Studi Perencanaan Gully Plug Penahan Sedimen di Agrotechnopark Sumber Brantas Kota Batu
DOI:
https://doi.org/10.30736/jt.v16i1.1233Keywords:
Erosion, Gully Plug, Tire, Safety FactorAbstract
Erosi merupakan masalah lingkungan yang disebabkan adanya faktor alih fungsi lahan, kemiringan lereng, karakteristik tanah serta aktivitas manusia yang juga menyebabkan merosotnya produktivitas tanah. Beberapa peristiwa erosi terjadi di Kota Batu terutama di kawasan Sumber Brantas yang mengakibatkan kerugian. Dengan melihat hal itu, diperlukan solusi terbaru untuk mengurangi sedimen dengan mempertimbangkan aspek sustainable and recycle yaitu dengan perencanaan bangunan penahan sedimen gully plug dengan menggunakan bahan utama struktur dari ban yang diisi oleh mortar beton sebagai pemberat. Dari hasil perencanaan gully plug didapatkan hasil tinggi total sebesar 5,6 m, serta lebar dasar gully plug sebesar 6,5 m, dengan jumlah ban yang dibutuhkan sebanyak 690 ban. Dimensi gully plug disesuaikan dengan debit banjir rancangan, laju erosi, dan jenis material sedimen di lokasi studi. Dari perencanaan gully plug ini diharapkan dapat mengurangi sedimen di hilir serta dapat mengurangi tingkat kemiringan lereng di lokasi studi.
Downloads
References
Andawayanti, U. (2019). Pengelolaan DAS Terintegrasi.
Arzunnita, I. N. (2020). Analisis Stabilitas Lereng dengan Perkuatan Geocell Menggunakan Metode Elemen Hingga (PLAXIS 2D).
Edincliler, E. (2010). Inffluence of Different Processing Techniques on The Mecanical Properties of Used Tires in Embankment Construction. Waste Management.
Erwanto, Z. (2021). Konservasi Lahan Gully Plugs untuk Pengendali Erosi di DAS Badeng Desa Sumberbulu, Songgon, Banyuwangi. 5(4).
Hariwibowo, R., Asmaranto, R., & dkk. (2022). Assessment of Mulch Material Effect on Surface Runoff, Soil Loss, and Water Quality in an Agricultural Region. AGRIVITA Journal of Agricultural Science, 44(3), 459-469. Retrieved from http://doi.org/10.17503/agrivita.v41i0.3727
Haryanto., & Sorowako, M. (2019). Pemanfaatan Ban Bekas untuk Perkuatan Struktur Jalan Pada Pelebaran Jalan. Geominerba, 4(1), 26.
Keputusan Menteri Permukiman dan Prasarana Wilayah. (2004). Perencanaan Teknis Bendung Pengendali Dasar Sungai (Pd T-12-2004-A).
Mudjiatko, D. F. (2017). Dampak Alih Fungsi Lahan Terhadap Potensi Erosi Dan Sedimentasi Pada Das Merbau Dan Das Ukui Pada Danau Kayangan Kota Pekanbaru.
Mutua, B. M., & Klik, A. (2006). Estimating Spatial Sediment Delivery Ratio on a Large Rural Catchment. Journal of Spatial Hydrology. 6(1), 64-80.
Nisa, A. R. (2022). Studi Evaluasi Stabilitas Bendung dan Perencanaan Rehabilitasi Bendung Margopadang di Kabupaten Magetan Provinsi Jawa Timur.
Pambudi, A. S. (2021). Analisis Stabilitas Bangunan Pengendali Sedimen Pada Kondisi Banjir Rancangan Dan Tampungan Sedimen Penuh: Suatu Kasus Di Arboretum Sumber Brantas, Kota Batu.
Pemerintahan Kota Malang. (2022). Peraturan Wali Kota Malang Nomor 10 Tahun 2022 Tentang Harga Satuan Pekerjaan Konstruksi.
Pemerintahan Provinsi Jawa Timur. (2023). Peraturan Gubernur Jawa Timur No. 30 Tahun 2022 Tentang Standar Satuan Harga Barang Pemerintah Provinsi Jawa Timur Tahun 2023.
Peraturan Menteri dan Lingkungan Hidup dan , K. N. (2018).
Peraturan Menteri Kehutanan No. P. , 2.-V. (2007). Bagian Pertama (Pedoman Teknis Gerakan Nasional Rehabilitasi Hutan dan Lahan).
Pilutomo, B., Agustapraja, H. R., Kartikasari, D., & Lubis, Z. (2020). Perbandingan Estimasi Anggaran Biaya Antara Metode BOW, SNI, dan Perhitungan Kontraktor. Jurnal Teknika, 13.
Priyantoro, D. (2021). Teknik Sungai "Aliran Debris".
Rifky, M. (2016). Kajian Erosi Dan Hasil Sedimen Untuk Konservasi Lahan DAS Kreo Hulu.
Sunaryo, Asmaranto, R., & dkk. (n.d.). Landslide Analysis in Brau-Batu, East Java, Indonesia Based on Geoelectrical Resistivity Data. Vol. 15(10);, 10-17. Retrieved from https://doi.org/10.25303/1510da10017
Tribiyono, S. B. (2018). Estimasi Erosi Dan Potensi Sedimen Dam Batutegi di DAS Sekampung Hulu Dengan Metode SDR (Sediment Delivery Ratio).
Zomberg, E. A. (2006). Engineering Properties of Tires Bales for Soil Repairs and Embankment Construction.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Runi Asmaranto, Sulistyo Wati, Anggara Wiyono Wit Saputra
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Teknika dilisensikan di bawah Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0). Anda bebas untuk:
Â
- Bagikan — salin dan distribusikan ulang materi dalam media atau format apa pun
- Beradaptasi — me-remix, mengubah, dan membangun materi untuk tujuan apa pun, bahkan secara komersial. Lisensi ini dapat diterima untuk Karya Budaya Bebas.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut kebebasan ini selama Anda mengikuti persyaratan lisensi.
- Atribusi — Anda harus memberikan kredit yang sesuai, memberikan tautan ke lisensi, dan menunjukkan jika ada perubahan. Anda dapat melakukannya dengan cara yang wajar, tetapi tidak dengan cara apa pun yang menunjukkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- ShareAlike — Jika Anda me-remix, mengubah, atau membangun materi, Anda harus mendistribusikan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama seperti aslinya.
- Tidak ada batasan tambahan — Anda tidak boleh menerapkan persyaratan hukum atau tindakan teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan apa pun yang diizinkan oleh lisensi.
Â
Hak Cipta
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Â
Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini .
Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awalnya di jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat Pengaruh Akses Terbuka).
Â
Jutnal teknika oleh Universitas Islam Lamongan berlisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Berdasarkan karya di https://jurnalteknik.unisla.ac.id/index.php/teknika/index