PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PELAKSANAAN DAN PENGAWASAN PEKERJAAN KONSTRUKSI GEDUNG (P3KG) MOBILE LEARNING BERBASIS ANDROID PADA PESERTA DIDIK KELAS XII BISNIS KONSTRUKSI DAN PROPERTI DI SMK NEGERI 1 SINGOSARI
DOI:
https://doi.org/10.30736/jti.v6i1.516Keywords:
R&D, Android, Aplikasi Android, Mobile Learning, P3KGAbstract
Bedasarkan pengalaman Penulis pada saat menempuh Kajian dan Praktik Lapangan (KPL) di SMK terdapat bahwa peserta didik kurang memahami konsep materi maupun konsep praktikum yang disampaikan oleh Mahasiswa KPL maupun Guru Pamong pada saat kegiatan belajar berlangsung. Selain itu, ketergantungan peserta didik pada smartphone sangat banyak. Namun, penggunaan pada jenjang tersebut lebih cenderung digunakan untuk Hiburan yang dapat menghambat proses pembelajaran peserta didik pada saat sekolah maupun pada saat diluar sekolah. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan Produk Media Pembelajaran Pelaksanaan dan Pengawasan Pekerjaan Konstruksi Gedung (P3KG) Berbasis Mobile Learning untuk Platform Android di SMK Negeri 1 Singosari. Penelitian ini mengunakan metode R & D yang sudah dimodifikasi oleh penulis. Langkah-lahngah penelitian dan pengembangan ini meliputi, analisis kebutuhan dan pengumpulan data, desain produk, Validasi, Revisi Produk Awal, Pengujian Produk, Produk Jadi. Subjek Penelitian ini adalah siswa kelas XII SMK Negeri 1 Singosari yang berjumlah 34 siswa, ahli materi dari satu Dosen Teknik Sipil Universitas Negeri Malang dan ahli media dari satu Dosen Teknik Sipil Universitas Negeri Malang. Hasil yang diperoleh dari penelitian pengembangan ini adalah media pembelajaran berbasis android pada mata pelajaran Pelaksanaan dan Pengawasan Pekerjaan Konstruksi dan Gedung dengan spesifikasi berisi (1) Halaman Pengantar Aplikasi, (2) Main Menu, (3) Kompetensi, (4) Materi, (5) Video Pembelajaran, (6) Latihan Soal, (7) Panduan Penggunaan, (8) Profil Pengembang. Hasil penelitian untuk uji kelayakan menunjukkan bahwa Pengembangan Media Pembelajaran Pelaksanaan Dan Pengawasan Pekerjaan Konstruksi Gedung (P3KG) Mobile Learning Berbasis Android Pada Peserta Didik Kelas XII Bisnis Konstruksi Dan Properti Di Smk Negeri 1 Singosari ini termasuk dalam klasifikasi cukup valid dan dapat disebarkan.Downloads
References
Aziz, M. M., & Guntara, R. G. 2019. “Pembangunan Aplikasi M-Delivery Di Pt Pos Indonesia (Persero) Wilayah Bandung Berbasis Android†Doctoral dissertation, Universitas Komputer Indonesia.
Cahyani, V. D. (2020). Perancangan Aplikasi Penerimaan Peserta Didik Baru (Ppdb) Pada Smk Yaditama Sidomulyo Berbasis Web. Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak, 1(1), 120-126.
Dhir, Rajeev. 2019. “Interactive Media, How Does Interactive Media Work?â€. (Online), (https://www.investopedia.com/terms/i/interactive-media.asp). Diakses 12 Februari 2020
EkaLegya. 2018. “Pengembangan Dan Analisis Media Pembelajaran Perakitan Komputer Berbasis Augmented Reality Untuk Platform Android Di Smk Ypkk 1 Slemanâ€. (Online), (https://eprints.uny.ac.id/29187/) , diakses 11 November 2020
Giannakos, M. N., Sampson, D. G., & KidziÅ„ski, Å. (2016). Introduction to smart learning analytics: foundations and developments in video-based learning. Smart Learning Environments, 3(1), 1-9.
