PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN SOFTWARE LECTORA UNTUK MATAKULIAH WORKSHOP DAN FINISHING KAYU
DOI:
https://doi.org/10.30736/jti.v6i1.515Keywords:
pengembangan, media pembelajaran, lectora, finishing kayuAbstract
Perkembangan era revolusi industri 4.0 saat ini sangat terasa, termasuk dalam bidang pendidikan. Seperti yang diutarakan oleh Ibrahim (2018) yang menyatakan banyak aspek yang dapat mengubah cara berpikir manusia di era digital, karakteristik yang muncul di dunia digital abad 21 antara lain civitas akademika harus selalu menjelajah jejak teknologi, berbagi dalam menciptakan ide dan ilmu yang akan dibuat, berinteraksi serta berkolaborasi dalam hal sosial dengan memandang berbagai aspek yang akan diterapkan. Salah satu alat bantu dalam pengembangan media pembelajaran yang dapat memnuhi kriteria tersebut adalah Lectora. Penyelesaian masalah dalam penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan media menurut Borg dan Gall dalam Sugiyono (2010:409) dengan memodifikasi sesuai dengan keperluan penelitian ini. Modifikasi yang dimaksud dalam hal ini adalah tahapan dalam pengembangan media pembelajaran yang meliputi: (1) penelitian dan pengumpulan informasi awal; (2) perencanaan media; (3) pengembangan produk awal; (4) validasi ahli; (5) analisa dan revisi produk akhir. Berdasarkan hasil uji validasi media secara keseluruhan menunjukkan hasil sangat valid dengan nilai prosentase 88,5% dan untuk uji validasi materi yaitu terkategorikan sangat valid dengan prosentase 85,0%.Downloads
References
Arsyad, 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Heinich, Molenda dan Rusell, 1982. Instructional Media and The New Technologies of Intruction.New York: John Wiley & Sons.
Ibrahim, Said Maulana. 2018. Tantangan Pendidikan Era Revolusi Industri 4.0. https://um.ac.id/content/page/2/2018/11/tantangan-pendidikan-erarevolusi-industri-4-0.
Ibrahim. (2014). Klasifikasi dan Karakteristik Media Pembelajaran. Diakses tanggal 6 Juni 2020.
M. Faris Islami. (2018). “Tinjauan Kelayakan Ruang, Peralatan, dan Kondisi Fasilitas Bengkel Program Keahlian Konstruksi Kayu di SMK Negeri 2 Lubuk Basungâ€. CIVED ISSN:2302-3411 (Vol. 5., No. 3).
Mas’ud Muhammad, Membuat Multimedia Pembelajaran dengan Lectora, Yogyakarta: Shonif, 2012.
Nurani. (2003). Modul Strategi Pembelajaran, Jakarta: Universitas Terbuka.
Omodara O.D. dan Adu E.I. Relevance of Educational Media and Multimedia Technology for Effective Service Delivery in Teaching and Learning Processes. IOSR Journal of Research & Method in Education (IOSR- JRME). Volume 4, Issue 2 Ver. I (Mar-Apr. 2014), PP 48-51.
Permendiknas Nomor 40 tahun 2008, Aturan Mengenai Standar Sarana dan Prasarana yang arus Dipenuhi Pada Setiap Jurusan yang Ada pada Lembaga Pendidikan SMK/MAK secara umum.
Purwanti, Puput. (2018). 10 Kriteria dalam menentukan media pembelajaran yang tepat. Artikel. www.pakarkomunikasi.com. Diakses 8 Juni 2020.
Purwono. Joni, dkk. (2014). Penggunaan Media Audio-Visual Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pacitan. Dalam Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 2, No. 2: 127
Pusat Bahasa Indonesia. (2001). Kamus Besar Bahasa Indonesia, edisi ke-3. Jakarta: Balai Pustaka.
Rosmayanti, H.P. (2010). Mengenal Ilmu Komunikasi. Bandung: Widya Padjajaran.
Sadiman dkk, 1996. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. (2010). Metode penelitian pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Sumberharjo Putra, dkk. (2015). Media Pembelajaran Pengenalan Huruf dan Angka Di Taman Kanak-Kanak Tunas. Dalam Journal Speed –Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi – Volume 7 No. 3.24
Suprayekti, Anggreini Dwi. (2017). Pelaksanaan Program Workshop “Belajar Efektif†untuk orang tua. Universitas Negeri Jakarta.
Willy, Deny. 2005. Pengantar Praktik Bengkel Mebel. Institut Teknologi Bandung
Wiyono, K. (2015). Pengembangan Multimedia Interaktif Pembelajaran Teori Kinetik Gas Berbantuan Lectora Inspire untuk Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA). Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika, 2(2), 211-219.
Zuhri, M. S., & Rizaleni, E. A. (2016). Pengembangan Media Lectora Inspire dengan Pendekatan Konstektual pada Siswa SMA Kelas X. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika, 5(2), 113-119.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Joutica : Journal of Informatic Unisla is licensed under an Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license. You are free to:
- Share copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially. This license is acceptable for Free Cultural Works.
The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.
- Attribution You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
- Share Alike If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.
- No additional restrictions You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.
Copyright
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under an Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Joutica : Journal of Informatic Unisla by Universitas Islam Lamongan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://jurnalteknik.unisla.ac.id/index.php/elektronika/index