ALGORITMA FUZZY NAIVE BAYES UNTUK MENGKLASIFIKASIKAN BIDANG KEAHLIAN MAHASISWA TEKNIK INFORMATIKA UNIVERSITAS ISLAM LAMONGAN

Authors

  • nurul fuad Universitas Islam lamongan

DOI:

https://doi.org/10.30736/jti.v4i2.330

Abstract

Pemilihan jurusan pada jenjang universitas sangat menentukan akan output yang dihasilkan, artinya jika mahasiswa dalam menentukan pilihan jurusan sesuai dengan bidang keahliannya maka dipastikan tidak akan ada kesulitan untuk mengembangkan diri dalam proses perkuliahan.Dalam penelitian ini menggunakan dua algoritma, yaitu Fuzzy dan Naive Bayes untuk mengklasifikasi bidang keahlian mahasiswa. Mahasiswa dalam perkuliahan mempunyai hoby dan kesukaan yang berbeda-beda terhadap mata kuliah. Mahasiswa Teknik Informatika mempunyai kesempatan dalam memilih bidang keahlian, yaitu: bidang keahlian jaringan, pemrograman, dan desain. Mahasiswa tidak semua akan menguasai bidang keahlian tersebut, sehingga harus memilih sesuai skill, hoby dan mata kuliah kesukaan, dan nilai. Penelitian ini akan membuat system untuk mengklasifikasi bidang keahlian mahasiswa teknik informatika UNISLA. Algoritma yang diimplimentasikan, yaitu Fuzzy untuk mengkategorikan dari nilai atau inputan angka, sedangkan naïve bayes digunakan untuk klasifikasi, dalam uji coba sistem ini didapatkan akurasi 100% dengan errored 0% dari 243 data yang olah pada proses training

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dina Yulina Heriyani,Agus Sidiq Purnomo (2018).Rekomendasi Pemilihan Jurusan SMK Menggunakan Inferensi Fuzzy (Sugeno).

Teddy Pratama, Yulmainis,Implementasi Algoritma Naive Bayes Dalam Menentukan Konsentrasi Skripsi Dan Rekomendasi Bahasa Pemrograman .

Nur Nafi'iyah, Chastine Fatichah. (2018). Metode Fuzzy ID3 untuk Klasifikasi Bentuk Wajah Manusia Menggunakan Dental Panoramic.

Nur Nafi'iyah, Siti Mujilahwati. (2018, Agustus). Analisi Algoritma Backpropagation dan Naive Bayes dalamdentifikasi Jenis Kelamin Manusia Berdasarkan Foto Panoramik Gigi.

Anief Fauzan Rozi, Agus Sidiq Purnomo (2017) .Rekomendasi Pemilihan Minat Studi Menggunakan Metode Mamdani.

Darmawan, R. (2017). Perancangan Implementasi Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Dosen Pembimbing Seminar Proposal Menggunakan Metode Naive Bayes.

Hartatik, (2017). Klasifikasi konsentrasi penjurusan mahasiswa universitas amikom Yogyakarta.

Eza Budi Perkasa (2017), Logika Fuzzy Untuk Penentuan Peminatan Pada SMAN 1 Pangkalpinang.

Basri, Muhammad Assidiq (2017) Klasifikasi Data pada Sistem Penjurusan dengan Preferensi Standar Simple Additive Weighting (PS-SAW) .

Husni Naparin, (2016).Klasifikasi Peminatan Siswa Sma Menggunakan Metode Naive Bayes.

PlumX Metrics

Published

2019-09-30

How to Cite

fuad, nurul. (2019). ALGORITMA FUZZY NAIVE BAYES UNTUK MENGKLASIFIKASIKAN BIDANG KEAHLIAN MAHASISWA TEKNIK INFORMATIKA UNIVERSITAS ISLAM LAMONGAN. Joutica, 4(2), 302–309. https://doi.org/10.30736/jti.v4i2.330

Issue

Section

Jouticla Jurnal Teknik Informatika