ANALISA PERSIMPANGAN TAK BERSINYALPADA PERSIMPANGAN TIGA LENGAN
DOI:
https://doi.org/10.30736/cvl.v1i2.569Keywords:
Simpang Tak Bersinyal, Kapasitas, Kinerja, Derajat Kejenuhan.Abstract
Masalah lalu lintas sering terjadi di Kabupaten Lamongan. Tundaan – tundaan dan konflik antar pengendara pada persimpangan tak bersinyal sering terjadi terutama pada persimpangan Jalan Veteran – Jalan KiSarmidi Mangunsarkoro Lamongan. Hal ini dipicu dari beberapa faktor yaitu peningkatan jumlah volume lalu lintasdan kurang tertibnya pengguna kendaraan saat melewati daerah persimpangan tak bersinyal. Menganalisa kapasitas dan tingkat kinerja suatu persimpangan tak bersinyal maka dilakukan pengambilan data di lapangan, berupa data geometrik simpang (lebar tiap kaki simpang), jenis dan jumlah kendaraan yang melintasi persimpangan setelah itu
dikalikan dengan angka ekivalensi masing – masing kendaraan. Sehingga diperoleh keseragaman dala satuan mobil penumpang (SMP).kemudian dihitung kapasitas dan tingkat kinerja persimpangan yang meliputi derajat kejenuhan, dan tundaan simpang menggunakan metode Manual Kinerja Jalan Indonesia (MKJI). Hasil analisa yang diperoleh volume lalu lintas tertinggi terjadi pada jam 06.45 – 07.00 WIB di setiap harinya dengan volume tertinggi pada hari senin sebesar : 16800 emp/jam. Dan arus lalu – lintas tertinggi pada persimpangan tersebut adalah pada hari Senin yaitu 7680,4 smp/jam, memiliki derajat kejenuhan (DS) sebesar = 4,152 smp/jam, tundaan simpang (DTI) sebesar = 5,667 dan peluang antrian (QP%) sebesar = 1519,48 (bawah) dan 5240,22 (atas). Dari hasil analisa tersebut pada persimpangan Jalan Veteran – Jalan Ki Sarmidi Mangunsarkoro terjadi tundaan – tundaan simpang dan konflik antar kendaraan yang melewati daerah simpang. Maka perlu penataan ulang pada geometrik simpang untuk meningkatkan kinerja dari persimpangan tesebut agar kinerja simpang lebih optimal.
Downloads
References
Departemen Jenderal Bina Marga, 1997, Manual Kapasitas Jalan Indonesia, Jakarta.
Direktorat Bina Marga, 1999, Sistem Lalu Lintas dan Angkutan Kota, Jakarta Erwin Kusnandar Ir, dkk, 2002, Tata Cara
Perencanaan Geometrik Persimpangan Sebidang, Departemen Pemukiman dan Prasarana Wilayah, Jakarta.
Juniardi, 2006, Jurnal Analisa Arus Lalulintasi Simpang Tak Bersinyal, https://core.ac.uk/download/files/379/11715681.pdf diakses pada 03 Maret 2016
Artikel “persimpanganâ€, https://id.wikipedia.org/wiki/Persimpangan, diakses pada 03 Maret 2016
Morlok EK, 1985, Pengantar Teknik dan erencanaan Transportasi, ahli bahasa oleh Johan K. Hainim, Erlangga, Jakarta.
Badan Pusat Statistik Kabupaten Lamongan, 2014, “Data Kependudukan Kabupaten Lamonganâ€,
Lamongan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
-
- Copyright on any article is held by the author.
- The author grants the journal first publication rights with the work licensed concurrently under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of authorship and initial publication of the work in this journal.
- Authors may make separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of that journal (for example, posting it to an institutional repository or publishing it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (for example, in an institutional repository or on their website) before and during the submission process, as doing so can lead to productive exchange, as well as earlier and greater citation of the published work.
- Published articles and related materials distributed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Civilla (Jurnal Teknik Sipil Universitas Islam Lamongan) by Universitas Islam Lamongan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://jurnalteknik.unisla.ac.id/index.php/CVL/index