Alat Pengendali Sistem Kelistrikan Sepeda Motor Menggunakan Smartphone Berbasis Mikrokontroler Atmega328

Authors

  • Suharijanto Suharijanto Teknik Elektro
  • Abdur Rohman Wakhid Teknik Elektro

DOI:

https://doi.org/10.30736/je.v2i1.35

Abstract

Pembuatan Alat Pengendali Sistem Kelistrikan Sepeda Motor menggunakan SmartPhone Berbasis Mikrokontroler ATmega328 adalah bertujuan membuat suatu alat pengendali sistem kelistrikan Sepeda Motor yang dapat mengendalikan sistem kelistrikan pada sepeda motor, dan dapat menjadi cadangan kunci motor dengan mudah, efesien, praktis dalam penggunaan untuk dapat meningkatkan kenyamanan dalam mengendalikan Sepeda Motor tanpa harus melalui Kunci Motor. Alat ini akan bekerja setelah perangkat bluetooth yang ada pada smartphone terhubung dengan modul bluetooth yang ada pada Alat Pengendali Sistem Kelistrikan Sepeda Motor Menggunakan SmartPhone. Metode yang digunakan dalam pembuatan Alat Pengendali Sistem Kelistrikan Sepeda Motor Menggunakan SmartPhone Berbais Mikrokontroler ini adalah tediri dari beberapa tahap yaitu Identifikasi Kebutuhan, Analisis Kebutuhan, Perancangan Perangkat Keras dan Perangkat Lunak, Pembuatan Alat, dan Pengujian Alat, Perangkat keras terdiri dari Sistem minimum ATmega328 sebagai pengendali utama, Smartphone android sebagai media pengendalian, Module bluetooth sebagai media penghubung. Berdasarkan hasil pengujian dapat disimpulkan bahwa Alat Pengendali Sistem Kelistrikan Sepeda Motor Menggunakan SmartPhone ini dapat bekerja sesuai dengan prinsip kerja yang dirancang.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Suharijanto Suharijanto, Teknik Elektro

Dosen Teknik Elektro Universitas Islam Lamongan

Abdur Rohman Wakhid, Teknik Elektro

Teknik Elektro Universitas Islam Lamongan

References

Atmel. Datasheet atmega48A / 48A/88A/16A/328/328P. Atmel corporation .

Eko Krisyanto, M Sarwoko 2012. Sistem Keamanan Kendaraan Bermotor Berbasis Jaringan Seluler Menggunakan Sinyal DTMFâ€. TELKOM University.

Muhamad Syahwil. 2013. Panduan Mudah Simulasi dan Praktek Mikrokontroler Arduinoâ€. Yogyakarta C.V Andi Offset.

Tim Skripsi, 2016, Pedoman Penulisan Skripsi, Fakultas Teknik Universitas Islam Lamongan.

http://www.blogspot.co.id

http://elektronika-dasar.web.id/teori-relay-elektro-mekanik/

http://www.motorspotku.com

http://www.geraicerdas.com

http://www.vcc2gnd.com

https://www.wordpress.com

http://www.wikipedia.com

PlumX Metrics

Published

28-08-2017

How to Cite

Suharijanto, S., & Wakhid, A. R. (2017). Alat Pengendali Sistem Kelistrikan Sepeda Motor Menggunakan Smartphone Berbasis Mikrokontroler Atmega328. JE-Unisla, 2(1). https://doi.org/10.30736/je.v2i1.35

Issue

Section

editorial elektro