Pemanfaatan Bubuk Silica Terhadap Hasil Stabilitas dan Flowpada Laston AC-BC
DOI:
https://doi.org/10.30736/cvl.v4i2.378Keywords:
Bubuk Silica, Stabilitas, FlowAbstract
Bertambahnya volume pengguna jalan yang kian padat setiap tahunnya, maka perlu penambahan kapasitas jalan agar mampu menampung jumlah kendaraan yang semakain padat ini. Namun dengan menambah kapasitas pada ruas jalan karena adanya penambahan volume kendaraan ini, mengakibatkan beban yang harus ditopang oleh jalan itu semakin besar. Pada penelitian yang dilakukan kali ini dengan adanya bahan adictive yakni bubuk silicasebagai material perkerasan jalan campuran beraspal, guna mengetahui kelayakan penggunaan limbah tak terpakai ini. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode eksperimental di laboratorium. Kinerja campuran beraspal ditentukan berdasarkan daya dukung campuran berdasarkan parameter stabilitas dan volumetrik dengan metode Marshall (SNI 06- 2489-1991) dengan 30 benda uji dari penambahan bubuk silica sejumlah 3%, 5%, 7%, 10% dan 12%Â dari berat benda uji dengan kadar aspal 4%, 5%, 6%, 7% dan 8%. Setelah serangkaian uji laboratorium didapatkan kandungan kadar aspal optimum pada penambahan kombinasi bubuk silica3% sebesar 6%. Dengan rincian hasil rata-rata nilai Stabilitas 1186kg, Flow 4,17mm, dan MQ 286 kg/mm.Downloads
References
April Gunarto, Agata Iwan Candra Kadiri. 2019. “Penelitian Campuran Aspal Beton Dengan Menggunakan Filler Bunga Pinus.†UKaRsT 3 (1): 37. https://doi.org/10.30737/ukarst.v3i1.351.
Candra, A I, S W Mudjanarko, and Arthur Daniel Limantara. 2017. “Manajemen Data Lalu Lintas Kendaraan Berbasis Sistem Internet Cerdas Kadiri.†Semnastek 4 (2): 1–2. jurnal.umj.ac.id/index.php/semnastek.
M. Zaenuri, “Penelitian Penggunaan Batu Gamping Sebagai Agregat Kasar Dan Filler Pada Aspal Campuran,†UKaRsT, vol. 2, no. 1, 2018.
T. M. Suprapto, “Bahan dan Struktur Jalan Raya,†Biro Penerbit Tek. Sipil Univ. Gadjah Mada. Yogyakarta, 2004.
S. Sukarman, Beton Aspal Campuran Panas. Yayasan Obor Indonesia, 2003.
S. Sukirman, “Perkerasan lentur jalan raya,†Nova, Bandung, vol. 2, 1999.
B. Widhianto, A. Setyawan, and D. Sarwono, “Desain Aspal Porus dengan Gradasi Seragam Sebagai Bahan Konstruksi Jalan yang Ramah Lingkungan,†e-Jurnal Matriks Tek. Sipil, no. 1, pp. 165–170, 2013.
G. S. Muaya, O. H. Kaseke, and M. R. E. Manoppo, “Pengaruh Terendamnya Perkerasan Aspal oleh Air Laut yang Ditinjau Terhadap Karakteristik Marshall,†J. Sipil Statik, vol. 3, no. 8, pp. 562–570, 2015.
D. P. Umum, “Metode pengujian campuran aspal dengan alat Marshall,†SNI 06-2489-1991, 1991.
S. U. B. M. Divisi, “6, 2010,†Perkerasan Aspal.
S. E. M. P. Umum, “Kementerian Pekerjaan Umum,†Direktorat Jenderal Bina Marga,“Spesifikasi Umum Perkerasan Aspal Revisi, vol. 3, 2010.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
-
- Copyright on any article is held by the author.
- The author grants the journal first publication rights with the work licensed concurrently under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of authorship and initial publication of the work in this journal.
- Authors may make separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of that journal (for example, posting it to an institutional repository or publishing it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (for example, in an institutional repository or on their website) before and during the submission process, as doing so can lead to productive exchange, as well as earlier and greater citation of the published work.
- Published articles and related materials distributed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Civilla (Jurnal Teknik Sipil Universitas Islam Lamongan) by Universitas Islam Lamongan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://jurnalteknik.unisla.ac.id/index.php/CVL/index