PEMBANGKIT TENAGA LISTRIK DENGAN MESIN GENERATOR BERBAHAN BIOGAS PADA MIKROKONTROLER ATMEGA 8535 DENGAN VB.NET

Authors

  • Kemal Farouq Mauladi Fakultas Teknik Program Studi Teknik Informatika

DOI:

https://doi.org/10.30736/teknika.v8i2.14

Keywords:

Sel Surya, Mikrokontroler, Visual Basic Net 2010

Abstract

Sumber energi listrik dengan bantuan mesin generator yang berbahan bakar dari kotoran hewan sapi yang sudah melalui tahapan proses fragmentasi dengan pemanfaatan suhu dan tegangan listrik dimana dari pada proses tersebut membutuhkan sebuah software dan aplikasi komputer sebagai pengotrol suhu dan tegangan arus listrik didalam satu ruangan. Mikrokontroler adalah suatu IC dimana terdapat mikroprosesor dan memori program read only memory (ROM) serta memory serba guna random access memory (RAM), bahkan ada beberapa jenis mikrokontroler yang memiliki fasilitas Digital to Analog Converter (ADC), PLL, dan Electrically Erasable and Programmable Read Only Memory (EEPROM) dalam satu kemasan. Pengggunaan mikrokontroler dalam bidang kontrol sangat luas dan popular. Proses mikrokontoler arus tegangan listrik yang berasal dari mesin generator akan diproses dengan bantuan software visual basic Net 2010 untuk menentukan berapa persen tegangan yang masuk dan suhu didalam ruangan tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Kemal Farouq Mauladi, Fakultas Teknik Program Studi Teknik Informatika

Dosen Fakultas Teknik Program Studi Teknik Informatika

References

Energi alternatif biogas, Firdaus, I, U. 2009 http://www.migas indonesia.com/index.php

Junindar, 2006, Panduan Lengkap Menjadi Programmer, PT.Elex Media Komputindo

NET Framework SDK documentation, Microsoft Corporation

Rancangan bangun pembangkit listrik tenaga biogas,Joko Purnomo, Laporan Tugas akhir, Universitas Sebelas Maret Surakarta, 2009.

Aplikasi Mikrokontroler atmega 8535 & Atmega 16 Menggunakan BascomAvr.Setiawan,Afrie.2011Yogyakarta: Penerbit Andi.

Rancang Bangun Penggerak dan Sensor Arus Pada Panel Sel Surya Berbasis Mikrokontroler ATMega 8535 Zulfi, Muhammad Muqarrabin. 2010. Semarang: Universitas Diponegoro.

PlumX Metrics

Published

2017-07-21

How to Cite

Mauladi, K. F. (2017). PEMBANGKIT TENAGA LISTRIK DENGAN MESIN GENERATOR BERBAHAN BIOGAS PADA MIKROKONTROLER ATMEGA 8535 DENGAN VB.NET. Jurnal Teknika, 8(2), 6 Halaman. https://doi.org/10.30736/teknika.v8i2.14

Issue

Section

Jurnal Teknika