Pengembangan Mobile Pocket Book Pada Mata Pelajaran Komputer Dan Jaringan Dasar Kelas X Di Smk

Authors

DOI:

https://doi.org/10.30736/informatika.v7i2.904

Abstract

Kesulitan yang dialami peserta didik dalam memahami dan mengulang materi pembelajaran yang disampaikan, karena keterbatasan media dan waktu belajar di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk dan mengetahui kelayakan mobile pocket book pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar di SMK Yapalis Krian. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri atas Analyze, Design, Develop, Implement, Evaluate. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X-TKJ yang berjumlah 10 siswa. Uji kelayakan dilakukan oleh ahli materi dan ahli media serta hasil respon para peserta didik, hasil validitas penelitian ini diperoleh presentase 90,8% dengan kategori Sangat Layak untuk media. Presentase 88,75% dengan kategori Sangat Layak untuk materi, serta presentase 86% dengan kategori Sangat Layak untuk respon para siswa. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa mobile pocket book pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar sangat layak digunakan sebagai alternatif dan variasi media pembelajaran baru di SMK Yapalis Krian.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Nuurin Lailatul Mufiddah, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

Pendidikan Teknologi Informasi

Fitria Nur Hasanah, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

Pendidikan Teknologi Informasi

References

Alinawati, M. (2019). Implementasi Kurikulum 2013 Pada Sekolah Menengah Kejuruan Di Bandung. Edutech, 13(3), 343.

Aroni, H. (2016). Pengembangan Media Pendidikan. Ilmu Gizi Teori & Aplikasi, 5(1), 467–471.

Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35–42. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124

Devega, A. T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Komputer Dan Jaringan Dasar. JR : JURNAL RESPONSIVE Teknik Informatika, 2(1). https://doi.org/10.36352/jr.v2i1.129

Dwi Utari, I. (2021). Pengembangan Buku Saku Digital Berbasis STEM Terhadap Pemahaman Konsep Matematis. Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika, 7(2), 97–106. https://doi.org/10.37058/jp3m.v7i2.3221

Dwijayani, N. M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran ICARE. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 8(2), 126–132. https://doi.org/10.15294/kreano.v8i2.10014

Larasyanti, K. L., Fatmaryanti, S. D., & Al Hakim, Y. (2020). Pengembangan Pocket Book Of Physics ( PBOP ) Berbasis Android Sebagai Media Development of an Android-based Pocket Book of Physics ( PBOP ) as a Physics Learning Media JIPS : JURNAL INOVASI PENDIDIKAN SAINS. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains (JIPS), 1(2), 68–72.

Miftahul Jannah, F. N. H. (2021). Pengembangan Buku Saku Digital Berbasis Android. jurnalteknik.unisla.ac.id/index.php/informatika ISSN: 2503-071X JOUTICA Volume 6 No.2 2021 E-ISSN: 2621-511X, 6(2), 487–492. http://ir.obihiro.ac.jp/dspace/handle/10322/3933

Rionga, L. A., & Alwi, M. (2021). Perencanaan Pendidikan Pasca Pandemi Covid-19 di Mts Jam’iyah Mahmudiyah Tanjung Pura. Prosiding Fakultas Agama Islam Universitas Darmawangsa, 112–121. https://proceeding.dharmawangsa.ac.id/index.php/PFAI/article/view/22%0Ahttps://proceeding.dharmawangsa.ac.id/index.php/PFAI/article/viewFile/22/40

Sari, W. M., Riswanto, R., & Partono, P. (2019). Validitas Mobile Pocket Book Berbasis Android Menggunakan Adobe Flash Pada Materi Suhu Dan Kalor. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 7(1), 35. https://doi.org/10.20527/bipf.v7i1.5728

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Sutopo (ed.); kedua). ALFABETA.

Supeno, S., Bektiarso, S., & Munawaroh, A. (2018). Pengembangan Pocketbook berbasis Android untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa SMA. Prosiding Seminar Nasional Fisika (SNF), 2, 76–83.

Umam, A., Rozadi, N., Wijayanti, L., & Kumara, N. R. (2016). Mobile pocket book disertai mind map menggunakan adobe flash professional cs6 materi suhu dan kalor. Seminar Nasional Pendidikan dan Saintek, 2016(2013), 847–852.

Wulandari, D. A., Wibawanto, H., Suryanto, A., & Murnomo, A. (2019). Pengembangan Mobile Learning berbasis Android pada Mata Pelajaran Rekayasa Perangkat Lunak di SMK Sultan Trenggono Kota Semarang. Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 6(5), 577. https://doi.org/10.25126/jtiik.201965994

Downloads

PlumX Metrics

Published

2022-09-15

How to Cite

Mufiddah, N. L., & Hasanah, F. N. (2022). Pengembangan Mobile Pocket Book Pada Mata Pelajaran Komputer Dan Jaringan Dasar Kelas X Di Smk. Joutica, 7(2), 599–604. https://doi.org/10.30736/informatika.v7i2.904