PERANCANGAN DAN PEMBUATAN APLIKASI UNTUK MENDETEKSI KEMIRIPAN JAWABAN MENGGUNAKAN COSINE SIMILARITY

Nurlaily Vendyansyah, Yosep Agus Pranoto

Sari


Proses pendidikan pada dasarnya adalah melakukan transfer ilmu pengetahuan dari seorang guru kepada murid. Untuk mengetahui seberapa besar keberhasilan pada proses pendidikan, maka dilakukan sebuah evaluasi berupa ujian. Ujian yang diberikan oleh seorang Guru salah satunya adalah dengan memberikan soal essay. Seiring dengan banyaknya jawaban soal essay yang harus diperiksa oleh seorang guru, dapat menyebabkan kualitas penilaian menurun bahkan cenderung tidak objektif lagi.  Hal ini menjadi sebuah permasalahan yang serius karena dapat merugikan siswa. Dalam teknologi informasi permalasahan ini dapat diseleseikan dengan metode analaisis kemiripan teks dengan menggunakan Metode Cosine Similarity[1][2][3][4][5][6]. Dalam penelitian ini menggunakan data latih dalam bidang ilmu biologi yaitu kingdom plantae yang diimplementasikan dalam ujian essay dalam bahasa indonesia dengan tata bahasa siswa masing-masing. Dalam pengujian komputasi sistem dibandingkan dengan hasil wawancara langsung dengan pakar guru. Hasil penelitian menunjukkan akurasi sistem adalah error sebesar 4%.


Kata Kunci


Cosine Similarity Ujian Essay Pembobotan Term Frequency

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


R. Fitri and A. N. Asyikin, "APLIKASI PENILAIAN UJIAN ESSAY OTOMATIS MENGGUNAKAN," Jurnal POROS TEKNIK, vol. VII, pp. 88-94, 2015.

B. R. Aditya, "Penggunaan Web Crawler Untuk Menghimpun Tweets dengan Metode Pre-Processing Text Mining," Jurnal Infotel Vol. 7 No. 2 November 2015, vol. VII, pp. 95-96, 2015.

F. Nurhuda, S. W. Sihwi and A. Doewes, "Analisis Sentimen Masyarakat terhadap Calon Presiden Indonesia 2014 berdasarkan Opini dari Twitter Menggunakan Metode Naive Bayes Classifier," JURNAL ITSMART ISSN : 2301–7201, vol. II, pp. 35- 42, 2013.

A. Kurniawan, F. Solihin and F. Hastarita, "PERANCANGAN DAN PEMBUATAN APLIKASI PENCARIAN INFORMASI BEASISWA DENGAN MENGGUNAKAN COSINE SIMILARITY," Jurnal Simantec, vol. IV, pp. 115-124, 2014.

o. V. Indriyono, E. Utami and A. Sunyoto, "Pemanfaatan Algoritma Porter Stemmer Untuk Bahasa Indonesia Dalam Proses Klasifikasi Jenis Buku," Jurnal Buana Informatika, vol. VI, pp. 301-309, 2015.

D. A. R. Ariantini, A. S. M. Lumenta and A. Jacobus, "PENGUKURAN KEMIRIPAN DOKUMEN TEKS BAHASA INDONESIA MENGGUNAKAN METODE COSINE SIMILARITY," E-Journal Teknik Informatika Volume 9, No 1 (2016), ISSN : 2301-8364, vol. IX, pp. 1-8, 2016.

W.Rizki Tri, P.Dhidik, and S.Eko,”Penerapan Algoritma Cosine Similarity dan Pembobotan TF-IDF pada Sistem Klasifikasi Dokumen Skripsi”, Jurnal Teknik Elektro Vol. 9 No. 1,pp.18-23, 2017.




DOI: https://doi.org/10.30736/jt.v13i1.536

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by4.footer##

Indexed By :