Haider, dkk. 2018. “Pengembangan Aplikasi Modul Pembelajaran Desain Grafis Berbasis Androidâ€. (Online), (https://ojs.unm.ac.id/mediaTIK/article/view/8279) , diakses 11 November 2020
Husna, 2018. Validitas Pengembangan Aplikasi Promosi Produkusaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (Umkm) Kota Bukittinggi. (Online), (http://jurnatik.amikroyal.ac.id/index.php/amikroyal/article/view/81/63). Diakses pada 11 November 2020
Imam, Azhari. 2012. Proses Pemodelan Software Dengan Metode Waterfall Dan Extreme Programming: Studi Perbandingan. (Online), (http://jurnal.stmikelrahma.ac.id/assets/file/Imam%20Fahrurrozi,%20Azhari%20SN_stmikelrahma.pdf). Diakses pada 1 Maret 2020
Irmanto. 2018. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Unity 3d untuk Platform Android Pada Pembelajaran Gambarteknik Kelas X Di Smk Nasional Berbahâ€. (Online), (http://eprints.uny.ac.id/60502/1/Naskah%20Tas%20Irmanto.pdf) , diakses 8 Februari 2020
Kominfo. 2017. “Survey penggunaan TIK serta implikasinya terhadap Aspek Sosial Budaya Masyarakatâ€. (Online), (https://balitbangsdm.kominfo.go.id/?mod=publikasi&a=dl&page_id=360&cid=9&download_id=187), diakses 8 Februari 2020
Lailela, S. N., & Kusumadiarti, R. S. (2018). Pengukuran Kualitas Perangkat Lunak Aplikasi Sisfo_Nilai Di Politeknik Piksi Ganesha Berdasarkan ISO 9126. Jurnal E-Komtek (Elektro-Komputer-Teknik), 2(2), 84 - 100. https://doi.org/10.37339/e-komtek.v2i2.96
Mulyati, 2013. “Peningkatan Kemampuan Pemahaman Dan Representasi Matematis Siswa Sma Melalui Strategi Preview-Question-Read-Reflect-Recite-Review: Kuasi Eksperimen Pada Siswa Sma Di Kabupaten Indramayuâ€. Universitas Pendidikan Indonesia.
Nadeak, B., & Naibaho, L. (2020). Video-Based Learning on Improving Students’ Learning Output. PalArch's Journal of Archaeology of Egypt/Egyptology, 17(2), 44-54.
Noviani, N., Herdiansyah, M. I., & Diana, D. (2020). Analisis Kualitas Perangkat Lunak Penilaian Kurikulum 2013 Menggunakan Standar ISO/IEC 9126-1: 2001. Jurnal Pengembangan Sistem Informasi dan Informatika, 1(1), 34-49.
Nurseto, Seto. 2011. “Membuat Media Pembelajaran yang Menarikâ€. (Online), (https://journal.uny.ac.id/index.php/jep/article/view/706/570). Diakses pada 16 Februari 2020
Oka, Gde, 2017. Media dan Multimedia Pembelajaran. Edisi.1, Cetakan 1. Yogyakarta : Deepublish,
Prasasti, I. H., Nanda, A. P., Isnandar, S., & Pramono, D. E. H. Pengembangan Aplikasi E-Learning Pada Smk Pelita Bangun Rejo.
Putri, Nia, 2018. Media Pembelajaran Bahasa, Aplikasi Teori Belajar dan Strategi Pengoptimalan Pembelajaran. Malang: UB Press
Reiser, Gagne, 1983. “Selecting Media for Instructionâ€. New Jersey: Educational Technology Publications, Inc.,
Risna, Hanifah. 2017. “Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Smp Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar†Karawang: Universitas Singaperbangsa.
Saputro, Budiyono. 2017. Manajemen Penelitianpengembangan( Research & Development )Bagi Penyusun Tesis Dan Disertasi.Yogyakarta : Aswaja Pressindo
Saroh, Siti, 2019. Tutorial Membuat Media Pembelajaran 4.0. Cetakan Pertama. Surabaya: CV Pustaka MediaGuru
Sugiyono. (2014). Metode penelitian pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Sukoco, Agus. 2010. Penggunaan Standard ISO 9126 Untuk Mengevaluasi Keefektifan Perangkat Lunak. (Online), (http://jurnal.ubl.ac.id/index.php/explore/article/view/336). Diakses pada 1 Maret 2020
Susilana, Rudi, dan Riyana, Cepi. 2009. Media Pembelajaran: Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan dan Penilaian. Bandung: CV. Wacana Prima.
Traxler, John, Kukulska-Hulme. 2005. “Evaluating Mobile Learning: Reflections on Current Practiceâ€. (Online), (http://oro.open.ac.uk/12819/1/mlearn05_Traxler%26Kukulska Hulme.pdf), diakses 9 Februari 2020
Undang Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 bab 12 pasal 45 ayat 1. (Online), (http://hukum.unsrat.ac.id/uu/uu_20_03.htm), diakses 7 Februari 2020.
Universitas Negeri Malang. 2017. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah: Skripsi, Disertasi, Artikel, Makalah, Tugas Akhir, Laporan Penelitian. Malang: Universitas Negeri Malang.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Joutica : Journal of Informatic Unisla is licensed under an Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license. You are free to:
- Share copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially. This license is acceptable for Free Cultural Works.
The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.
- Attribution You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
- Share Alike If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.
- No additional restrictions You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.
Copyright
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under an Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Joutica : Journal of Informatic Unisla by Universitas Islam Lamongan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://jurnalteknik.unisla.ac.id/index.php/elektronika/index