Pengaplikasian Sistem IOT Pada Alat Penyiram Tanaman Otomatis Berbasis Arduino Nano

Authors

  • Mohammad Yusuf Ridwan Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Lela Nurpulaela Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Insani Abdi Bangsa Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.30736/je-unisla.v7i1.766

Keywords:

Bertani/berkebun, IOT (Internet of things), humidity soli sensor, Lihgt intensity Sensor.

Abstract

Tanaman merupakan makhluk hidup yang dapat tumbuh dan berkembang tergantung pada perawatan dan penyiramannya, pada umumnya penyiraman tanaman dilakukan dengan cara manual, akan tetapi petani tidak punya cukup waktu untuk menyiram tanaman serta kurang mengetahui berapa banyak air yang dibutuhkan oleh tanaman, seiring dengan berkembangnya zaman pemanfaatan teknologi otomatis sudah diterapkan dalam berbagai jenis kegiatan manusia oleh karena itu dibuatlah sistem penyiraman tanaman otomatis untuk mempermudah pekerjaan petani tanpa mengganggu akrivitas lainnya, alat penyiram otomatis dapat dikembangkan dengan memanfaatkan sistem IOT, pembuatan alat penyiram tanaman ini dapat memonitoring tanaman secara merata dan dapat mengatur penyiraman tanaman hanya menggunakan smartphone yang dapat dikoneksikan ke beberapa sistem di alat penyiram tanaman, sepertI kelembaban tanah (soil moisture sensor YL-39) guna memantau jumlah kadar air dan intensitas cahaya (ligt intensity sensor GY-302) guna mengontrol pencahayaan yang cukup pada tanaman, tombol on dan off di layar smartphone untuk menyalakan dan menghidupkan alat penyiraman tanpa harus datang secara langsung dan tanpa batasan jarak, sehingga petani dapat mengurangi pekerjaan dan mendapatkan waktu yang efesien.

Downloads

Download data is not yet available.

References

] Nabil Azzaky, Anang Widiantoro. (2020). Alat Penyiram Tanaman Otomatis Berbasis Arduino menggunakan Internet Of Things (IOT). J-Eltrik, Vol.2, No.2, November 2020.

Ardeana Galih Mardika, Rikie Kartadie. (2019). MENGATUR KELEMBABAN TANAH MENGGUNAKAN SENSOR KELEMBABAN TANAH YL-69 BERBASIS ARDUINO PADA MEDIA TANAM POHON GAHARU. JOEICT (Jurnal Of Education and Information Communication Technology) Volume 03, Nomor 02, Agustus 2019.

Ikwan,Yan Mitha Djaksana. (2020). PERANCANGAN SISTEM MONITORING DAN KONTROLING PENGGUNAAN DAYA LISTRIK BERBASIS ANDROID. JURSISTEKNI (Jurnal Sistem Informasi dan Teknologi Informasi) Vol 2, No.3, September 2020.

L. J. Moleong. (2018) Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2018

Ahmad Fatoni, Dhany Dwi Nugroho, Agus Irawan. (2015). RANCANG BANGUN ALAT PEMBELAJARAN MICROCONTROLLER BERBASIS ATMEGA 328 DI UNIVERSITAS SERANG RAYA. Jurnal PROSISKO Vol. 2 No. 1 Maret 2015.

(2018) The Blynkwebsite. [Online]. Available: http://docs.blynk.cc/

PlumX Metrics

Published

01-04-2022

How to Cite

Ridwan, M. Y., Nurpulaela, L., & Bangsa, I. A. (2022). Pengaplikasian Sistem IOT Pada Alat Penyiram Tanaman Otomatis Berbasis Arduino Nano. JE-Unisla, 7(1), 26–31. https://doi.org/10.30736/je-unisla.v7i1.766

Issue

Section

editorial elektro