PEN GEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA SMP BERBAHASA INGGRIS SEBAGAI UPAYA MENYIAPKAN SEKOLAH RUJUKAN BERMUTU
DOI:
https://doi.org/10.30736/teknika.v8i1.17Keywords:
Perangkat pembelajaran, pembelajaran berbahasa InggrisAbstract
Sebagai pengganti RSBI pemerintah akan membuat trobosan baru yaitu sekolah rujukan bermutu. Tidak jauh berbeda dengan RSBI, bahwa sekolah rujukan bermutu nantinya mengedepankan pembelajaran mengunakan referensi berbahasa inggris. Sehingga perlu dikembangkan perangkat pembelajaran berbahasa Inggris. Pengembangan perangkat tersebut digunakan untuk mengukur keterlaksanaan pembelajaran, ketuntasan indikator pembelajaran serta kemampuan berbahasa Inggris guru dan siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan desain one shot case study dengan mengacu pada four D Model. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan yaitu keterlaksanaan pembelajaran sangat baik (93.3%), ketuntasan pembelajaran sangat baik, kemampuan berbahasa inggris guru baik dan siswa cukup baikDownloads
References
Anonim. 2005. Model Pembelajaran Matematika dan IPA dalam Bahasa Inggris (Bilingual). Jakarta:
Depdiknas Direktorat Pendidikan Lanjutan Pertama.
Borich, G. D. 1990. Observation Skills for Effective Teaching. USA: Macmilan
Publishing Company. Carin, A. A. 1993. Teaching Modern Science. New York: Macmillan Publishing Company.
Dit. PSMP. 2006. Panduan Pembelajaran MIPA dalam Bahasa Inggris (Bilingual). Jakarta: Dit.PSMP.BSNP. 2006. Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah.Jakarta:
Badan Standar Nasional Pendidikan.BSNP. 2006.
Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah (Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar). Jakarta: Badan
Standar Nasional PendidikanDITPSMP. 2005. Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta: Direktorat Jendral
Pendidikan Dasar dan Menengah.
Kemendikbud. 2015. Instrumen calon sekolah rujukan.Jakarta: Ditpsmp.Majalah tempo edisi 14-20 januari 2013.
Priyana, J. 2005. Skolah Koalisi di Indonesia. Jakarta: Buletin Pelangi Edisi III.
Rahayu, Y. S. 2006. Pembelajaran MIPA Bahasa Inggris (IMERSI). Surabaya: Makalah yang Diseminarkan pada
Workshop Biologi tgl 16 Desember 2006.Thiagarajan, S., Dorothy. S.S. and Melvyn, I.S. 1974.
Instructional Development for Training Teachers of Excptional
Children.Indiana: Center for innovation
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2017 Eko Sulistiono
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Teknika dilisensikan di bawah Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0). Anda bebas untuk:
Â
- Bagikan — salin dan distribusikan ulang materi dalam media atau format apa pun
- Beradaptasi — me-remix, mengubah, dan membangun materi untuk tujuan apa pun, bahkan secara komersial. Lisensi ini dapat diterima untuk Karya Budaya Bebas.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut kebebasan ini selama Anda mengikuti persyaratan lisensi.
- Atribusi — Anda harus memberikan kredit yang sesuai, memberikan tautan ke lisensi, dan menunjukkan jika ada perubahan. Anda dapat melakukannya dengan cara yang wajar, tetapi tidak dengan cara apa pun yang menunjukkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- ShareAlike — Jika Anda me-remix, mengubah, atau membangun materi, Anda harus mendistribusikan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama seperti aslinya.
- Tidak ada batasan tambahan — Anda tidak boleh menerapkan persyaratan hukum atau tindakan teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan apa pun yang diizinkan oleh lisensi.
Â
Hak Cipta
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Â
Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini .
Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awalnya di jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat Pengaruh Akses Terbuka).
Â
Jutnal teknika oleh Universitas Islam Lamongan berlisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Berdasarkan karya di https://jurnalteknik.unisla.ac.id/index.php/teknika/index