ANALISIS PERBANDINGAN PERANCANGAN SHORE CONNECTION PERMANEN DAN SHORE CONNECTION PORTABLE DI TERMINAL JAMRUD TANJUNG PERAK

Authors

  • Thoriq Muzakki Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya
  • Annas Singgih Setiyoko D3 - Teknik Kelistrikan Kapal, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya
  • Rini Indarti

DOI:

https://doi.org/10.30736/je-unisla.v7i2.856

Keywords:

Kata kunci, Perancangan, Shore Connection Portable

Abstract

Polusi udara di pelabuhan berupa emisi adalah hal yang melatarbelakangi shore connection. Shore connection adalah distribusi tenaga listrik dari darat ke kapal yang digunakan selama kapal berlabuh di dermaga untuk memenuhi kebutuhan daya listrik di atas kapal, dan dalam kondisi mesin kapal dimatikan. Di Pelabuhan Tanjung Perak terdapat layanan shore connection berupa jaringan distribusi shore connection permanen dan jaringan distribusi shore connection portable. Di Terminal Jamrud Tanjung Perak sudah mulai mendapatkan permintaan layanan shore connection untuk 3 kapal, namun di Terminal Jamrud hanya terdapat 1 layanan shore connection portable. Untuk bisa memfasilitasi lebih banyak kapal dan membuat kerja sama dengan perusahaan pelayaran untuk layanan shore connection, maka diperlukan perancangan shore connection di Terminal Jamrud. Perancangan shore connection harus dipertimbangkan secara teknis instalasi antara shore connection permanen dan shore connection portable untuk diterapkan. Berdasarkan aspek teknis, perancangan shore connection permanen memungkinkan untuk diterapkan di Terminal Jamrud, dimana shore connection permanen mampu melayani kapasitas kapal berlabuh di Terminal Jamrud sebanyak 14 kapal, dan shore connection permanen dapat melayani kapal dengan frekuensi kelistrikan 50 Hz dan 60 Hz. Hasil perhitungan kebutuhan daya yang dibutuhkan untuk layanan shore connection di Terminal Jamrud adalah sebesar 4000 KVA.

Downloads

Download data is not yet available.

References

(Persero), P. P. (2014). Buku Pedoman Pemeliharaan Kubikel Tegangan Menengah. Jakarta: SK DIR PLN PUSAT No.0309.K/DIR/2013.

(Persero), P. P. (2014). Buku Pedoman Pemeliharaan Transformator Tenaga. Jakarta: SK DIR PLN PUSAT No. 0520-2.K/DIR2014.

Amiron, S. (2009). Analisa kelayakan Ukuran Panjang Dermaga, Gudang Bongkar Muat Barang dan Sandar Kapal. Medan.

Febri Muhammad Rachadian, E. A. (2013). ANALISIS KELAYAKAN INVESTASI PENAMBAHAN MESIN FRAIS BARU PADA CV.XYZ. J@TI Undip Vol VIII.

Hanafi, D. (2020, September 11). Kabel Listrik : Kenali Jenis, Fungsi dan Penghantar Pada Kabel Listrik (Bagian 1). Retrieved from https://sinarmonas.co.id

Indonesia, K. K. (2021, Oktober 7). Berkomitmen Atasi Climate Change, RUU HPP Atur Pengenaan Pajak Karbon. Retrieved from https://www.kemenkeu.go.id

Lubis, T. A. (2016). Manajemen Investasi Dan Perilaku Keuangan Pendekatan Teoritis Dan Empiris. Jambi: Salim Media Indonesia.

Meier, A. v. (2006). Electric Power Systems a conceptual introduction. California: A Wiley-Interscience publication.

Menteri, P. (2010). Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral No.7 Tahun 2010 tentang Tarif Tenaga Listrik Yang Disediakan Oleh Perusahaan Perseroan (Persero) PT Perusahaan Listrik Negara. Peraturan Menteri.

PCTI. (2018, April 5). What is a Shore Power Frequency Converter? Retrieved from https://pcti.com

Pemerintah, P. (2010). Peraturan Pemerintah (PP) No. 21 Tahun 2010 tentang Perlindungan Lingkungan Maritim. Peraturan Pemerintah.

Publik, B. K. (2021, April 1). Tol Laut dan Upaya Mendongkrak Perekonomian Indonesia Timur. Retrieved from http://dephub.go.id

PUIL. (2011). PUIL 2011. Jakarta: Badan Standardisasi Nasional.

Putra, A. P. (2016). Perencanaan Shore Power Connection Pada Pelabuhan Terminal Teluk Lamong Untuk Mewujudkan Pelabuhan Hijau (Greenport).

Sumardjati, P., Yahya, S., & Mashar, A. (2008). Teknik Pemanfaatan Tenaga Listrik Jilid 1. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan.

Triatmodjo, B. (2009). Perencanaan Pelabuhan. Yogyakarta: Beta Offset Yogyakarta.

Undang-Undang. (1982). Undang-undang (UU) tentang Ketentuan-Ketentuan Pokok Pengelolaan Lingkungan Hidup.

Warman, E. (2004). PEMILIHAN DAN PENINGKATAN PENGGUNAAN/PEMAKAIAN SERTA MANAJEMENT TRAFO DISTRIBUSI. USU digital library.

Yankumara, A. N. (2021). Analisis Teknis dan Bisnis Penerapan ShoreConnection di Pelabuhan Terminal Teluk Lamong.

Yudhian, H. L. (2017). ANALISIS STUDI KELAYAKAN PERENCANAAN SHORE POWER CONNECTION PADA TEMINAL TELUK LAMONG UNTUK MEWUJUDKAN PELABUHAN HIJAU (GREENPORT).

PlumX Metrics

Published

15-09-2022

How to Cite

Muzakki, T., Setiyoko, A. S., & Indarti, R. (2022). ANALISIS PERBANDINGAN PERANCANGAN SHORE CONNECTION PERMANEN DAN SHORE CONNECTION PORTABLE DI TERMINAL JAMRUD TANJUNG PERAK. JE-Unisla, 7(2), 97–104. https://doi.org/10.30736/je-unisla.v7i2.856

Issue

Section

editorial elektro

Most read articles by the same author(s)