Implementasi Support Vector Machine untuk Klasifikasi Opini Publik pada Media Sosial Twitter Terhadap Kebocoran Data di Indonesia

Authors

  • Desi Arisandi Universitas Tarumanagara
  • Tri Sutrisno Universitas Tarumanagara
  • Iwan Kurniawan Universitas Tarumanagara

DOI:

https://doi.org/10.30736/jt.v15i2.993

Abstract

Data pribadi merupakan hal yang sensitif dan privasi, hanya dapat dilihat oleh seorang diri. Namun seiring berkembangnya zaman, sering terjadi kebocoran data di internet terutama Indonesia. Kebocoran data ini sempat ramai di sosial media Twitter dan dijadikan sebagai wadah untuk berpendapat terkait kebocoran data yang terjadi di Indonesia. Oleh karena itu, diperlukan metode otomatis untuk mengklasifikasikan tweet berdasarkan sentimennya, yaitu positif, negatif, atau netral. Dengan menggunakan metode klasifikasi seperti Support Vector Machine (SVM) dengan ekstrasi fitur TF-IDF, kita dapat mengotomatisasi proses ini dan mendapatkan gambaran yang lebih akurat tentang opini publik terkait masalah kebocoran data pribadi di Indonesia. Metode klasifikasi yang digunakan untuk penelitian ini adalah Support Vector Machine (SVM) dengan ekstrasi fitur TF-IDF. Dataset didapatkan melalui hasil scraping Twitter dan mendapatkan 5000 tweet. Dataset diberi label manual yaitu Positif, Negatif, dan Netral sebelum masuk ke tahap Klasifikasi SVM. Dan berdasarkan hasil klasifikasi SVM, SVM menghasilkan akurasi 88%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Darusman, F., Arifiyanti, A., & Wati, S. (2022). Sentiment Analysis Pedulilindungi Tweet Using Support Vector Machine Method. Applied Technology and Computing Science Journal, 113-118.

Darwis, D., Pratiwi, E., & Pasaribu, A. (2020). PENERAPAN ALGORITMA SVM UNTUK ANALISIS SENTIMEN PADA DATA TWITTER KOMISI PEMBERANTASAN KORUPSI REPUBLIK INDONESIA. Edutic - Scientific Journal of Informatics Education.

Fitriyah, N., Warsito, B., & I Maruddani, D. (2020). ANALISIS SENTIMEN GOJEK PADA MEDIA SOSIAL TWITTER DENGAN KLASIFIKASI SUPPORT VECTOR MACHINE (SVM). Jurnal Gaussian, 376-390.

Hakim, S. R., Rizki, M. A., Zekha F, N. I., Fitri, N., A, Y. R., & Nooraeni, R. (2020). Analisis Sentimen Pengguna Instagram Terhadap Kebijakan Kemdikbud Mengenai. Jurnal MSA ( Matematika dan Statistika serta Aplikasinya ), 15.

Indraini, A., & Ernawati, I. (2022). Analisis Sentimen Terhadap Pembelajaran Daring Di Indonesia Menggunakan Support Vector Machine (SVM). Jurnal Ilmiah FIFO, 68.

Irfani, F. (2020). ANALISIS SENTIMEN REVIEW APLIKASI RUANGGURU MENGGUNAKAN ALGORITMA SUPPORT VECTOR MACHINE. JBMI (Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Informatika), 258-266.

Padhana, K., & Sadikin, M. (2021). Analisis Sentimen Masyarakat Terhadap Kondisi Perekonomian di Indonesia Pada Masa Pandemi 2020. Jurnal Ilmu Teknik dan Komputer.

Pamungkas, F., & Kharisudin, I. (2021). Analisis Sentimen dengan SVM, NAIVE BAYES dan KNN untuk Studi Tanggapan Masyarakat Indonesia Terhadap . PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 628-634.

Wijaya, G. (2020). PELINDUNGAN DATA PRIBADI DI INDONESIA: IUS CONSTITUTUM DAN IUS CONSTITUENDUM. Law Review, 326.

Zuriel, H., & Fahrurozi, A. (2021). IMPLEMENTASI ALGORITMA KLASIFIKASI SUPPORT VECTOR MACHINE UNTUK ANALISA SENTIMEN PENGGUNA TWITTER TERHADAP KEBIJAKAN PSBB. Jurnal Ilmiah Informatika Komputer, 149-162.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2023-09-09

How to Cite

Arisandi, D., Sutrisno, T., & Kurniawan, I. (2023). Implementasi Support Vector Machine untuk Klasifikasi Opini Publik pada Media Sosial Twitter Terhadap Kebocoran Data di Indonesia. Jurnal Teknika, 15(2), 75–80. https://doi.org/10.30736/jt.v15i2.993

Issue

Section

Jurnal Teknika