RANCANG BANGUN ROBOT PENJEJAK GARIS HITAM BERBASIS MIKROKONTROLER ARDUINO ATMEGA328

Authors

  • Suharjianto Suharijanto Suharijanto Fakultas Teknik Program Studi Teknik Elektro

DOI:

https://doi.org/10.30736/teknika.v8i2.13

Keywords:

Robot, Penjejak Garis Hitam, Mikrokontroler Arduino Atmega

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merencanakan dan mendesain robot yang berjalan mengikuti garis hitam berbasis mikronkontroler Arduino Atmega328. Dan ini dilakukan untuk membantu mahasiswa dalam mendalami mata kuliah Robotika yang diajarkan di Prodi Teknik Elektro UNISLA. Ada tiga tahapan dalam merancang bangun robot penjejak garis hitam ini, yaitu tahapan perencanaa, tahapan pembuatan dan tahapan uji coba. Pada tahapan perencanaan ini, kita merencanakan apa yang akan kita buat, sederhananya, kita mau membuat robot yang seperti apa? berguna untuk apa? Hal yang perlu ditentukan dalam tahap ini: dimensi, yaitu panjang, lebar, tinggi, dan perkiraan berat dari robot, struktur material, apakah dari alumunium, besi, kayu, plastik, dan sebagainya, cara kerja robot, berisi bagian-bagian robot dan fungsi dari bagian-bagian itu, sensor-sensor apa yang akan dipakai robot,mekanisme, bagaimana sistem mekanik agar robot dapat menyelesaikan tugas,metode pengontrolan, yaitu bagaimana robot dapat dikontrol dan digerakkan, mikroprosesor yanga digunakan, dan blok diagram sistem. Tahapan selanjutnya tahapan pembuatan, dimana ada tiga perkerjaan yang harus dilakukan dalam tahap ini, yaitu pembuatan mekanik, elektronik, dan programming. Tahapan terakhir adalah uji coba, yaitu setelah kita mendownload program ke mikrokontroler (otak robot) berarti kita siap melakukan tahapan terakhir dalam membuat robot, yaitu uji coba. Dalam tahapan ini robot yang berupa mobil diujikan dijalur yang sudah disiapkan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini berupa robot mobil yang bisa bergerak mengikuti garis hitam.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Suharjianto Suharijanto Suharijanto, Fakultas Teknik Program Studi Teknik Elektro

Dosen Fakultas Teknik Program Stukkdi Teknik Elektro

References

Arsyad, Azhar Prof. Dr. (2002). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Epan Adi Chandra Mahasiswa Teknik Tenaga Listrik Lulusan Tahun 2013 Program Studi Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Pakuan Bogor.

https://www.academia.edu/12279054/Tugas_makalah_line_follower

Malik, Moh. Ibnu. (2006). Membuat Robot dengan Mikrokontroler PIC16F84.

Yogyakarta: Gava Media

PlumX Metrics

Published

2017-07-21

How to Cite

Suharijanto, S. S. (2017). RANCANG BANGUN ROBOT PENJEJAK GARIS HITAM BERBASIS MIKROKONTROLER ARDUINO ATMEGA328. Jurnal Teknika, 8(2), 8 Halaman. https://doi.org/10.30736/teknika.v8i2.13

Issue

Section

Jurnal Teknika