumpulan data, desain produk, Validasi, Revisi Produk Awal, Pengujian Produk, Produk Jadi. Subjek Penelitian ini adalah siswa kelas XII SMK Negeri 1 Singosari yang berjumlah 34 siswa, ahli materi dari satu Dosen Teknik Sipil Universitas Negeri Malang dan ahli media dari satu Dosen Teknik Sipil Universitas Negeri Malang. Hasil yang diperoleh dari penelitian pengembangan ini adalah media pembelajaran berbasis android pada mata pelajaran Pelaksanaan dan Pengawasan Pekerjaan Konstruksi dan Gedung dengan spesifikasi berisi (1) Halaman Pengantar Aplikasi, (2) Main Menu, (3) Kompetensi, (4) Materi, (5) Video Pembelajaran, (6) Latihan Soal, (7) Panduan Penggunaan, (8) Profil Pengembang. Hasil penelitian untuk uji kelayakan menunjukkan bahwa Pengembangan Media Pembelajaran Pelaksanaan Dan Pengawasan Pekerjaan Konstruksi Gedung (P3KG) Mobile Learning Berbasis Android Pada Peserta Didik Kelas XII Bisnis Konstruksi Dan Properti Di Smk Negeri 1 Singosari ini termasuk dalam klasifikasi cukup valid dan dapat disebarkan.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Mohammad Musthofa Al Ansyorie, Universitas Negeri Malang

Jurusan Teknik Sipil

References

Aziz, M. M., & Guntara, R. G. 2019. “Pembangunan Aplikasi M-Delivery Di Pt Pos Indonesia (Persero) Wilayah Bandung Berbasis Android†Doctoral dissertation, Universitas Komputer Indonesia.

Cahyani, V. D. (2020). Perancangan Aplikasi Penerimaan Peserta Didik Baru (Ppdb) Pada Smk Yaditama Sidomulyo Berbasis Web. Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak, 1(1), 120-126.

Dhir, Rajeev. 2019. “Interactive Media, How Does Interactive Media Work?â€. (Online), (https://www.investopedia.com/terms/i/interactive-media.asp). Diakses 12 Februari 2020

EkaLegya. 2018. “Pengembangan Dan Analisis Media Pembelajaran Perakitan Komputer Berbasis Augmented Reality Untuk Platform Android Di Smk Ypkk 1 Slemanâ€. (Online), (https://eprints.uny.ac.id/29187/) , diakses 11 November 2020

Giannakos, M. N., Sampson, D. G., & KidziÅ„ski, Å. (2016). Introduction to smart learning analytics: foundations and developments in video-based learning. Smart Learning Environments, 3(1), 1-9.

Haider, dkk. 2018. “Pengembangan Aplikasi Modul Pembelajaran Desain Grafis Berbasis Androidâ€. (Online), (https://ojs.unm.ac.id/mediaTIK/article/view/8279) , diakses 11 November 2020

Husna, 2018. Validitas Pengembangan Aplikasi Promosi Produkusaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (Umkm) Kota Bukittinggi. (Online), (http://jurnatik.amikroyal.ac.id/index.php/amikroyal/article/view/81/63). Diakses pada 11 November 2020

Imam, Azhari. 2012. Proses Pemodelan Software Dengan Metode Waterfall Dan Extreme Programming: Studi Perbandingan. (Online), (http://jurnal.stmikelrahma.ac.id/assets/file/Imam%20Fahrurrozi,%20Azhari%20SN_stmikelrahma.pdf). Diakses pada 1 Maret 2020

Irmanto. 2018. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Unity 3d untuk Platform Android Pada Pembelajaran Gambarteknik Kelas X Di Smk Nasional Berbahâ€. (Online), (http://eprints.uny.ac.id/60502/1/Naskah%20Tas%20Irmanto.pdf) , diakses 8 Februari 2020

Kominfo. 2017. “Survey penggunaan TIK serta implikasinya terhadap Aspek Sosial Budaya Masyarakatâ€. (Online), (https://balitbangsdm.kominfo.go.id/?mod=publikasi&a=dl&page_id=360&cid=9&download_id=187), diakses 8 Februari 2020

