IDENTIFIKASI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL/ MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI FAKTORISASI SUKU ALJABAR DI KELAS VIII SMP
DOI:
https://doi.org/10.30736/teknika.v9i2.189Keywords:
Berpikir Kritis, Matematika, Penyelesaian MasalahAbstract
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi menuntut kemampuan manusia untuk dapat menyaring informasi yang diterima. Oleh sebab itu manusia harus dapat berpikir kritis. Dalam dunia pendidikan, berpikir kritis dapat diajarkan melalui matematika, karena matematika merupakan sarana berpikir yang dapat menumbuhkembangkan daya nalar dan cara berpikir logis. Banyak cara untuk melatih siswa berpikir kritis, salah satunya adalah dengan menyelesaikan soal matematika yang membutuhkan berpikir kritis. Dengan cara tersebut diharapkan siswa akan terlatih untuk dapat menyelesaikan masalah dengan logis dan sistematis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan level kemampuan berpikir kritis siswa. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII-C SMP Negeri 1 Kediri yang terdiri dari 25 siswa. Siswa diberikan tes berpikir kritis kemudian dikategorikan ke dalam level 4 (kritis), level 3 (cukup kritis), level 2 (kurang kritis), level 1 (tidak kritis). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa pada level 4 sebanyak 4 anak (16%), level 3 sebanyak 8 anak (32%), level 2 sebanyak 6 anak (24%), dan level 1 sebanayk 7 anak (28%).
Downloads
References
Achmad, Arif. 2007. Memahami berpikir kritis.Tersedia di http://research-engines.com/1007arief3html.
Budi, Endah dkk. 2008. Contetual Teaching And Learning Matematika SMP kelas VIII. Jakarta : Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
Filsaime, Dennis K. 2008. Menguak Rahasia Berpikir Kritis dan Kreatif. Jakarta: Presasi Pustakaraya.
Holili, M. 2008. Identifikasi Cara Berpikir Kritis dalam Menyelesaikan Soal/ Masalah Matematika pada Materi Fungsi Komposisi di SMA.
Ministry Of National Directorate General Of Management Of Primary And Secondary Education Directorate Of Junior High
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2017 Nur Qomariyah Nawafilah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Teknika dilisensikan di bawah Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0). Anda bebas untuk:
Â
- Bagikan — salin dan distribusikan ulang materi dalam media atau format apa pun
- Beradaptasi — me-remix, mengubah, dan membangun materi untuk tujuan apa pun, bahkan secara komersial. Lisensi ini dapat diterima untuk Karya Budaya Bebas.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut kebebasan ini selama Anda mengikuti persyaratan lisensi.
- Atribusi — Anda harus memberikan kredit yang sesuai, memberikan tautan ke lisensi, dan menunjukkan jika ada perubahan. Anda dapat melakukannya dengan cara yang wajar, tetapi tidak dengan cara apa pun yang menunjukkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- ShareAlike — Jika Anda me-remix, mengubah, atau membangun materi, Anda harus mendistribusikan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama seperti aslinya.
- Tidak ada batasan tambahan — Anda tidak boleh menerapkan persyaratan hukum atau tindakan teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan apa pun yang diizinkan oleh lisensi.
Â
Hak Cipta
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Â
Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini .
Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awalnya di jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat Pengaruh Akses Terbuka).
Â
Jutnal teknika oleh Universitas Islam Lamongan berlisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Berdasarkan karya di https://jurnalteknik.unisla.ac.id/index.php/teknika/index