Penerapan Metode AHP Dalam Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Pupuk Efisien Untuk Budidaya Bawang Merah (Studi Kasus Kabupaten Demak)

Authors

  • Muhammad Iqbal 1Teknik Informatika Universitas Stikubank Semarang
  • Heribertus Yulianton Teknik Informatika Universitas Stikubank Semarang

DOI:

https://doi.org/10.30736/informatika.v9i1.1161

Keywords:

Jenis Pupuk, AHP, Sistem Pendukung Keputusan

Abstract

Salah satu faktor penting keberhasilan budidaya tanaman adalah pemberian pupuk. Penggunaan pupuk yang baik untuk benih unggul mempunyai pengaruh yang besar terhadap produktivitas usaha peternakan. Untuk meningkatkan produktifitas usaha peternakan sangat diperlukan ketersediaan benih unggul dan pupuk yang bermutu tinggi, artinya pupuk yang mempunyai mutu terbaik bagi petani sehingga petani dapat meningkatkan hasil dan mutu produksi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil penerapan metode AHP dalam sistem pendukung keputusan pemilihan pupuk yang efisien untuk budidaya bawang merah pada studi kasus Kabupaten Demak, sedangkan metode pengembangan sistem yang digunakan adalah air terjun. Hasil dari penerapan metode AHP adalah sistem yang dibuat telah memenuhi harapan untuk dapat membantu dalam memberikan rekomendasi jenis pupuk. Dari hasil pengujian black box dapat disimpulkan bahwa sistem telah berhasil memberikan rekomendasi jenis pupuk untuk budidaya bawang merah di Kabupaten Demak dan memenuhi kebutuhan fungsional.

Downloads

Download data is not yet available.

References

E. M. Rina Wati, "SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN BIBIT SAPI UNGGUL DENGAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW) PADA PETERNAKAN SAPI SRIAGUNG PADANGRATU LAMPUNG TENGAH," The journal TAM (Technology Acceptance Model), 2018.

A. Wahid, "Rancang Bangun Alat Pelacak Kendaraan Berbasis Internet of Things," JUPITER (Jurnal Penelitian Ilmu Dan Teknologi Komputer), p. 195–201, 2021.

I. Khusna, "SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN BIBIT PADI BERKUALITAS DENGAN METODE AHP DAN TOPSIS," JURNAL SISFOKOM (SISTEM INFORMASI DAN KOMPUTER), 2020.

H. I. N. H. Bernadus Very Christioko, "FUZZY MULTI-ATRIBUTE DECISION MAKING (FUZZY MADM) DENGAN METODE SAW UNTUK PEMILIHAN MAHASISWA BERPRESTASI," JURNAL TRANSFORMATIKA, 2017.

M. I. A. S. Wahyuni Yahyan, "PEMILIHAN PUPUK PADA TAMANAM PADI BERBASIS WEB UNTUK MENINGKATKAN HASIL PANEN DENGAN MENGGUNAKAN METODHE ANALITICAL HIERARCY PROSES," RANG TEKNIK, pp. 173-177, 2020.

Alwi, "DECISION SUPPORT SYSTEM IN DETERMINING OUTSTANDING," Jurnal Penelitian Komunikasi dan Opini Publik , 2015.

E. Darmanto, "PENERAPAN METODE AHP (ANALYTHIC HIERARCHY PROCESS) UNTUK MENENTUKAN KUALITAS GULA TUMBU," SIMETRIS, 2014.

I. F. A. S. M. Aji Sasongko, "Pemilihan Karyawan Baru Dengan Metode AHP (Analytic Hierarchy Process)," INFORMATIKA Muawarman, 2018.

Kusrini, konsep dan aplikasi sistem pendukung keputusan, Bogor: Andi Offset, 2016.

A. Sudrajat, "Penerapan Metode Analytical Hierarchy Process," Jurnal Infortech, 2020.

R. B. V. Ade Oktafiawan Nugroho, "Penerapan metode AHP sebagai sistem pendukung keputusan pemilihan tempat kerja," UJM, 2021.

W. Budianta, "Pemetaan Kawasan Rawan Tanah Longsor di Kecamatan Gedangsari, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta dengan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP)," Indonesian Journal of Community Engagement, 2020.

Meineka, "SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN DENGAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) (STUDI KASUS: PENENTUAN INTERNET SERVICE PROVIDER DI LINGKUNGAN JARINGAN RUMAH)," UJM, 2018.

M. D. I. A. H. A. C. Yustria Handika Siregar, "Penerapan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) dalam Perekrutan Petugas Keamanan," Jurnal INFORMATIKA, 2020.

R. Wulandari, "PENERAPAN ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) DALAM PERANGKINGAN BENGKEL MOBIL TERBAIK DI KOTA KUPANG," Jurnal Teknologi Terpadu, 2019.

E. Kumalasari, "Penerapan Metode Analytical Hierarchy Process ( AHP ) pada Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Menggunakan Framework Laravel (Studi Kasus : Institut Sains & Teknologi Akprind Yogyakarta)," Jurnal Masyarakat Informatika, 2017.

Saefudin, "Sistem Pendukung Keputusan Untuk Penilaian Kinerja Pegawai Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (Ahp) Pada RSUD Serang," Jurnal Sistem Informasi , 2014.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2024-03-09

How to Cite

Muhammad Iqbal, & Heribertus Yulianton. (2024). Penerapan Metode AHP Dalam Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Pupuk Efisien Untuk Budidaya Bawang Merah (Studi Kasus Kabupaten Demak). Joutica, 9(1), 13–26. https://doi.org/10.30736/informatika.v9i1.1161

Issue

Section

editorial