Lailela, S. N., & Kusumadiarti, R. S. (2018). Pengukuran Kualitas Perangkat Lunak Aplikasi Sisfo_Nilai Di Politeknik Piksi Ganesha Berdasarkan ISO 9126. Jurnal E-Komtek (Elektro-Komputer-Teknik), 2(2), 84 - 100. https://doi.org/10.37339/e-komtek.v2i2.96

Mulyati, 2013. “Peningkatan Kemampuan Pemahaman Dan Representasi Matematis Siswa Sma Melalui Strategi Preview-Question-Read-Reflect-Recite-Review: Kuasi Eksperimen Pada Siswa Sma Di Kabupaten Indramayuâ€. Universitas Pendidikan Indonesia.

Nadeak, B., & Naibaho, L. (2020). Video-Based Learning on Improving Students’ Learning Output. PalArch's Journal of Archaeology of Egypt/Egyptology, 17(2), 44-54.

Noviani, N., Herdiansyah, M. I., & Diana, D. (2020). Analisis Kualitas Perangkat Lunak Penilaian Kurikulum 2013 Menggunakan Standar ISO/IEC 9126-1: 2001. Jurnal Pengembangan Sistem Informasi dan Informatika, 1(1), 34-49.

Nurseto, Seto. 2011. “Membuat Media Pembelajaran yang Menarikâ€. (Online), (https://journal.uny.ac.id/index.php/jep/article/view/706/570). Diakses pada 16 Februari 2020

Oka, Gde, 2017. Media dan Multimedia Pembelajaran. Edisi.1, Cetakan 1. Yogyakarta : Deepublish,

Prasasti, I. H., Nanda, A. P., Isnandar, S., & Pramono, D. E. H. Pengembangan Aplikasi E-Learning Pada Smk Pelita Bangun Rejo.

Putri, Nia, 2018. Media Pembelajaran Bahasa, Aplikasi Teori Belajar dan Strategi Pengoptimalan Pembelajaran. Malang: UB Press

Reiser, Gagne, 1983. “Selecting Media for Instructionâ€. New Jersey: Educational Technology Publications, Inc.,

Risna, Hanifah. 2017. “Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Smp Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar†Karawang: Universitas Singaperbangsa.

Saputro, Budiyono. 2017. Manajemen Penelitianpengembangan( Research & Development )Bagi Penyusun Tesis Dan Disertasi.Yogyakarta : Aswaja Pressindo

Saroh, Siti, 2019. Tutorial Membuat Media Pembelajaran 4.0. Cetakan Pertama. Surabaya: CV Pustaka MediaGuru

Sugiyono. (2014). Metode penelitian pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sukoco, Agus. 2010. Penggunaan Standard ISO 9126 Untuk Mengevaluasi Keefektifan Perangkat Lunak. (Online), (http://jurnal.ubl.ac.id/index.php/explore/article/view/336). Diakses pada 1 Maret 2020

Susilana, Rudi, dan Riyana, Cepi. 2009. Media Pembelajaran: Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan dan Penilaian. Bandung: CV. Wacana Prima.

Traxler, John, Kukulska-Hulme. 2005. “Evaluating Mobile Learning: Reflections on Current Practiceâ€. (Online), (http://oro.open.ac.uk/12819/1/mlearn05_Traxler%26Kukulska Hulme.pdf), diakses 9 Februari 2020

Undang Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 bab 12 pasal 45 ayat 1. (Online), (http://hukum.unsrat.ac.id/uu/uu_20_03.htm), diakses 7 Februari 2020.

Universitas Negeri Malang. 2017. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah: Skripsi, Disertasi, Artikel, Makalah, Tugas Akhir, Laporan Penelitian. Malang: Universitas Negeri Malang.

PlumX Metrics

Published

2021-03-31

How to Cite

Al Ansyorie, M. M. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PELAKSANAAN DAN PENGAWASAN PEKERJAAN KONSTRUKSI GEDUNG (P3KG) MOBILE LEARNING BERBASIS ANDROID PADA PESERTA DIDIK KELAS XII BISNIS KONSTRUKSI DAN PROPERTI DI SMK NEGERI 1 SINGOSARI. Joutica, 6(1), 417–422. https://doi.org/10.30736/jti.v6i1.516

Issue

Section

Jouticla Jurnal Teknik Informatika