ANALISA DISTRIBUSI AIR BERSIH SUMUR BOR DISTRIBUTION ANALYSIS OF WELLBORE CLEAN WATER

Pipit Andriani, Nur Azizah Affandy

Abstract


ABSTRAK

Kebutuhan akan air oleh manusia tidak ada habisnya, terutama air bersih yang layak untuk keperluanrumah tangga bahkan paling pentig untuk minum. Maka hal yang wajar jika sektor air bersih mendapatkan prioritasyang utama. Di wilayah Lamongan khususnya didaerah yang memiliki muka air yang tinggi, pada saat musim kemarau datang sumur warga sebagian besar ikut mengering. Didesa Sukolilo khususnya di dusun Sukolilo terdapatsebuah telaga yang berada di pinggir dusun dengan dimensi panjang 35 meter, lebar 50 meter, dan kedalaman 3meter. Selama ini telaga dimanfaatkan warga yang tidak memiliki sumur pribadi untuk kebutuhan sehari-hari.
Dengan hal tersebut maka perlu diketahui warga dusun masih sangat kekurangan air bersih. Tujuan diadakan penelitian ini ialah untuk mengetahui kendala-kendala yang mungkin terjadi pada jaringan pipa distribusi terutama masalah ketersediaan air bersih masih mencukupi atau tidak untuk kebutuhan masyarakat. Metode yang digunakan
adalah dengan wawancara, survei jumlah penduduk dan sedangkan untuk perencanaan pipa menggunakan aplikasi loop 0.5. Hasil penelitian yang diperoleh kebutuhan air bersih pada tahun proyeksi ke-15 tahun (2030) diketahui jumlah kebutuhan air masyarakat desa Sukolilo rata-rata 130.612,5 liter/hari dan 345.49,8 liter/hari pada jam puncak. Dengan target pelayanan 60% menggunakan sumur bor. Air sumur bor didusun Sukolilo tergolong bersih.
Hal ini diketahui dari hasil angket yang disebar mendapatkan skor 63%. Dan hasil data prosentase angket terlihat skor sebanyak 37% menyatakan cukup puas terhadap sistem pelayanan yang berjalan. Faktor yang mempengaruhi sistem distribusi belum berjalan lancar ialah terjadi masalah karena meteran mengalami kerusakan, dan kebocoran
pipa akibat pecahnya dinding-dinding pipa atau kebocoran pipa pada sambungan rumah.


Keywords


Distribusi, Air Bersih, Sumur Bor, Tahun Proyeksi, Pelayanan,.

Full Text:

PDF

References


Dian Agustina, Vitta, 2007. Distribusi Air Bersih PDAM ,Tesis, Universitas Diponegoro , Semarang.

Dewi, Kania, 2009. Rekayasa Lingkungan Departemen Teknik Lingkungan, Teknik Sipil, ITB, Bandung. Dinas Kesehatan, 2012. Sumber Air Di Alam, Balai Pustaka, Jakarta.

Juju, 2012. Perencanaan Hidrolis Jaringan Pipa. http://www.JujuBandung. com/2012/ Perencanaan-Jaringan-Pipa.html/diakses tanggal 13 april pukul 10.30 wib.

Joy, Irman Puthra, 2010. Program Pamsimas. http://www.Program-Pamsimas. html/diaksestanggal 10 Maret pukul 12.05 wib.

Lasso, Harry, 2012.Sofware Analisis Jaringan Pipa

Susanto, Deki, 2007. Analisa Distribusi Air Pada Pipa Jaringan Distribusi Di Sub-Zone Sondakan PDAM Kota Surakarta Dengan Simultanesus Loop Equation Method, Skripsi, PDF, Surakarta.

Sudirman, Andry, 2012. Analisa Jaringan Distribusi Air Bersih Di Kabupaten Marus Dengan Menggunakan Sofware Epanet 2.0, Tugas Akhir. PDF, Sultan Hasanuddin, Makasar.

S, Sosro darsono, 1976. Hidrologi Untuk Pengairan. Pradnya Paramitha, Jakarta.

Triatmojo, Bambang, 1997. Hidrolika II, Beta Offset, Yogyakarta




DOI: https://doi.org/10.30736/cvl.v1i2.565

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Civilla : Jurnal Teknik Sipil Universitas Islam Lamongan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed By :

 

Editorial Office :

Civilla : Jurnal Teknik Sipil Universitas Islam Lamongan

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.